Senin, 07 November 2011

Interview dengan Keith of CAUSE FOR ALARM


Keith Burkhardt adalah vokalis salah satu band NYHC, CAUSE FOR ALARM. Berawal di New Jersey bernama Hinkley Fan Club, di awal tahun 1983 mereka pindah ke NYC dan berganti nama menjadi Cause For Alarm. Dengan line-up awal Keith Burkhardt (vokal), Rob Kabula (bass), dan Alex Kinon (gitar), serta Dave Jones di drum (bermain juga di AGNOSTIC FRONT 1983). Kemudian Dave digantikan oleh Louie Beatto. Merilis debut pertama nya: 7" vinyl (Cause For Alarm, 1983), Split w/ Agnostic Front (Relativity Records/Combat Records, 1984); 10" split w/ Warzone (Victory Rec, 1995); Cheaters and the Cheated (Victory, 1997); Birth After Birth double 7" (Victory,1997); Beneath the Wheel (Victory, 1998).

Febriana (F): Hi Keith, apa kabar akhir-akhir ini?
Keith (K):
Sangat baik, baru aja pindah ke Florida, tepatnya Jupiter area, udah ga tahan sama winter-nya NYC, geez!

F: Siapa aja influens yg udah menginspirasi kamu?
K: Agak sulit sih ya, terlalu banyak kalau untuk influens, ini agak aneh tapi ya boleh bilang David Bowie, haha! Sebenarnya saya dibesarkan di sebuah kota yang sangat konvensional di New Jersey (Nutley) dan menjadi skater / surfer di sana era 70an, dan sebenarnya agak sedikit stuck dengan musik yang ada waktu itu (karena punk yang sudah nempel di hati dan pikiran, hahaha), mulai mendengarkan Bowie sejak umur 12, dan membawa perspektif baru ke dalam hidup saya dan akhirnya membimbing saya untuk mulai menyukai musik punk itu lewat Iggy Pop-nya, bahkan saya pernah melihat Bowie di Broadway bermain drama "The Elephant Man" kira-kira tahun 1979. Setelah Bowie, influens besar berikutnya adalah HDG Srila Prabhupada, dikenalkan melalui John Joseph (CRO-MAGS) dan ini sangat mengubah hidup saya yang terbaik dengan cara yang hebat.

F: Lagu favorit dari seluruh album CFA?
K: Mmmhhh, favorit yah, yang mana ya.. Oh ya, paling suka yang "Future War" karena ditulis setelah saya melihat film "Gatica", film ini tentang kepolisian negara utama, saya juga akan bilang "United Races" sebagai favorit, saya menulis lagu itu setelah mendengar tentang "Gay-Bashing" di NYC dan penghinaan total saya untuk kebencian berdasarkan atas ras manusia, agama, dan jenis kelamin. Karena kita semua datang dari "Satu Sumber", namun itu adalah kekuatan yang akan mencerai-beraikan dan membeda-bedakan antar sesama manusia, kehidupan manusia itu sangat mulia, keajaiban, maka dari itu kita harus menerima dan berbagi dalam kesatuan yang universal.

F: Bagaimana scene musik HC di sana sekarang? Dan bagaimana opini kamu tentang band HC yang sudah ada lama?
K: sejujurnya saya kurang tahu lagi, tapi banyak sih band lama yang mulai main lagi.

F: Gimana dengan CFA sendiri? Masih ada gak? Hahaha!
K: CFA udah bubar, resminya tahun 1999, setelah mulai lagi tahun 1994, kami main banyak di beberapa gigs dan tur lokal kecil tahun 2004, dan wow, ketika kita mulai main lagi tahun 1994 itu benar benar terasa aneh karena tahun 1984 terakhir saya bermain bersama CFA dan seperti udah beberapa juta lalu lamanya. Dan sekarang, era 81-84 udah seperti sejarah kuno, hahahahaha!

F: Jadi, tahun 1994 itu reuni ceritanya?
K: Nggak, bukan reuni, sebenarnya tahun itu buat menyelesaikan apa yang kita mulai dari tahun 1982, jadi ketika saya memulai sebagai devotee dari Hare Krishna itu saya berfikir untuk menyudahi musik/band itu sendiri, dan pada waktu tertentu akhirnya timbul penyesalan dan mulai untuk mengambil keputusan buat start di band lagi dan menyelesaikan materi band yang tertunda di tahun 1984 dan belum sempat dirilis yang sekarang di album "Cheaters and the Cheated". Awalnya Tony (Victory Records) tertarik dan hanya ingin merilis "the original 7" vinyl", saya mengirim demo yang baru tapi tetap saja dia kurang tertarik, dan ironisnya adalah ketika waktu ada gigs di Connecticut bareng 108, dia menelfon saya dan berkata kalau banyak yang menanyakan kapan kita mau merilis sesuatu yang baru lagi. Damn, hahaha!

F: Hahaha gitu ya.. Ok, sekarang pendapat kamu tentang Straightedge atau Vegan itu gimana?
K:
Sebenarnya itu semua baik, kalau memang dilakukan dengan keinginan dan sepenuh hati. Sejujurnya saya benci rumah pemotongan hewan, tapi tetap berfikir kalau (siapapun, red) makan hewan itu ya sah-sah aja, kenapa nggak? Itu pilihan, saya tidak akan mengomentari lebih banyak lagi karena saya tidak mau mempengaruhi siapapun untuk menjadi seorang Vegan dan yaah saya ngga tau juga kalau banyak Vegan di luar sana yang tidak setuju dengan opini saya ini. Suka-suka lah..

F: Saya setuju sama pendapat kamu itu adalah pilihan hidup. Ok, trus balik lagi ke CFA, ada kepikiran buat main lagi gak? (ngarep.com) Hehe!
K:
Nggak sih, tapi gatau ya masih ada aja kepikiran buat bikin materi baru, soalnya saya sedang senang-senangnya nulis lagi (baca: bikin lirik lagu, red).

F: Yah, kenapa nggak? Banyak loh di luar sana yang pengen banget CFA main lagi. Oh ya, terus seandainya kalau nggak main hardcore atau punk kira kira mau bikin band kaya gimana?
K: Covering THE SMITHS! Hahahahahhaha!

F: Haaaaaa! 60% udah bisa ketebak, hehehe! Ok, sekarang ceritain hobi kamu di luar musik, tadi kan cerita kalo katanya dulu jadi skater-boy era 70an nih sama main surf, hehehehe!
K: Saya suka surf, kalau skate udah nggak lagi, sekarang lagi suka main golf. Iya golf!! Hahaha! Saya dan bassist CFA (Rob Kabula) suka main bareng, dan terkadang kangen juga buat mukulin pantatnya saat bermain golf, hahaha! Tapi berhubung sekarang tinggal di Florida, jadi kepingin lagi main dan mengalahkan dia kalau dia main ke sini.

F: Wah seru juga ya, trus kemarin kan bilang suka banget sama iklim tropis makanya pindah ke Florida. Ada kepikiran mau ke Inonesia, gak? Mataharinya gak kalah loh sama di Florida, hahahahaha!
K: Ada kepikiran sih buat kesana tapi datang bukan buat musik, tapi buat surfing dan tentunya kamu harus jadi guide dan masakin saya. Ah iya, kamu punya utang sama saya buat ajak saya makan Ketoprak, Gado-Gado, dan makan duren!

-Febriana (via Chat)

Thanx to Febriana for doing this interview.

Dimuat di Betterday zine #26


betterday zine | november 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template