Minggu, 22 April 2012

H8000 (HATE THOUSAND) CREW: Sebuah Cerita Scene Hardcore di West Flanders, Belgia




 
Sejarah Lahirnya

Belgia merupakan negara kerajaan maju dan moderat di Eropa Barat. Mempunyai scene hardcore yang juga terbesar di Eropa dan terus berkembang hingga kini, terutama di wilayah (provinsi) West Flanders (West-Vlaanderen). Di awal tahun ‘90, 8000 Crew adalah sebutan untuk anak-anak HC Flandria Barat (West Flanders) yang diambil dari kodepos wilayah kota-kota di sana yang semuanya diawali dari angka 8000, seperti kota Brugge dengan kode pos 8000, Kortrijk 8500, Roeselare 8800, Ieper 8900, dsb.

Sebenarnya scene Hardcore Punk di Belgia sudah ada sejak tahun 83an, ZYKLOME A adalah salah satu band punk tertua di Belgia yang berpengaruh dan telah merilis albumnya di tahun ‘84. Band grindcore politis AGATHOCLES juga sudah ada dari tahun ‘85 di provinsi Antwerp. Tetapi menggeliatnya scene hardcore di Belgia dimulai dari awal ‘90. RISE ABOVE merupakan band hardcore pionir di area West Flanders, berdiri sejak tahun ‘89 yang juga band Straightedge (SxE) pertama di Belgia dan kedua di Eropa (band SxE pertama di Eropa adalah LäRM dari Belanda). Rise Above juga menyebarkan ideologi Straightedge di Belgia hingga menjadi aktif, juga masif. Rise Above terdiri dari orang-orang berpengaruh di scene, diantaranya Edward sebelum mendirikan Goodlife Recs, Hans sebelum membuat LIAR dan Steve (sekarang di SOULWAX). Awalnya mereka mengenalkan Straightedge di Belgia mengalami masa-masa sulit, sempat dimusuhi bahkan dicaci-maki ataupun dicap fasis dan berbagai sentimen lainnya. Tetapi mereka gigih tanpa menyerah, seperti apa yang ditulis di blog Flandersfury dalam sesi wawancara dengan Ed Gooflife. Belgia terkenal dengan budaya mabuk-mabukan atau ‘beer culture’, dan merupakan tantangan tersendiri untuk memperkenalkan ideologi ini di dalam masyarakat yang mayoritas pengkonsumsi alkohol. Pada waktunya hc kids di sana mulai terbuka dan bisa diterima oleh scene hc Belgia, khususnya West Flanders. Hingga akhirnya banyak band bermunculan dan membawa ideologi SxE, juga ajakan bervegetarian hingga Vegan sehingga dikemudian hari justru muncul band-band yang membawa ideologi Vegan Vegan Straightedge dengan cukup tegas dan militan.
SPIRIT OF YOUTH merupakan band hc tertua setelah Rise Above. Pada awalnya memainkan oldschool 80an, digawangi oleh 2 bersaudara Dominiek & Frederik, sebelum akhirnya memasukkan unsur metal dan beatdown. Sebelumnya S.O.Y bernama LOVE, TRUTH, & HONESTY yang memainkan musik ala DC hardcore 80an model DAG NASTY, 411, dan MINOR THREAT. BLINDFOLD merupakan band session dari Hans pada gitar, yang menampilkan unsur emo-hardcore 90an. SHORTSIGHT, band SxE lainnya juga sempat diisi oleh Hans pada vokal untuk rilisan demo pertamanya. CONGRESS, sebelumnya bernama BURNING FIGHT, adalah band hardcore pertama yang memasukkan unsur extreme metal dan menciptakan trademark sound mereka adalah Edge-Metal, yaitu Straightedge sebagai pesan dan ideologi mereka, sound metal ekstrim atau pengaplikasian riff-riff musik death metal untuk aransemennya, tetapi mereka tetap dan akan selalu menjadi hardcore kids atau band hardcore.


