Kamis, 05 April 2012

Semua Berawal dari Hardcore

Ketika masuk ke scene hardcore tentunya untuk menjalin pertemanan dengan banyak orng yang mungkin sedikit-banyak sepikiran dengan kita. That’s why we choose hardcore, right? Kebanyakan mulai nyemplung di scene ketika umur belasan. Dan tidak jarang dimulai dari diajak teman untuk datang ke sebuah gig hardcore, dikenalkan atau berkenalan dengan yang lain di situ. Setelah berkenalan dengan banyak teman kemudian sering nongkrong bersama dan tanpa disadari membuat semacam tongkrongan/kolektif. Kemudian ada yang membuat band, membuat zine, mendalami fotografi dan bisa bermanfaat untuk dokumentasi acara-acara hardcore, aktif di organisasi-organisasi yang mereka kenal lewat hardcore, corat-coret, membuat artwork/desain, dan aktif dalam bidang apapun yang mereka sukai.

Di sela-sela kesibukan kuliah ataupun bekerja, masih menyempatkan untuk datang ke gigs, dan bagi yang punya band atau zine berusaha untuk bisa tetap produktif, dan ada juga yang tetap berusaha mengorganisir gig baik untuk band lokal maupun luar negeri. Semua dilakukan dengan dasar ‘menyukai’.

Seiring perjalanan waktu tidak sedikit di antara mereka yang kemudian mundur sedikit demi sedikit dari  scene hardcore karena segala kesibukan dalam kesehariannya, belum lagi yang berkeluarga, dan lain-lain. Namun ada juga yang setelah hilang dalam beberapa tahun masih menyempatkan sesekali datang ke gig dengan beberapa band yang memang ingin ia lihat. Dan ada pula yang masih aktif di band namun jarang ke gig. Wajar, tiap manusia mempunyai hidupnya masing-masing. 

Selama berkecimpung di scene hardcore tentunya masing-masing individu mengalami proses pendewasaannya sendiri-sendiri, dan bisa menjadi salah satu (atau mungkin terbesar) untuk dikolaborasikan dengan referensi yang di dapat dalam kehidupan sosial secara umum. Ada yang setelah tidak aktif di scene namun masih sering saling kontak, namun ada pula yang benar-benar pergi.

Intinya, semua itu berawal dari hardcore. Dan ketika sudah benar-benar tidak aktif di scene alangkah manisnya ketika proses kematangan yang sudah didapat di scene bisa diteruskan di kehidupan sosial ke depannya. Semua pemahaman tentang komitmen, konsekuensi, respect, toleransi, honest to yourself, kritis dan sebagainya, tetap dipegang dan dimatangkan lagi dengan strategi-strategi lainnya untuk keadaan nyata di luar sana dengan berbagai tantangan yang mungkin lebih beraneka-ragam dan bisa jadi lebih mengerikan. From a battlefield to another battlefield. Hehe!

Dan yang bisa dilakukan bagi scene hardcore ‘hanyalah’ regenerasi dengan hc kids yang lebih muda, lebih bersemangat lagi, dan seharusnya bisa lebih maju dan bebas pemikirannya, namun tidak keluar track.  Nantinya, masing-masing individu akan meninggalkan kesan yang terbaik bagi teman-teman terdekatnya atau para sahabatnya di scene, karena siapapun ingin yang terbaik bagi dirinya, dan yang terbaik bagi scene hardcore dan hardcore itu sendiri. (EV)

betterday zine | april 2012 | betterdayzine.blogspot.com
el-vegano.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template