Kamis, 18 Oktober 2012

Review Demo/Album (Betterday #28)


Ini adalah review album/demo yang dimuat di Betterday #28 (Oktober 2012). Bagi kamu yang punya band dan ingin direview di Betterday cetak ataupun yag blog, silakan konfirmasi via email ataupun via Facebook.  

BLACK HAVEN “Harmbringer”
Hypertension Records, 2011
Hadir dari salah satu sudut kota Ghent, Belgia. Black Haven menebar aroma terror revival H8000, setelah sebelumnya mereka merilis “The Cleansing Storm” di tahun 2007, sekarang mereka merilis “Harmbringer”. Saya sebut mereka sebagai gerombolan pemarah yang dengan maksimal mampu meramu racikan lawas yang mengepul keras. Black Haven adalah normalnya band hardcore yang tidak takut keluar dari pakem, eksplorasi nuansa menjadikan mereka penuh. “Harmbringer” merupakan tatanan strata rapi dari apa yang sudah diwariskan oleh CONGRESS, TRAGEDY, hingga EXODUS, dengan bumbu apokaliptik ala INTEGRITY dan kawanan HOLY TERROR. Di-mixing oleh Hein Devos, yang pernah mengerjakan rekaman dari AMEN RA, dan di-mastering oleh Alan Douches yang denger-denger pernah juga menggarap CONVERGE. (AG)

DEAD ICONS “Condemned”
Bullet Tooth Records, 2012
Dead Icons lahir di Lexington, Kentucky, US. Tempat yang mungkin jauh dari hingar-bingar sentra-sentra mayoritas hardcore di Amerika sana. Yup! Ini hardcore kasar dengan paduan heavy breakdowns di sana-sini, sebuah pemompa adrenalin yang pasti bikin para jagoan-jagoan mosh ngaceng abis buat terjun ke area pit. Direkomendasikan untuk kalian yang memuja THROWDOWN, THIS IS HELL, CALL TO PRESERVE. Album ini dirilis oleh Bullet Tooth Records, yang juga menaungi FIRST BLOOD, KID LIBERTY, hingga senior macam MOST PRECIOUS BLOOD. Rekomendasi lain hadir dari AMP Magazine yang tahun lalu mendaftar nama mereka dalam barisan “Band You Need To Know”. (AG)

WARBORN “Immerson”
Destroy Sounds Records, 2012
Yang ini datang dari St Petersburg, Rusia. Memainkan trashy metallic hardcore punk, kasar, ngebut, kotor, nuansa yang hampir menyamai band-band neocrust era sekarang. Album ini di-share penuh lewat page mereka di Bandcamp, sementara versi fisiknya dirilis beramai-ramai oleh beberapa label sekaligus termasuk Total Punk Records, Resist Label & Distro, dan juga SAD Records. Ajaibnya, walau  direkam Swamp Studio, Rusia, tapi album ini di-mastering penuh di Mammoth Sound Mastering, California, Amerika, haha… Edan! Yup, Rusia memang subur dengan band-band beretika sama WARBORN, MINUALA, atau HIROSHIMA 45, boleh jadi merupakan gambaran seperti scene punk/hc di Rusia sekarang seperti apa. (AG)

VA DEFINITELY NOT THE MAJORS
Bush League Records, 1997
Bush League Records, adalah salah satu label lawas yang sekarang kayaknya eksistensi mereka tidak bisa ditemukan lagi. Dan berikut ini adalah salah satu masterpiece dari label tersebut, sebuah kompilasi monumental berisi band-band hebat yang kredibilitasnya di skena hardcore/metal Amerika telah menjadi warisan wajib. Kompilasi ini menjadi salah satu cetak biru wabah generasi hardcore/metal Amerika di dekade 90an. Berisi total 17 band mewakili banyak kota dari sudut-sudut Amerika, diantaranya adalah BLOODLET, COALESCE, GEHENNA, SONS OF ABRAHAM, ASCENSION, CATHARSIS, STARKWEATHER, NORA, INDECISION, EARTHMOVER, hingga AS DARKNESS FALL. Nama yang terakhir bahkan dirilis juga albumnya lewat label ini. Cari album ini, saya tasbihkan kompilasi ini menjadi salah satu kitab hardcore/ metal lawas. (AG)

