Kamis, 15 Desember 2011

Hardcore Doesn't Count Your Fashion


Tulisan ini terinspirasi dari status FB Aca ‘STRAIGHT ANSWER’ beberapa waktu lalu. Beberapa hari lalu Aca membuat status kira-kira seperti ini, “My Vans shoes are not original, my Levi's jeans are fake, you got problems with that?”. Di situ banyak sekali yang memberi ‘like’ dan berkomentar positif pada status tersebut, termasuk penulis tentunya. Hehe! Dari situ tergelitik untuk membuat sebuah esai ringan ini.

Sebagai sebuah subkultur, hardcore demikian pula sempalan-sempalan non-mainstream yang lain, juga mempunyai ciri khas dalam segi fashion atau gaya busananya dan aksesoris tertentu. Fashion / aksesoris di hardcore ini diartikan sederhana saja, yaitu sebagai gaya busana yang banyak dipakai oleh band-band hardcore dengan eranya masing-masing (terutama yang di Amerika) yang kemudian diadopsi oleh banyak hardcore kids di belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Menyukai dan nyemplung di sebuah subkultur tentunya akan mendapatkan beberapa influens dari apa saja yang ada di dalamnya, dalam hal ini scene hardcore. Seperti beberapa pola pikir yang sebelumnya jarang terdengar di ranah awam (terutama di Indonesia) seperti Straightedge, Vegan, Anarchopunk, Agnosticism, Ateism, Satanism, Krishnacore, Taqwacore, dan selain itu juga pola berbusana alias fashion tertentu yang dibawa oleh band-band luar.

Fashion / aksesoris yang seperti apakah? Secara sederhana saja, seperti topi merk tertentu, sepatu (Vans, NewBalance, Adidas, Puma, hingga merk sepatu yang mengklaim Vegan seperti Macbeth serta beberapa merk sepatu lain yang membuat versi Vegan), celana pendek merk tertentu, kaos band luar dengan produsen tertentu, jam tangan Straightedge (X watch), dan masih banyak lagi.

Apakah salah untuk mendapatkan barang-barang tersebut? Tentu tidak salah sama sekali. Selama kamu memang menyukai hal-hal tersebut dan tidak memaksakan diri, semua itu hak masing-masing pribadi. Bahkan ketika kamu memaksakan diri pun itu hakmu untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Di sini bukan membahas itu, namun lebih ke beberapa (tidak banyak) pola pikir hc kids yang selalu mempermasalahkan apakah barang-barang fashion dan aksesoris tersebut asli atau tidak. Dan sering menjadi perdebatan di anatara mereka sendiri. Kadangkala ini membuat kuping capek. Hehe!

Derasnya arus informasi seputar scene hardcore di luar negeri yang masuk ke tanah air mendorong hc kids di sini dengan leluasa membuat pilihan-pilihannya yang berhubungan dengan hardcore termasuk beberapa gaya busana tertentu. Dan di antara mereka ada yang mengoleksi kaos band-band hc luar dengan versi asli. Tidak berhenti di situ, banyak pula yang mengoleksi aksesoris fashion lain seperti sepatu, celana, topi, dsb mengikuti yang sering dipakai oleh band-band hardcore luar.

Hal tersebut tentunya tidak jadi masalah ketika mereka memang menyukainya dan enjoy dengan apa yang mereka lakukan. Namun ada pula hc kids lain yang juga membeli barang-barang di atas namun dengan versi yang tidak asli, mungkin yang KW atau bajakan. Apakah ini masalah? TENTU TIDAK. Masing-masing mempunyai kemampuannya sendiri-sendiri. Ketika kamu mampu beli yang asli, silakan saja. Kalau tidak, jangan memaksakan diri. Dan pilihan membeli yang asli ataupun KW pun bukan ukuran apakah se-hardcore apakah kamu. Lagiupula percuma juga semisal membeli barang fashion asli tapi untuk urusan beli CD band saja cari download-an di internet. Haha! Term ‘hardcore’ sendiri awalnya adalah ‘musik’ yang sekaligus membawa sederetan ‘attitude’ tertentu, bukan gaya busana atau fashion. Jadi mau beli di manapun, versi apapun, dan dengan gaya apapun dirimu, itu tidak pernah menjadi faktor yang menentukan apakah seseorang tersebut hardore atau tidak. And if I don’t wear the original ones, so fucking what? (El Vegano)


betterday zine | desember 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template