Rabu, 17 Oktober 2012

Happy Edge Day.. And then..

Hari ini, 17 Oktober, sebagian besar Straightedgers memperingatinya sebagai ‘Edge Day’ atau sederhanya Hari Straightedge.. Sejarah lebih lengkap Edge Day bisa diliat di sini. Intinya, pada awalnya Edge Day (dulunya bernama National Edge Day) diselenggarakan pada 17 Oktober 1999, bersamaan dengan konser terakhir TEN YARD FIGHT, di nightclub Karma, Boston, Massachusetts. Acara tersebut diramaikan pula oleh band-band Straightedge yang sudah sudah tidak asing di telinga, seperti BANE, IN MY EYES, REACH THE SKY, dan FLOORPUNCH. Show ini menandai munculnya kembali youthcrew hardcore di akhir 90an, namun membantah anggapan memunculkan babak baru dalam Straightedge dengan membentuk hari besar sebenarnya di scene hardcore. Sejak itu, tiap tahun selalu ada local show di wilayah Boston yang juga diartikan sebagai show perayaan Edge Day. Apabila tanggal 17 Oktober tidak jatuh pada hari Minggu, show Edge Day diganti pada hari Sabtu, dicari yang paling dekat sebelum atau sesudah tanggal 17 Oktober.


Nah, pada tahun ini, 2012, berarti Edge Day udah memasuki tahun ke-15-nya. Kalau manusia, ini lagi ABG. Hehehe! Sebenarnya Edge Day adalah semacam perayaan ‘tidak resmi’ sebagian besar Straightedgers, dan tidak mengharuskan setiap Straightedger merayakan ini.  

Berdasarkan penjelasan di bagian awal (di atas), Edge Day bukan berdasarkan lahirnya prinsip Straightedge itu sendiri. Edge Day diperingati oleh sebagian besar Straightedger sebagai momentum bagi masing-masing Straightedger untuk saling memberikan semangat bagi Straightedger yang lain. Bahkan tidak jarang orang-orang non-SxE memberikan selamat bagi para Straightedger. Sebuah bentuk kerukunan yang baik bukan?

Namun terlebih dari itu, bagi Straightedger sendiri, sebaiknya momen ini digunakan untuk berkaca diri. Sudahkah kita baik atau benar dan konsekuen terhadap apa yang kita pilih? Jangan sampai di luar teriak-teriak “Happy Edge Day” tapi diri-sendiri fake-edge (alias ngaku Straightedge tapi sesekali nyolong-nyolong ngerokok, atau cari barang-barang apapun yang bikin nge-fly walaupun tidak dikategorikan sebagai narkoba).

Edge Day memang unik. Walaupun tidak mengikat bagi tiap Straightedger untuk merayakannya, semoga ‘Hari Straightedge’ ini memberi semangat bagi semua Straightedger untuk lebih melihat ke dalam diri masing-masing dan memaknai Edge Day lebih daripada sekadar euforia sesaat ataupun rutinitas tahunan semata. Selamat Edge Day bagi Straightedger yang merayakan. But every single day is Straightedge day. (El Vegano)

 
betterday zine | oktober 2012 | betterdayzine.blogspot.com 

 



 
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template