The Early H8000 Bands :
8000 Crew menjadi H8000 Crew

Pada tahun ‘93, gitaris CONGRESS, Josh Fury menambahkan huruf ‘H’ pada scene 8000 crew menjadi  H8000 crew. ‘H’ adalah Hate untuk menampilkan kesan angker, marah dan keras. Sedangkan ‘8000’ tetap mengacu pada kodepos area West Flanders yang dimulai dari angka 8000. Di waktu yang bersamaan, WHEEL ON PROGRESS adalah proyek session dari Josh Fury (Congress) bersama Hans dan UxJ (Congress), juga divokali Rob dari BORN FROM PAIN. Kemudian tahun ‘95 setelah mengalami pergantian line-up, maka Wheel On Progress berubah namanya menjadi LIAR. Akhirnya CONGRESS & LIAR berjalan bersama dengan trademark yang mereka ciptakan, H8000 edge metal, dan mempengaruhi banyak hc kids dan band-band di sana, termasuk band-band di luar Belgia (di antaranya Jerman, Itali, dan Perancis). LIAR juga mulai banyak diterima oleh fans-fans metal serta tampil bersama band-band extreme metal kugiran di Eropa. Di samping para personil LIAR dan CONGRESS yang rajin mendengarkan musik-musik extreme metal, menurut pengamatan penulis, UxJ adalah orang yang paling membawa pengaruh sound metal pada musik LIAR dan CONGRESS serta band-band lainnya. U.J adalah seorang yang unik, kolektor sejati album-album berbagai jenis musik dari hardcore, crust punk, doom metal, thrash/death hingga black metal. U.J juga seorang hc kid yang beberapa kali tampil dengan corpse paint dan sering menggunakan atribut metalhead sejati. Walau menggilai metal dan musik-musik yang bergaya hidup hedonis, tetapi UxJ juga cukup militan dengan ideologi Vegan Straightedge seperti terlihat di profil myspace-nya.
 

Pertengahan 90an, Pengaruh ‘Oldschool’ Metal yang melahirkan ‘Edge Metal’

Band-band HC dengan eksplorasi sound ‘metal’ banyak bermunculan di Belgia. Tetapi faktanya mereka sama sekali tidak merasa menjadi metalhead atau tidak ada yang bersikap rockstar-wannabe. Mereka tetap dan akan selalu menjadi hardcore kids, bersikap positif dengan passion dan ketertarikan pada musik metal serta punya pesan-pesan yang tegas pada karya-karyanya. Sebenarnya influens musik-musik hardcore di scene H8000 tak lepas dari NYHC juga, seperti AGNOSTIC FRONT, MADBALL, serta EARTH CRISIS yang mempengaruhi ideologinya juga. Berbagai kompilasi band-band H8000 crew dirilis, dari mulai kompilasi khusus band-band SxE, kompilasi benefit buat Animal Liberation serta bencana alam, dsb. ‘H8000 Hardcore the Compilation’ merupakan kompilasi periodik esensial pengenalan band-band di kode pos ‘8000 area’ hingga terpublikasi ke berbagai belahan dunia yang sekarang menjadi rare stuffs yang banyak dicari. Band-band yang mulai aktif tampil dan merilis album (selain Liar, Congress, Spirit Of Youth, Nations On Fire, Shortsight diantaranya adalah SEKTOR, EMPATHY, LIFECYCLE, DEFORMITY, HITCH, LEGION, REGRESSION, ODK CREW, FIRESTONE, SOLID, SPINELESS, VITALITY, FORCED HATE, dsb. DEFORMITY cukup membuat ‘shock’ beberapa audiens hc kids disana karena aransemennya memasukkan banyak hyperblasting drums dan riff gitar yang sungguh teknikal ala deathmetal sehingga banyak metalhead tulen yang tertarik dengan mereka. Sementrara Regression juga menjadi band edge metal dengan sound terberat saat itu, dan ODK Crew tetap dengan oldschool HC yang sing-a-longable. Istilah ‘God-Free Youth’ juga sempat melekat pada H8000 crew karena beberapa diantara mereka membawa tema agnostisisme dan atheisme dalam karyanya. Begitupun violent dancing sering memenuhi panggung-panggung H8000 crew, kenyataannya minim sekali perkelahian akibat violent dance, karena menurut Ed Goodlife, juga Matthias (LIAR, EMPATHY) dalam reportasenya, jika ada violent dance seperti windmill dan karate kick di suatu gig hanyalah ekspresi senang-senang mereka yang sebenarnya adalah ‘friendly violent’.


