Sabtu, 04 Februari 2012

Sedikit Cerita "ASSAULT TOUR 2012", @ JNM, 2 Februari 2012, Jogja




ASSAULT TOUR 2012
@ JNM (Jogja National Museum), 2 Februari 2012
Sharing performance: BACKTRACK (New York), OVERTHROWN (Singapore), THINKING STRAIGHT (Depok), FINAL ATTACK (Jakarta), STRIKER (Magelang), KNOCKDOWN (Jogja)

Momen yang ditunggu-tunggu oleh para hc kids di Jogja akhirnya datang juga. Yups, apa lagi kalau bukan rangkaian tur bertajuk ‘Assault Tour’ yang menampilkan band-band hardcore dahysat baik dari tanah air maupun dari luar negeri!

Gig yang diorganisir oleh Halang Rintang dan Holding True Booking menampilkan dua band dari luar, yaitu BACKTRACK (New York), dan OVERTHROWN (Singapore). Sedangkan dari dalam negeri diwakili oleh FINAL ATTACK (Jkt), THINKING STRAIGHT (Depok), STRIKER (Magelang), dan KNOCKDOWN (Jogja).

Acara yang di flyer ditulis mulai jam 3 ternyata baru mulai setelah maghrib sekitar jam 18.30. Mungkin ini adalah strategi marketing saja, supaya penonton tidak telat datang, sehingga bisa ramai dari mulai band pertama. Di samping itu supaya tidak terpotong maghrib juga, toh band yang main hanya 6 band, jadi tidak akan memakan waktu terlalu banyak. Penulis sendiri sampai di venue sekitar jam 17.00. Dan strategi panitia terbukti cukup efektif dengan cukup banyaknya hc kids yang sudah berdatangan sebelum acara mulai.

Benar saja, jam 18.30 tepat acara dimulai. Band pertama yang dipanggil adalah THINKING STRAIGHT. Band oldschool 88 youthcrew hardcore ini benar-benar menyuguhkan penampilan yang maksimal. Penonton yang masih di luar pun segera masuk untuk melihat penampilan perdana THINKING STRAIGHT di Jogja! Lagu-lagu dari album kedua “The Opposite of Ordinary” (2011) sampai trek dari album pertama mereka “Positive Crew” (2000, dan dirilis ulang tahun 2001 oleh DieHard Collective, Hungaria) digeber tanpa ampun. Trek favorit ‘Positive Crew’ dari album yang bernama sama pun dibawakan dengan sangat berapi-api dibarengi dengan sing along dari audiens. Penulis sempat membeli album perdana mereka yang masih dalam format kaset (sampai sekarang masih disimpan, hehe!). All tracks are awesome! Band ini sudah malang melintang di scene hardcore sejak akhir 90an. Sehingga wajar ketika terlihat matang penampilannya. Total sekitar 15 menit berhasil memanaskan suasana! Youthcrew! Eh iya, FYI, dengar cerita dari Adit (bass), mereka berencana merilis album lagi di tahun ini. Gila nih! Sukses buat THINKING STRAIGHT!

Tidak berlama-lama, KNOCKDOWN segera naik panggung. Band asal Jogja ini terbilang masih hijau (baik secara usia personilnya maupun umur bandnya) namun terus terang saja jam terbangnya gila-gilaan! Setelah mereka berhasil merilis EP “Modal Kecu” di pertengahan 2011 lalu, kadwal manggung KNOCKDOWN sangat padat baik di Jogja maupun luar kota. Bagus! Mereka membawakan trek demi trek dari EP-nya. Lagu ‘United Must Be Stand Up’ membuat penonton semakin gila. Dari yang stage diving, moshing, two-step, sampai 'jurus-jurus karate' lainnya ada di area moshpit. Hehe! Dan benar saja dugaan penulis, begitu lagu ‘Modal Kecu’ keluar, penonton semakin brutal. Bahkan Phitex, vokalisnya, tidak perlu menyanyikan liriknya karena mic-nya sudah direbut audiens yang menyanyikan hampir seluruh lagunya! Pemandangan yang hebat!

