Minggu, 23 Oktober 2011

Pilihan Berbuah Rengekan


Tiap orang memiliki hak untuk membuat sebuah pilihan hidupnya. Apapun itu. Kalaupun ada batasan, adalah hak orang lain. Jadi seseorang memang bebas untuk memilih apapun atau menjadi apapun selama tidak mengganggu hak orang lain.

Ketika Straightedge menjadi semakin besar dengan ditandai dengan semakin banyaknya penganut prinsip hidup ini, maka secara alamiah memunculkan pula 'semacam' ide-ide tandingan untuk merongrong ataupun sekadar mengejeknya. Tentunya ini juga merupakan hak tiap orang untuk mengemukakan idenya, selama ia tidak memaksakan apa yang ia pilih dan tidak mengganggu orang lain.

Demikian pula ketika ada segelintir orang yang mengejek Straightedgers dengan menyodorkan minuman beralkohol ataupun sekadar cemoohan seputar “Straightedge cemen ngga berani minum”, tentunya ini sebuah ide yang ada di otaknya. Silakan saja, selama itu masih berbentuk ide. Dan apabila sedikit ada senggolan kepadanya, argumen yang keluar dari mulutnya biasanya “Bebaassss! Aku bebas buat ngelakuin apa aja!”. Sounds so 'toughguy', isn’t it? Hehe!

Iya, pilihannya untuk berargumen “Bebas!” dan tetap menenggak alkohol memang benar-benar sebagai sebuah bentuk pilihannya yang bebas. Namun tentunya tidak ada kebebasan yang mutlak. Sebagai contoh: naik motor saja masih pakai helm, atau seseorang yang masih mengurus perpanjangan KTP/SIM. Ini tentunya bukan sebuah bentuk kebebasan mutlak yang bisa digembar-gemborkan. Ya kan?

Balik ke masalah alkohol, siapapun tentunya berhak untuk mengonsumsi alkohol (minuman keras). Mau yang merk apapun dan berapapun kadar alkoholnya (selama legal beredar di Indonesia), itu terserah si konsumen. Bebaaass! Ya kan? Hehe! Namun ketika di kemudian hari mendapatkan serangan telak penyakit kronis akibat dari pengonsumsian alkohol tersebut, jangan merengek. Karena itu HANYALAH sebuah AKIBAT dari apa yang kamu pilih (dengan argumen ‘bebaaas’nya) sebelumnya. Jadi dinikmati saja. Akan terlihat pathetic sekali ketika seseorang merengek karena pilihannya sendiri. Agree? Dan ketika orang tersebut (ternyata) meninggal akibat alkohol yang terlalu banyak dikonsumsinya, kita pun akhirnya berhak untuk berkata “Biarin aja, bebaaas!! Itu kan sudah pilihannya sendiri!”. Peace out. (El Vegano)

"NO CONDOLENCES TO PEOPLE WHO DIE BY OVERDOSE"
(El Vegano PNMA)

Dimuat di Betterday #26


betterday zine | oktober 2011 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template