Selasa, 13 November 2012

Berbagi Kesadaran dan Manfaat dengan Straightedge


Tulisan mengenai Straightedge mungkin sudah sangat banyak sekali kamu jumpai di berbagai media, mulai dari zine, majalah independen, web, termasuk blog. Tiap tulisan sedikit-banyak menyangkutkan sudut-pandang subyektifitas si penulis. Termasuk tulisan ini, mungkin.

Dari awal memilih untuk mengambil ‘bendera’ Straightedge untuk dibawa sebagai sebuah prinsip hidup selama ini, penulis memulai dengan sebuah pertanyaan sederhana: “Untuk apa kamu mengklaim Straightedge ketika tanpa mengklaim saja kamu bisa menjalani pola hidup bersih tanpa rokok / alkohol / narkoba sama sekjali.” Sebuah pemikiran penjang sebelum memilihnya menjadi bagian hidup, bahkan setelah mengklaim pun terus dihinggapi pertanyaan sederhana tersebut. Namun seiring perjalanan waktu ada sebuah perbedaaan dalam hal menjawabnya, yang bisa juga digambarkan sebagai semacam meluasnya sudut pandang seseorang dalam menghadapi sebuah pertanyaan yang sama.

Hari ini, di mana hardcore sedang dalam masa populernya, salah satunya ditandai dengan sangat banyaknya orang yang datang di gigs hardcore atau mengaku sebagai hc kids, tentunya membawa segala sesuatu yang ada di dalamnya menjadi ikut melambung pula, dalam hal ini Straightedge.

Dan dalam keadaan seperti ini Straightedge pun ikut akhirnya menjadi tren. Bahkan tidak jarang ditemui orang-orang di Facebook memakai nama ‘Straightedge’ atau ‘Straight Edge’ sebagai bagian namanya dengan primary picture dia sedang merokok. Bisa jadi orang tersebut tidak mengetahui informasi tentang Straightedge karena dia masih sangat baru di scene. Atau orang yang mengklaim Straightedge namun sering mengonsumsi magic mushroom dengan argumen bahwa magic mushroom tidak termasuk drugs. Dan dari sinilah bagi siapapun yang mempunyai referensi tentang hal-hal yang bersangkutan ddengan Straightedge bisa saling berbagi kepada teman dekatnya.

Sedikit melebar, contoh kasus magic mushroom bisa diambil dari film "Ted" (2012) tentang boneka Teddybear yang bisa bicara. Ted suka getting high, salah satunya adalah dengan mengonsumsi magic mushroom. Di dalam salah satu scene adegan di film tersebut dia ditangkap polisi karena kedapatan membawa magic mushroom di bandara. Film tersebut tentunya berdasarkan kenyataan bahwa magic mushroom dilarang di sana karena termasuk zat berbahaya. Sesederhana ini. Lagipula untuk apa susah-susah ngeklaim Straightedge kalo masih mengejar to be getting high???!!! 

Kembali ke benang merah, yang jelas, ketika hardcore semakin populer seperti sekarang ini, maka ada kesempatan pula bagi semua Straightedger untuk berbagi kepada teman-teman yang tertarik dengan Straightedge dengan cara memberi informasi dan referensi ketika mereka membutuhkannya. Dari sinilah fungsi ‘mengklaim sebuah label’ itu mengambil peranan yang benar. Berbagi akan kesadaran tentang manfaat untuk tidak mengonsumsi rokok / alkohol / narkoba dan dengan sambil berjalan juga berbagai tentang kesadaran dalam mengklaim sebagai  sebuah pilihan individu (yang berakibat sosial karena pastinya akan di-publish ke publik) adalah hanya lebih mempermudah kita memberi penjelasan kepada hc kids yang tertarik terhadap Straightedge. Dan juga kesadaran untuk tidak memaksakan kepada orang lain untuk mengikuti apa yang kita pilih, apalagi melakukan kekerasan terhadap orang yang berbeda pilihan. Itu sangat konyol.

Namun karena namanya sedang di atas angin dengan banyaknya pendukung scene dan musik hardcore, tentu banyak juga orang-orang yang mengklaim Straightedge hanya karena biar terlihat keren. Dengan kita berbagi kesadaran akan Straightedge, maka kita bisa mengimbangi dengan orang-orang yang memang ingin memahami Straightedge lebih dalam sebelum memutuskan untuk mengklaim ataupun tidak. Itu pilihan masing-masing. Tapi paling tidak bisa meminimalisir keberadaan para ‘TrendEdge’.

Dan sampai kapan trend ini? Atau mana Straightedgers yang benar-benar dan yang palsu? Itu cuma waktu yang bisa jawab. Biarkan semua berjalan, tetap kritis, dan selalu berbagi manfaat dan kesadaran dengan orang lain. Stay true! (El Vegano)

betterday zine | november 2012 | betterdayzine.blogspot.com  

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template