Minggu, 11 Desember 2011

Kesadaran dan Kebanggaan


Memutuskan untuk menjadi sesuatu adalah hak mutlak tiap individu. Banyak sekali pilihan hidup untuk dijalani, selama itu tidak merugikan orang lain, why not? Begitu pula ketika seseorang memilih untuk menjalani pilihan hidup seperti punk, skinhead, hardcore, feminis, ateis, agamis, Vegan, Straightedge, komunis, dan sebagainya. Semua mempunyai pertanggungjawaban masing-masing.

Di sini akan dibicarakan sebuah pilihan seseorang untuk menjadi Vegan-Straightedge. Ketika seseorang memutuskan untuk menjalani gaya hidup Vegan-Straightedge, berarti orang tersebut mempunyai komitmen baru untuk menjalankannya dengan penuh tanggung jawab, karena dia mengambil pilihan tersebut dengan penuh kesadaran. Hal ini terlepas dari seorang posser yang hanya ikut-ikutan mengklaim menganut sesuatu, dan sering bergonta-ganti pendirian, mulai dari jenis musik yang dimainkan hingga paham yang ia anut. Orang jenis ini tidak masuk hitungan. Walaupun itu adalah haknya, tetapi kehidupan seorang posser tidak perlu dibahas. Hehe!

Seorang Vegan-Straightedge akan menjalani hidupnya dengan menghindari hal-hal yang dianggapnya sebagai sebuah kesalahan apabila dilakukannya, seperti merokok, minum alkohol, konsumsi narkoba, hingga memakan daging (dan tentunya semua produk hewani lainnya). Penganut Vegan-Straightedge sejati akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghormati apa yang telah ia pilih, dan mencari segala informasi yang penting untuk mendukung prinsip hidupnya.

Semua hal itu dilakukan tanpa adanya paksaan. Mengapa? Karena ia memilih dan menjalani gaya hidup ini dengan penuh kesadaran. Ia sadar bahwa ia memilih menjadi Vegan-Straightedge dengan berbagai kebaikan yang akan diperolehnya. Ia sadar dengan mengklaim dan menjadi Straightedge, ia akan terhindar dari zat-zat yang merusak tubuhnya, sedikit banyak ikut andil dalam menekan polusi udara karena asap rokok, dan sekaligus berkontribusi untuk mempromosikan pola hidup sehat ini. Dengan mengklaim dan memilih menjadi Vegan, ia sadar bahwa manusia tidak bisa egois dengan membantai hewan demi kepentingan perut semata. Masih banyak sekali sumber dan bahan makanan di bumi ini yang bisa dimanfaatkan untuk dimakan tanpa melibatkan pembunuhan. Dan lagi, dengan segala kesadaran yang ada, segala produk daging itu sebenarnya tidak sehat secara ilmiah. Jadi setelah ia menjadi Straightedge dan kemudian Vegan, berarti dia sedang mencoba menyelamatkan dirinya dan sekalgius kehidupan lain yang bisa merasakan sakit serta juga bumi ini dari polusi udara karena asap rokok, dan dari segala limbah dari peternakan serta tempat penjagalan hewan yang berarti ikut andil dalam meminimalisir global warming.

Sebuah modal di atas sudah menjadi kunci utama dalam menjalani sebuah pola hidup, khusunya Vegan-Straightedge. Karena tanpa adanya kesadaran, maka kita hanya akan setengah-setengah dalam menjalaninya, dan mudah terombang-ambing oleh lingkungan. Dengan kesadaran yang tinggi kita bisa menjalaninya dengan lebih bebas tanpa tekanan dan lebih bertanggung jawab. Hal tersebut adalah dengan pertimbangan segala referensi yang telah kita dapat, bukan karena faktor teman di mana kita hanya akan ikut-ikutan. Dengan kkesadaran yang matang, kita tidak akan terpengaruh oleh orang lain, bahkan teman kita sendiri, dalam menjalani pola hidup Vegan-Straightedge.

Modal lainnya adalah kebanggan atau pride. Kesadaran dan dilengkapi dengan kebanggaan terhadap apa yang kita pilih akan menjadi sepasang kunci kuat bagi kita dalam menjalani gaya hidup Vegan-Straightedge yang kita pilih. Ketika kita telah sadar untuk memilihnya, maka akan menumbuhkan rasa bangga terhadap apa yang kita pilih tersebut. Karena kebanggan kita sebelumnya telah didasari oleh kesadaran dalam menjalaninya, maka kita akan menunjukkan dan mewujudkan kebanggan tersebut dengan semakin kuat dalam memegang apa yang telah kita pilih, yaitu Vegan-Straightedge. Dan dengan kebanggan itu pula, kita tanpa ragu tidak perlu malu apabila orang lain mengetahui bawha kamu/saya adalah penganut Vegan-Straightedge. Apakah itu sebuah kesalahan? Nope, at all! Karena rasa bangga tersebut TIDAK DIBARENGI dengan sikap ofensif dan pemaksaan kepada orang lain untuk menjadi sama dengan apa yang kita pilih. Setiap pilihan tanpa merugikan pihak lain adalah hak setiap individu. Ketika kita melampaui level pribadi dan masuk ke level sosial dengan mengganggu hak orang lain, hal tersebut barulah masalah. Rasa bangga yang kita pegang (dan dengan kesadaran tinggi yang kita punya) malah akan memposisikan kita dalam sebuah oposisi dari kekerasan, dan bahkan bisa memberi contoh yang baik bagaimana paham Vegan-Straightedge dijalani dengan penuh kebanggan tetapi TANPA bentuk fasisme dengan menegasikan yang lain. Karena kesadaran dan kebanggan yang kita pegang tersebut merupakan sepasang modal kuat bagi kita untuk menjalani apa yang kamu anggap benar dengan penuh tanggung jawab, true-till-death, dan tentunya tetap menjaga toleransi. (El Vegano)

Dimuat di Betterday #13


betterday zine | desember 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template