Era 2000 Hingga Sekarang

Di tahun 2000an, aktivitas maupun eksistensi H8000 crew bertambah besar walau beberapa band bubar atau merubah namanya. Di era 2000 sebenarnya adalah kebangkitan genre metallic hardcore (sebelum istilah metalcore di’pasar’kan di industri) di berbagai belahan dunia. Acara-acara kecil hingga besar selalu dipadati hc kids karena juga diisi oleh band-band yang memainkan newschool hc hingga metallic hc, termasuk edge-metal. Band-band H8000 yang aktif di era 2000an diantaranya adalah MORDA, CORE OF ANGER, BLOOD REDEMPTION, SENSLESS WAKE, SHREDDER, THE BOSS, FIRST ALLIANCE (RIP), FATAL RECOIL, RAFFLESIA, YOUR GOD IS DEAD (RIP), NO RECESS (RIP), EXZISTEM (RIP), KNOCKDOWN, ALL MY SINS, URGE FOR BLOOD, RETALIATE, dsb. Di 2-3 tahun terakhir ini, H8000 masih eksis dan tetap berkembang. Beberapa diantaranya adalah HEADSHOT, TARMAK, THE IGNORED, GRIPTAPE, 6 DAYS OF JUSTICE, THE COMPANY, MURDERHORN, SAVIOUR, UNITED BLOOD, FROM BEYOND, GOLDEN BULLET, xVICIOUSx, TRENCHFOOT, THE GO HARDS, AMEN RA, FIELDS OF TROY, OPEN SESAME, CONTROL STATE, dsb. Di Eropa, terutama scene H8000 (Hate Thousand) hingga saat ini tidak terpengaruh 'booming' ‘metalcore hari ini’ yang jadi tren/industri musik. Mereka tetap 'keras' dalam hal tema & lirik, tetap tegas dalam ideologi juga. Bisa dibilang lebih brutal dari musik yang mengaku tipikal ‘metalcore kekinian’ darimanapun, dengan khas sound maupun riff-riff metal ala SLAYER, DESTRUCTION, dan KREATOR lebih terasa, beratmosfer gelap, meskipun beberapa band juga kental dengan beatdown serta breakdown part, spoken part dan mosh-part yang sering muncul. Selain H8000, di luar kawasan West Flanders, Belgia juga masih punya diehard edge-metal juga, ARKANGEL dan LENGTH OF TIME dari kota Brussel atau Bxl crew,              CRAWLSPACE dari kota Zonhoven yang memainkan NYHC style mixed with death metal, serta FACEDOWN yang telah berganti nama menjadi (Dot).Calbre, dan masih banyak lagi band-band yang datang, bertahan dan pergi.

Di luar Belgia, masih ada Italia yang juga cukup ‘puritan’ dalam hal ideologi serta musikalitas mereka, sebut saja band-band krusial seperti REPRISAL, ENVISION, TIME BOMBS, PURIFICATION, dsb. Juga dari Jerman, ada ACME, HEAVEN SHALL BURN, CALIBAN, FEAR MY THOUGHT, dsb. Beberapa dari mereka sudah bubar di awal 2000 dan yang masih eksis ada yang mulai merubah konsep musik mereka ke arah melodicmetal serta mulai kompromistis dengan label besar. Di Perancis juga ada CHILDREN, STORMCORE, KICKBACK, dsb. Di Amerika, scene Florida HC seperti MORNING AGAIN, CULTURE, SHAI HULUD, serta North Carolina HC ada UNDYING dan PRAYER FOR CLEANSING cukup dekat juga dengan Belgia. Beberapa band di luar Belgia yang disebut tadi memang mempunyai ikatan komunikasi yang kuat dengan scene H8000, karena banyak dari mereka yang sudah beberapa kali tampil atau diundang di Ieper HC Fest atau acara-acara kecil lainnya. Juga banyak dari mereka yang dirilis albumnya oleh label-label dari H8000 area. 

