Minggu, 28 Oktober 2012

Anggapan Keliru Osteoporosis Bisa Disembuhkan dengan Susu


Oleh dr. Yahya Wardoyo, SKM
DOKTER dan ahli gizi pada umumnya menyarankan pasiennya yang menderita osteoporosis untuk mengonsumsi lebih banyak susu dan produk susu lainnya karena mengandung kalsium tinggi. Kedengarannya cukup masuk diakal, tetapi tidak akan berhasil. Orang Amerika dan Eropa Utara mengonsumsi 800-1.200 mg kalsium sehari, tapi tetap saja mereka lebih menderita osteoporosis daripada orang Asia dan Afrika yang mengonsumsi 300-500 mg kalsium per hari.
 
Penyebab utama osteopororis adalah terlalu banyak mengonsumsi bahan-bahan yang sifatnya ‘acidic’ (asam) yang berasal dari daging (protein hewani, termasuk susu), gula dan bahan-bahan yang mengandung kimia. Untuk menetralisasi aciditas (keasaman dalam tubuh) tersebut, tubuh mengambil kalsium (untuk menciptakan suasana alkalin) dari tulang. Jadi, masalah osteoporosis bukanlah bahwa seseorang itu tidak cukup memakan kalsium. Masalahnya adalah mereka kehilangan kalsium. Dengan demikian, mengasup lebih banyak kalsium ke dalam tubuh bukanlah jawabannya, karena Anda bisa kehilangan lebih banyak daripada yang Anda asup (misalnya dengan tetap memakan daging, gula, dan bahan-bahan kimia lainnya). 

Apabila ekstra kalsium ini berasal dari makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, keju dan es krim, itu akan memperburuk keadaan karena makanan ini adalah pembentuk acid (asam). Makanan-makanan ini menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak kalsium. Solusi utama adalah membuat tubuh menjadi bersuasana alkalin, yaitu dengan memakan lebih banyak sayuran dan menghindari makanan pembentuk acid seperti daging, gula dan bahan-bahan kimia.

Kelihatannya, dokter, ahli gizi dan perusahaan susu keliru bila mereka mengatakan bahwa susu adalah sumber terbaik untuk kalsium. Lebih banyak kalsium yang bisa ditemukan di biji-bijian (khususnya biji wijen = sesame seeds) dan rumput laut (jenis hijiki). Biji-bijian ini mengandung 14 kali lebih banyak kalsium daripada susu. Selain itu, biji-bijian ini pembentuk alkalin, makanan ini menyediakan kalsium tanpa membentuk acid yang menghilangkan kalsium dari tulang.

Artikel aslinya dapat Anda temukan di link berikut ini: www.natural-cancer-cures.com/acidic-condition.html

Untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung alkalin dan acid dapat dibaca di link ini: www.essense-of-life.com/info/foodchart.html

Sebarluaskan artikel ini untuk membantu orang-orang yang Anda kasihi agar mulai menghentikan minum susu sapi karena itu akan memperparah penderita osteoporosis. Anak sapi dewasa saja tidak minum susu induk sapinya, dan tidak pernah sapi itu menderita osteoporosis.

Sumber: Buahaticerdas.com  


betterday zine | oktober 2012 | betterdayzine.blogspot.com 

 
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template