VA INDONESIA METALCORE #1
Indonesia-Metalcore.blogspot.com
Kompilasi dari kolektif jaringan band-band metalcore se-Indonesia yang tergabung di forum Indonesian Metalcore (IDMC), blog kolektif yang penuh dengan informasi seputar band-band metalcore dan semua subgenre-nya yang eksis di Indonesia. Blog ini lahir sebagai fasilitas komunikasi band-band sejenis yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Ada 14 band disini hadir mengusung bermacam ciri metalcore mereka masing-masing. Ada VISION EYES (Jakarta), SICKOUT (Bandung), UNBLESSING REMAINS, (Samarinda), TOUCH OF EDEN (Depok), FUNERAL THIRST (Medan), HYPERACTIVE (Bekasi), BLOOD OF THE DEATH (Jambi), KILL OF THE DEATH (Bogor), OBSTINATE (Cimahi), EVERYTHING FORSAKEN (Tulungagung), sotrenz (Madiun), PSYCOPATH INSANE (Aceh), BLACKLINE’S FOR (Surakarta), dan terakhir RAIN OF BLOOD (Cibinong). Cari album ini, mungkin di masa depan banyak dari mereka akan lebih terekspose atau menjadi bagian dari industri musik sidestream di Indonesia. Kabarnya saat ini seri kedua kompilasi ini sedang digagas. (AG)

MORNING SICK “Demo 2012”
Seakan tidak mau leyeh-leyeh setelah merilis full album mereka “Tetap Semangat di Jalan Ini” (2011), mereka membuat demo berisi 2 lagu di pertengahan tahun 2012, ‘Sampai Akhir Nanti’ dan ‘Berpikir Terbuka’. Tetap ngebut seperti di album sebelumnya. Serunya, demo ini di-packaged dalam sebuah CD lengkap dengan kover dan lirik! Ini semacam pernyataan sikap bahwa mereka akan selalu ada dan dedikasi mereka terhadap scene hardcore. Ditunggu album selanjutnya! Hehe! (EV)
Kontak:
Facebook.com/MorningSickHC
Reverbnation.com/MorningSickHC

THROUGHOUT “Step Ahead Into The Real World”
Samstrong Records, 2012
Sebuah mini album dari band female-fronted oldschool hardcore asal Jogja yang sudah cukup lama malang-elintang di scene. Total Tampil dengan packaging album yang cukup artistik. Berisi 1 intro dan 5 lagu oldschool ngebut dengan ciri khas sentuhan melodiusnya yang kadang terasa atmosfer sedih atau semangatnya. Lirik yang straight to the point. Sebuah warna musik yang asik ketika dinyanyikan dengan sing along! (EV)
Kontak:
Facebook.com/SamstrongNew
Facebook.com/ThroughoutYKHC
Reverbnation.com/ThroughoutHC  
@THROUGHOUTHC

HANDS UPON SALVATION “Entity”
Hellavila Records, 2012
Setelah sekian lama dari rilisan mini album mereka “Celebrate The Newborn” (2004) akhirnya HANDS UPON SALVATION (HUS) menelurkan album yang ditunggu-tunggu oleh scene hardcore tanah air. Yups, full album yang sekian lama tertunda karena kesibukan masing-masing personilnya akhirnya rilis juga.
Di bawah bendera Hellavila Records (Jogja), kali ini HUS menyuguhkan 11 trek (satu intro) yang bakal mengobati kerinduan terhadap musik-musik metallichardcore / metalhardcore era 90an (sekarang lebih dikenal dengan metalcore). Di album ini mereka memberikan warna yang berbeda dari mini album sebelumnya, kali ini dengan sentuhan melodicdeathmetal ala Swedish di sana-sini bagian lagu.
Tapi jangan kuatir, mereka tetap menjaga warna metalcore ala HUS. Kolaborasi warna band-band metallichardcore H8000 era pertengahan 90an dengan band-band daratan Amerika seperti MORNING AGAIN, CULTURE dan sejenisnya, cukup apik ditampilkan melalui band ini.
Seluruh trek lagu yang seakan-akan penuh amarah, disajikan secara ngebut dan tanpa ampun oleh dentuman double pedal dan sedikit hyperblast grinding yang diladeni secara baik oleh gitarisnya, dan tidak lupa bassist mereka yang tidak mau kalah menunjukkan peran cukup apik di bagian akhir lagu ‘A New Bonfire’. Dan sang vokalis, sekaligus penggerak band ini, sangat baik menjaga porsi antara scream dan growl yang sangat berpengaruh untuk membuat dinamika dan atmosfer di tiap-tiap lagu. Trek favorit saya adalah ‘Envision’, paling terasa nafas hardcore-nya. Hehe!
 Seiring perjalanan waktu, term metallichardcore/metalhardcore yang menjadi metalcore sekarang mungkin sudah tidak sama dengan yang dimaksudkan dengan band-band metallichardcore/metalhardcore/metalcore di era 90an-2000an awal. Dan band-band yang mengklaim sebagai metalcore ‘masa kini’ banyak yang tidak mempunyai roots dari hardcore, sehingga mungkin artinya bukan lagi “memainkan musik hardcore dengan sedikit sentuhan metallic” namun lebih ke “bermain musik metal dengan sedikit sentuhan hardcore”.  
Tapi paling tidak, album “Entity” ini bisa sedikit mengobati kerinduanmu terhadap band-band metalcore 90an yang mungkin sekarang sudah sangat jarang berada di scene hardcore. Semoga jenis musik metalcore/metalhardcore yang berada di scene hardcore bisa tetap eksis dengan saling memberi referensi antar para hc kids-nya. Bagi kamu yang tertarik dengan album mereka bisa mengontak yang di bawah ini. (EV)
Kontak:
FB: Hands Upon Salvation atau Hellavila
Twitter: @huslegion atau @HellavilaRecs
087839001883, 08170412903

