Selasa, 27 Desember 2011

Vegetarian dan Pertemanan


Berbagai pertanyaan sering muncul ketika kamu memulai melakukan hal yang benar-benar baru (belum pernah kamu lakukan sebelumnya). Seperti ketika kamu yang sebelumnya tidak pernah menyapu di rumah, tiba-tiba sering menyapu atau malah sekaligus menyirami tanaman, dan itu dilakukan hampir setiap hari. Pasti akan memunculkan pertanyaan semacam, “Tumben nyapu rumah?” atau “Wah rajin nih sekarang, nyiram taneman!” Pertanyaan-pertanyaan seperti itu kerap kali muncul ketika kita memulai melakukan hal baru dan diketahui oleh orang-orang yang juga mengetahui kebiasaan-kebiasaan kita sebelumnya.

Begitu juga dengan menjadi Vegetarian (termasuk juga strict Vegetarian atau Vegan). Dari yang sebelumnya kamu yang pemakan daging sering bahkan hampir setiap makan di warung atau restoran bareng teman-teman selalu memesan menu yang mengandung daging seperti ayam goreng, sate ayam/sapi, sup ayam, soto ayam/sapi, bakso, mie ayam, dan sebagainya, kemudian kamu jadi tidak pernah memesan menu-menu yang mengandung unsur hewani sama sekali karena kamu mulai mengadopsi prinsip Vegetarian. Hal tersebut pasti akan mengundang rasa ingin tahu dari temen-temen kamu dengan beberapa pertanyaan seperti, “Kenapa kamu nggak pesen yang kaya biasanya?“, “Kamu lagi sakit ya?“, atau “Kamu lagi diet ya?“.

Teman-teman kamu pastilah heran, kenapa kamu yang mungkin dulu doyan banget dengan yang namanya makanan mengandung daging, tapi setelah memutuskan untuk bervegetarian/bervegan menjadi tidak ikut memesan menu yang seperti dahulu, dan menggantinya dengan menu seperti nasi pecel, lotek, atau gado-gado. Kemudian setelah kamu menjelaskan kepada mereka kalau kamu memutuskan untuk menjalani gaya hidup Vegetarian/Vegan, biasanya malah akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru lagi. Seperti misalnya,“Ngapain sih ngejalanin gaya hidup kaya gitu?“, atau yang lebih ekstrim “Ih, cari penyakit aja sih kamu pake jadi Vegetarian/vegan segala!“. Sedih kan? Hehe!

Nah, disitulah kamu sebagai seseorang yang memulai untuk menjalankan gaya hidup baru (Vegetarian/Vegan) sebaiknya menjelaskan kepada mereka bahwa jalan ini sudah kamu pikirkan secara matang sebelum kamu memutuskan untuk mengadopsinya. Dan dengan penjelasan yang masuk akal dan komunikatif, pastilah mereka akan akan tetap menerima kamu dengan prinsip hidup barumu sebagai seorang teman yang bervegetarian/bervegan.

Selain itu menjadi Vegetarian/Vegan adalah sebuah bentuk pilihan independen pribadi. Sehingga walaupun kamu mempunyai temen-temen akrab yang merupakan temen hang out, dan mereka semua bukan Vegetarian/Vegan, hal itu sama sekali bukan masalah/hambatan. Teman adalah tetap teman, kelompok adalah tetap kelompok, dan pilihan pribadi tetap milikmu pribadi. Sebagai teman (sejati), mereka tidak akan meninggalkanmu hanya karena kamu menjadi Vegetarian/Vegan. Tetapi setelah kamu menjadi Vegetarian/Vegan juga bukan berarti mengeksklusifkan diri dengan menempatkan kamu seolah-olah lebih dari mereka. Kamu akan terkucil apabila berpikir seperti itu. Namun di sisi lain jangan pernah merasa minder dengan memutuskan diri menjadi Vegetarian/Vegan. Harus 'pede' dan terbuka, sehingga kamu tetap bisa menjaga komitmen dirimu dan bisa masuk di kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda dengan prinsip Vegan/Vegetarian.

Manusia adalah makhluk sosial, jadi mau tidak mau kita semua tetep berhubungan dengan orang lain yang beraneka-ragam, dari yang sesama Vegetarian/Vegan, orang awam yang pemakan daging, bahkan yang anti terhadap gaya hidup Vegetarian/Vegan. Masing-masing mempunyai pilihannya masing-masing dalam menjalani hidup, jadi biarkan saja aja perbedaan itu eksis, selama nggak mengganggu privacy masing-masing semuanya tidak masalah. Hubungan pertemanan adalah sangat penting, dan pilihan individu pun tidak kalah pentingnya karena menyangkut hak masing-masing orang untuk menentukan apa yang ingin dilakukan dalam rangka memuaskan diri pribadi secara independen, dan itu tidak menjadi masalah selama tidak mengganggu hak orang lain. So, keep Vegetarian / Vegan and still make friends! (El Vegano)

Dimuat di Betterday #9

betterday zine | desember 2011 | betterdayzine.blogspot.com
el-vegano.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template