Sabtu, 17 Desember 2011

What Smoking Does to Your Body


Kalau kamu pikir merokok ketika sedang hangout adalah kebiasaan yang tidak berbahaya, PIKIRKAN KEMBALI.

Rata-rata rokok habis dalam 10 hisapan atau dalam lima menit. Dan itu adalah lima menit yang penuh malapetaka di mana 4.000 racun menyusup masuk ke organ-orgamu.


0 sampai 10 detik
Ketika kamu mengambil hisapan pertama kali, asap melewati mulutmu, meninggalkan sebuah lapisan coklat putih samar di gigi. Gas beracun seperti formaldehida dan amonia segera membuat sistem kekebalan tubuhmu waspada, menyebabkan peradangan allover.

Setelah sampai di tenggorokan, asap rokok memperlambat silia-mu, para penyapu kecil yang bekerja untuk membersihkan sistem pernapasanmu dari lendir dan serangan partikel-partikel. Sementara itu, nikotin yang terangkat ke udara melewati langsung ke dalam aliran darahmu melalui jutaan kapiler di paru-paru.

Tubuhmu mendapatkan pukulan kuat ketika nikotin menghajar kelenjar adrenalinmu, memicu tumpahnya adrenalin yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Jantungmu tidak mampu untuk rileks sepenuhnya di antara dentuman-dentuman tersebut, dan kamu sekarang berada pada risiko lebih tinggi untuk mengalami stroke.

Pada saat yang sama, karbon monoksida (komponen beracun juga ada pada di knalpot mobil) dari asap mulai muncul dalam darah, membatasi kemampuan tubuhmu untuk mengangkut oksigen ke organ-organ penting.

Melalui aliran darah, nikotin menghantam otakmu, di mana sel-sel saraf tertentu merespon dengan membiarkan longgar aliran yang deras dari dopamin neurotransmitter ‘merasa-nyaman’.


Setelah 5 Menit
Bersamaan dengan menurunnya tingkat dopamin ke level normal, badanmu merasa ingin sesuatu yang tinggi – bahkan ketika kamu tidak menyadarinya. Apabila kamu menyerah pada keinginan kuat itu, otakmu akan tersangkut dan kamu akan terjungkal pada sebuah keadaan menarik diri apabila kamu sedang mencoba berhenti merokok (beberapa ahli berpendapat bahwa nikotin bisa menjadi se-adiktif heroin).

Asap rokok sudah hilang, tetapi badanmu baru akan membersihkan racun-racun tersebut untuk sekitar enam atau delapan jam berikutnya.


Selamanya
Hadiah perpisahan dari rokok: tar coklat yang lengket di paru-parumu.


Sumber: WomensHealthMag



betterday zine | desember 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template