Acara Rutin

Acara besar seperti ‘Ieper Hardcore Fest’ adalah saksi hidup kebangkitan scene ‘metalcore’ generasi awal dan genre terkait, disamping band-band oldschool-youthcrew tetap ada di acara tersebut. Acara yang lebih kecil tapi tetap esensial adalah ‘Goodlife Summerfest’ dan ‘H8000 Fest’. Begitupun acara-acara privat lainnya tetap menggeliat dan aktif. Rilisan album/kompilasi dalam kaset, CD hingga vinyl banyak dirilis, salah satunya adalah kompilasi ‘Goodlife 4’. Edward dari Goodlife Recordings pernah mengasuh AVANGED SEVENFOLD ketika masih ‘belia’ yang sempat dirilis dan dipromosikan di album awalnya. Namun KAMU semua tahu band ini sekarang seperti apa, yang pasti keluar jauh dari scene musik hardcore dan menjadi ikon-ikon idola remaja yang mendewakan imej dan hedonisme. ‘Ieper HC Fest’ selalu diadakan rutin di kota Ieper. Awalnya diorganisir oleh Ed Goodlife tahun 90 secara otonom (DIY) yang hanya menampilkan band-band khusus di area West Flanders maupun band-band Belgia lainnya dan negara tetangga seperti Belanda, Perancis, dan Jerman. Lambat laun acara ini sukses besar hingga merupakan acara rutin tahunan yang digelar 3 hari setelah era 2000an. Malahan 3 tahun kebelakang ini dibuat 2 kali dalam setahun, yaitu musim panas (‘Ieper Summerfest’) dan musim dingin (‘Ieper Winterfest’). Band-band yang tampil pun datang dari berbagai belahan dunia seperti SICK OF IT ALL, TERROR, CONVERGE, bahkan band Australia MILES AWAY, juga band-band hardcore klasik seperti MDC, REAGAN YOUTH, sampai band-band deathmetal seperti BOLT THROWER, ABORTED, INCANTATION, dsb.


Label & Record Store

Ada banyak label dan distro/record store di West Flanders seperti Genet Records yang pernah merilis banyak band yang memainkan hardcore, metal, emo dan variannya dari berbagai negara. SHADOWS FALL, WALLS OF JERICHO, FACEDOWN, TIME BOMBS, serta band unik female-fronted hc/power/heavymetal ala IRON MAIDEN, CONVINCED, ikut dalam kompilasi ‘Genet Samplers’. Warehouse adalah label kecil milik Ed Goodlife dan Goofy (Nations On Fire) yang hanya merilis khusus vinyl dan tape saja. Sobermind Records adalah label milik Hans Liar yang khusus merilis band-band SxE. Nah, ini dia, Goodlife Recordings adalah label indie terbesar di Belgia serta Eropa yang telah merilis banyak band hc dari berbagai negara seperti MORNING AGAIN, UNDYING, 100 DEMONS, SHELTER, MADBALL, dsb. kompilasi ‘Goodlife 4’ juga rilisan esensial era ‘terjangkitnya’ virus metal dalam musik hardcore yang sempat mewabah di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. ‘Goodlife 4’ juga dirilis ulang oleh Bluesky Record di Indonesia selain merilis DEFORMITY dan ENVISION (Itali). P.M.A. adalah label milik Hans dan UxJ (ex-CONGRESS, LIAR) yang merilis beberapa vinyl dan tape juga. Selain itu masih ada Eyespy Records dan Reality Records yang ikut membantu perilisan buku tentang “H8000 Hardcore, a Decade and More” dan membukukan zine krusial H8Z atau H8000zine. Zine-zine lain yang sempat beredar adalah Ugly Duckling, Semtex, Yoda zine, The Paper (buatan Ed Goodlife), juga online/e-zine xIn This Timesx.

Band-band dari H8000 scene juga telah mempengaruhi banyak band di Indonesia, terutama pada awal perkembangan newschool metallic hardcore akhir 90an dengan band-band pionir di Indonesia adalah Stolen Visions (Malang) dan Hands Upon Salvation (Yogyakarta) yang masih eksis hingga kini. Setelah itu atau dalam selisih waktu yang berdekatan berkembang juga di Bandung maupun Jakarta hingga kota-kota lainnya. Namun, saat ini mungkin scene dan musikalitas band-band H8000 seperti dilupakan, atau bahkan mungkin band-band kekinian yang mengklaim ‘metalcore’ tidak tahu atau tidak peduli dengan eksistensi mereka. Jangankan H8000, mungkin para fans musik metalcore jaman sekarang tak pernah mendengarkan band-band hardcore..hahaa! J Untungnya, beberapa forum musik online pernah membahas tentang ini dan beberapa diantaranya tertarik mendalami sejarahnya. (Adit NBF)

Dimuat juga di Betterday zine #27 

Sumber rujukan tentangt H8000 Crew:
- H8Z #3, 1996
- Interview with Hans LIAR, NBF#10, 2009
- www.allschools.de/blog/1151 - H8000 Scene Report.


betterday zine | april 2012 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template