Kelar KNOCKDOWN, waktu menunjukkan jam 19.30. MC memanggil STRIKER untuk naik panggung. STRIKER adalah band beatdown hardcore asal Magelang. Band ini termasuk cukup naik daun akhir-akhir ini dengan semakin tingginya jam terbang mereka baik untuk gigs di Magelang dan sekitarnya, maupun kota-kota yang cukup jauh. Tanpa ba-bi-bu lagi, mereka segera menghajar panggung dengan lagu-lagu beatdown ‘down tempo’ yang tipikal, namun mengasyikkan ketika melihat audiens yang begitu ramai di bibir panggung baik teman-teman mereka dari TCHC Magelang maupun dari Jogja, Klaten, Solo, semuanya berbaur. Band yang potensial. Kucing, vokalisnya, pun cukup komunikatif dengan gurauannya kepada audiens. Ada sebuah trek mereka yang breakthrough, di satu lagu mereka ada down tempo part yang diselingi dengan gumaman nada Jawa dari si vokalis. Sipp! Ditunggu karya-karya selanjutnya!

Setengah jam STRIKER selesai menunaikan tugas dengan membawakan sekitar 5 lagu. Dilanjutkan oleh penampilan dari band Singapore, OVERTHROWN. Band ini sebenarnya kurang banyak didengar di scene YKHC. Namun dengan adanya acara ini, banyak anak YKHC yang segera mencari tahu tentang band ini. Terdiri dari 4 orang berbadan besar semua, terutama vokalisnya yang penampilan fisiknya mirip petinju atau petarung UFC / MMA, mereka memainkan hardcore campuran toughguy hardcore dengan New York style yang variatif antara bagian ngebut dan ‘breakdown’nya. Gambaran sederhananya adalah campuran MADBALL, TERROR, dan HATEBREED. Yang penulis suka di sini adalah sang vokalis yang sangat komunikatif dengan selalu mengajak audiens untuk merapat ke bibir panggung dan meminta audiens untuk ikut having fun dengan stage diving. Dan si vokalis pun sempat bilang, “This stage is not ours, it’s also yours. So you can come up here and stage dive.” Propaganda yang bagus, dan cukup efektif. Penonton pun semakin brutal, dan semakin banyak yang stage diving. Total sekitar 5 lagu berhasil mereka bawakan dengan sangat baik dan bersih. Secara pribadi, di antara semua band yang tampil, penulis paling masuk (selera) dengan sound gitar yang dihasilkan gitaris OVERTHROWN di acara ini. He knows how to treat his ESP. A SansAmp was enough to boost his guitar character for his music. Penampilan sekitar setengah jam mereka rasanya sangat memuaskan audiens yang sebelumnya cukup penasaran dengan band ini.

Sudah jam 20.30, dan UNDER 18 sudah menunggu di sebelah panggung untuk segera naik panggung. Band skinhead oldschool hardcore asal Bandung ini terbilang lama di scene sejak akhir 90an. Sekitar 6 lagu mereka bawakan dengan mengajak seluruh audiens untuk ber-sing along ria. Lagu-lagu dari album terbaru mereka “Look Inside Bdg” yang dirilis pertengahan tahun 2011 berhasil menyulap penonton dengan moshing dan sing along yang menyenangkan. Dan ketika mereka membawakan ‘As One’nya WARZONE, bibir panggung bertumpah ruah audiens yang ingin berebut mic hingga stage diving. Tidak diragukan, jam terbang mereka memang membuat penampilannya terlihat mantap di malam itu.

