Minggu, 01 Januari 2012

Fantasi Liar zine #2


Fantasi Liar adalah sebuah zine asal Klaten yang dibikin oleh Anang Harjo, baru saja merilis edisi #2-nya bulan Desember 2011 lalu. Dengan jumlah halaman yang tebal dan teridiri dari konten yang beraneka-ragam seputar scene underground (lintas genre) tentunya terasa cukup komplit dan 'mengenyangkan'. Dari mulai rubrik profil band, interview, review, sampai esai bebas dari beberapa kontributor membuat zine ini menjadi bacaan lintas scene yang cukup asik.

Beberapa highlights isinya antara lain wawancara dengan DIALOG PAGI HARI, band folk rock/blues asal Bali. Ada pula interview dengan pemilik HolyFlesh Rockshop dan seorang crew-nya. HolyFlesh adalah sebuah toko merchandise musik-musik 'underground' terbesar di Klaten. Sebelum bertransformasi menjadi sebuah 'rockshop', dulunya adalah sebuah record label bernama HolyFlesh Records yang telah merilis beberapa album band-band blackmetal. Wawancara lain adalah dengan DEADLY WEAPON, band grindcore asal Jogja. Dan ada pula interview dengan KNOCKDOWN, band toughguy beatdwon hardcore asal Jogja baru saja merilis full length album perdananya. Obrolan lain adalah dengan SURI, sebuah band stonerrock asal Jakarta.

Selain rubrik interview, bagian lain adalah esai-esai yang diramaikan oleh beberapa tulisan baik dari editor maupun beberapa kontributornya. Esai "Istilah Cutting Edge" mengupas pengertian cutting edge itu sendiri mulai dari terminologinya hingga sejarah perkembangannya sampai saat ini. Sedangkan esai "Zine: Sebuah media Alternatif sebagai Sarana Kebebasan untuk Menulis" yang ditulis oleh Menus ini membahas zine sebagai sebuah media yang 'tidak umum' yang digunakan sebagai sebuah saluran untuk menyampaikan apa saja dalam bentuk tulis, dan tentunya gambar. Esai selanjutnya "Bertahan dengan Straightedge" adalah sebuah tulisan mengenai bagaimana seseorang yang telah mengklaim diri sebagai Straightedgers sudah sepatutnya menjaga komitmen diri tersebut dengan tetap harus bertahan di tengah-tengah masyarakat yang beraneka-ragam.

Sebuah tulisan dari editor yang tidak kalah asyiknya berjudul "Crew di Scene Hardcore Klaten - Guyub Ludruk Crew" yang menceritakan dipilihnya nama 'Guyub Ludruk Crew' sebagai sebuah crew hardcore di Klaten. Semoga nama bagus tersebut akan membawa dampak yang baik juga bagi perkembangan scene di sana. Hehe! Selain esai tersebut, editor juga menulis esai "Eksistensi sebagai Sebuah Pencapaian" yang memandang sebuah eksistensi sebagai suatu hasil kerja keras (dalam konteks scene) yang dilakukan secara ikhlas tanpa paksaan untuk membawa scene dan individu-individu di dalamnya lebih baik lagi.

Di bagian lai halaman zine ini tidak lupa ada profil beberapa band seperti: KIDS EAT SHIT (punkrock/skatepunk, Klaten), xDEDICATIONx (hardcore, Jogja), BANKERAY (thrashmetal, Surakarta), dan KEKUATAN SUPER (trash/fast hcpunk, Sukoharjo).

Bagian akhir halaman zine ini dilengkapi oleh review rilisan yang cukup banyak dan bervariatif.

Secara umum, Fantasi Liar #2 terlihat sangat mengalami kemajuan dibandigkan edisi perdananya, baik dari segi tulisan, maupun layout-nya. Edisi #2 dibuat versi cetaknya. Namun si editor juga menyebarkan versi PDF-nya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan yang printed version, silakan kontak langsung editornya.

Kontak:
xfantasikux@yahoo.com
Twitter
Facebook




betterday zine | januari 2012 | betterdayzine.blogspot.com
el-vegano.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template