MORALLY STRAIGHT “Normalitas”
Co-released by Snick Snack Records & Pressure Records
Salah satu rilisan yang ditunggu. Dan tidak percuma menunggu cukup lama. Hehe! Tampil dalam bentuk rilisan EP 5 lagu yang semuanya sangat tidak membosankan. Oldschool hardcore dengan pemilihan karakter sound yang menggambarkan band-band hardcore/punk 80an. Pertama kali kepincut dengan sound gitar yang bright, tone jelas, dan renyah ala hc/punk, dikombinasikan dengan drum yang ngebut, sing along, serta lirik yang ceplas-ceplos, rasanya tidak heran kalau album ini menjadi salah satu playlist. (EV)
snicksnackrecords@yahoo.com
pressure.records@yahoo.com
morallystraight@ymail.com
FB: MorrallyxStraight

xUNFORCEx “Keep On Struggling”
Samstrong Records, 2012
Band oldschool asal Filipina merilis albumnya di bawah bendera Samstrong Records (Jogja). Sepertinya ini mini album atau EP, tidak ada penjelasannya. Berisi 4 lagu dengan tipikal lagu oldschool youthcrew yang kencang, sing along, dan durasi lagu pendek. xUNFORCEx termasuk band yang sudah lama eksis di scene, berdiri sekitar tahun 1998 di Lucena City / Pagbilao, Quezon, Philipines. Sepak terjang mereka selanjutnya patut ditunggu. (EV)    
Kontak:
Facebook.com/SamstrongNew
xUNFORCEx.bandcamp.com
Myspace.com/xUNFORCEx

LEG TO DECAY “Wake Up and Destroy”
Funrecords 2012
Sebuah full album dari band hardcore asal Medan. Pertama kali mendengar album ini, langsung cukup tercengang dengan hasil rekaman yang ciamik! Total 1 intro dan 9 lagu yang sangat tidak membosankan. Kental dengan inlfuens TERROR, MADBALL, AGNOSTIC FRONT, SEPULTURA, yang diterjemahkan dengan cara LEG TO DECAY ternyata menghasilkan lagu-lagu hardcore yang asik.
Pemilihan sound dengan drop nada yang cukup dalam (sepertinya di B) membuat musik mereka terdengar tebal. Dan bagusnya pemilihan karakter sound gitar dengan tone yang lebar dan jelas membuat musik mereka enak didengarkan, tidak asal drop saja. Variasai double pedal dan pemilihan sound drum yang sangat pas dengan jenis musik seperti ini membuat kita tidak bosan mendengarkannya berulang-kali. Dan vokal yang serak dan sing-along di banyak bagian lagu sangat memperlengkap kematangan mereka dalam menyuguhkan musik hardcore yang yang menyenangkan. (EV)
Kontak:
Reverbnation.com/LegToDecay
Twitter: @legtodecayHC
Booking: 081269017527, 082762272727  

Dimuat di Betterday #28

betterday zine | oktober 2012 | betterdayzine.blogspot.com

 


 
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template