Kelar sekitar setengah jam lebih, sekarang saatnya FINAL ATTACK mengambil alih panggung. Sedikit setting ulang. Lengkap dengan membawa head cabinet sendiri pada ampli gitar, dan dengan amunisi efek yang cukup ‘tepat sasaran’, dan pedal drum yang aduhai, mereka menggeber trek demi trek seakan memberi suntikan darah baru bagi para audiens untuk tetap berdiri di depan panggung dan moshing tanpa henti. Band yang terbentuk sejak 2004 ini terbilang salah satu band hardcore Indonesia yang paling produktif. Mereka berhasil membuat 5 rilisan, mulai dari demo pertamanya, album “Legitimate Threat” (2006), “Length of Time” (2009), Action Speaks Louder (2010), dan terakhir “Hati, Jiwa, Pikiran” (2012). Hal ini tentunya membuat jadwal manggung mereka seakan tidak ada istirahatnya. Fans mereka di Jogja sangat banyak. Ini terbukti ketika lagu pertama dibawakan, sisi depan panggung segera terpenuhi oleh penonton yang tanpa harus dipropaganda. Sebuah trek menarik berjudul ‘September 12th’ yang dibawakan, diambil dari album terbarunya, yang menceritakan tentang Joneh mantan pemain bass mereka yang telah meninggal dunia. Lagu ini mujarab membuat penonton semakin brutal dan variatif dengan berbagai ‘jurus kungfu’nya masing-masing. Hehe! Dan Wiwid, sang vokalis, menjelaskan lagu ‘Young Guns’ sebelum dinyanyikannya, menceritakan (kurang-lebih) bahwa sebuah band hardcore tidak tahu sampai kapan akan terus aktif di scene, dan inilah saatnya bagi yang lebih muda untuk tampil, diberi kesempatan untuk meneruskan scene ini. Nice message! Namun tentunya semua ingin FINAL ATTACK tetap bisa aktif sampai tua! Hehe! Nice jobs, guys!

Berhasil mengguncang JNM, penampilan FINAL ATTACK selesai sekitar jam 21.30. Dan yang ditunggu-tunggu para hc kids pun tiba. Yeah, BACKTRACK! Sebuah band asal Long Island, New York dengan hardcore New York style-nya yang lebih ke model newschool simpel. Cara drummer mereka memainkan variasi pukulan sangat asik. Musik yang terdengar pelan ala newschool dan cara membaca lirik sedikit agak ngerap serta chord-chord gitar yang sederhana terasa penuh dan menyenangkan dengan komposisi yang cukup rapet. Tidak tahu kapan mereka terbentuk, yang jelas mereka punya 3 rilisan: ‘Demo’ (2008), ‘Deal with the Devil’ (2009), dan ‘Darker Half’ (2011). Rangkain gigs mereka di Indonesia adalah salah satu rangkain turnya di Asia dengan tema besar ‘Darker Half Asia Tour 2012’. Dulunya hc kids di Jogja kurang mengenal band ini. Namun dengan diundangnya mereka ke Jogja, banyak orang-orang yang mencari tahu tentang mereka, termasuk penulis. Dan secara umum BACKTRACK mengasyikkan. Kelar sekitar 5 lagu rasanya worth it ketika mereka ditempatkan di akhir acara.

Sebuah gig yang dibuat oleh Halang Rintang (Jogja) dan Holding True Booking (Bandung). ini terbilang berhasil. Walaupun di tengah perform BACKTRACK sempat ada sedikit keributan di antara penonton. Tapi bukan keributan yang berarti. Di sisi keamanan, panitia acara ini melibatkan sekuriti tersendiri untuk mengamankan keseluruhan jalannya acara.

Sedikit informasi, Halang Rintang dulunya adalah sebuah record label yang berhasil merilis beberapa album di awal tahun 2000an, diantaranya album kompilasi “Yogyakarta Hardcore Compilation” (2003), album split STRENGTH TO STRENGTH / STRONGHOLD dengan tajuk “Foundation For The Next Step” (2003). Kemudian HR pun vakum merilis album dan lebih banyak mengorganisir gig-gig lokal. Di tahun 2010 HR kembali memproduksi rilisan, yaitu album SERIGALA MALAM “Supreme of the Prove”. Sedangkan Holding True Booking adalah semacam promoter asal Bandung yang banyak menangani band-band hc/punk luar negeri.

Setelah sekian lama Jogja sepi dari band-band luar, akhirnya di awal tahun 2012 ini ada sedikit perubahan dengan adanya beberapa jadwal band luar negeri yang tampil dan akan tampil di Jogja. Yang akan datang adalah HEAVEN SHALL BURN tanggal 18 Februari 2012 di Liquid Café, Jogja, diorganisir oleh Starcross distro.

Nice jobs Halang Rintang! Ditunggu band-band luar negeri lainnya yang tidak kalah hebatnya!

(El Vegano)


Related:


All photos by John Ronesta Pandia
(jesuiscidal.blogspot.com)



betterday zine | februari 2012 | betterdayzine.blogspot.com
el-vegano.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template