Minggu, 13 Januari 2013

Sakit Tenggorokan? Hindari Kopi Dulu

Sakit tenggorokan merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti virus (mononucleosis), sering menggunakan mulut untuk napas, dan merokok. Infeksi tenggorokan sebagian besar disebabkan oleh bakteri Streptococcus.

Sering kali seseorang menderita infeksi streptokokus karena tertular orang lain yang telah menderita radang tersebut 2 – 7 hari sebelumnya. Radang ini biasanya disebarkan lewat sekresi hidung atau tenggorokan. Walau jarang, infeksi juga bisa ditularkan melalui makanan, susu, atau air yang tercemar streptokokus.

Sakit tenggorokan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit. Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari, salah satunya kopi.

Serangan saat sakit tenggorokan kadang disertai dengan mual, menggigil, kehilangan nafsu makan, dan sakit kepala. Anda pasti penasaran mengapa tidak boleh minum kopi selama sakit tenggorokan. Alasannya, karena radang tenggorokan membuat tenggorokan Anda terasa kering dan gatal, maka Anda harus menghindari makanan dan minuman yang bisa membuat tenggorokan kering.

Nah, minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan soda, bisa membuat mulut kering sehingga dapat memperburuk gejala sakit tenggorokan. Selain itu, kafein juga meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami dehidrasi karena kafein merupakan diuretik alami.

Sementara, mereka yang menderita radang tenggorokan membutuhkan banyak cairan untuk meredakan keluhan nyeri. Cobalah untuk mengonsumsi cairan sebanyak mungkin untuk membantu mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala radang tenggorokan.

Sumber: Kompas.com

betterday zine | januari 2013 | betterdayzine.blogspot.com  
 
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template