Selasa, 23 Agustus 2011

Bill Clinton Lebih Sehat Tanpa Daging


Dulu, orang berpunya bisa membeli dan makan apa saja yang diinginkannya. Kini, kesehatan menjadi prioritas utama sehingga urusan makan pun disesuaikan demi menjaga kesehatan. Hal tersebut juga dilakoni mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Setahun sejak menderita serangan jantung ia memilih mulai menjalani pola makan Vegan.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Clinton mengatakan kini ia hampir menjadi Vegan. Sejak perayaan Thanksgiving tahun lalu ia hanya memakan sepotong daging kalkun.

Pelaku Vegan sama sekali tidak mengonsumsi sumber pangan hewani, termasuk susu, telur, dan madu. Adapun pelaku Vegetarian masih ada yang mengonsumsi susu dan atau telur.

Dr.Dean Ornish, peneliti senior dalam bahan pangan nabati mengungkapkan, ia bertemu Clinton pasca tindakan angioplasti untuk jantungnya tahun lalu dan menyarankan bekas orang nomor satu di AS itu untuk melakukan perubahan gaya hidup yang radikal untuk meningkatkan status kesehatannya.

"Perubahan yang moderat tidak cukup untuk mencegahnya dari terkena serangan jantung lagi. Dalam penelitian yang saya lakukan pola makan berbasis nabati bisa meningkatkan kondisi jantung. Dalam sebulan aliran darah ke jantung akan meningkat," kata peneliti senior di Universitas California, San Francisco.

Selama menjabat sebagai Presiden, Clinton terkenal akan kesukaannya menyantap hamburger, steak, kentang goreng, dan masih banyak lagi. Dalam sebuah perjalanan kampanye ia dilaporkan berhenti di sebuah toko dan memborong lusinan donat untuk dinikmati.

Sejak memulai pola makan Vegan ia mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga 10 kg dan mengaku lebih sehat. Perubahan pola makannya tersebut berjalan bertahap hampir dua dekade terutama setelah ia menjalani prosedur jantung dan atas saran dokter-dokternya.

Kini Clinton mengaku tidak lagi mengonsumsi daging, susu, telur, dan minyak. "Saya menyukai pola makan saat ini yang terdiri dari sayur, buah dan kacang-kacangan," katanya.

"Berbagai tes kesehatan akhir-akhir ini menunjukkan lemak darah saya sehat, tanda-tanda vital juga dalam kondisi baik dan saya merasa lebih berenergi," katan pria yang kini sibuk mempromosikan olahraga dan bekal makan sehat untuk anak sekolah bersama dengan yayasannya dan asosiasi jantung Amerika.

Ada banyak alasan mengapa mengurangi asupan lemak jenuh yang berasal dari daging hewan akan mencegah penyakit kronik seperti kanker, obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Dalam sebuah riset tahun 2008 ditemukan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan, akan meningkatkan telomerase, enzim yang memperpanjang telomer. Telomer adalah bagian ujung dari kromosom kita yang menentukan panjang pendeknya usia. Dengan kata lain, melakoni pola hidup Vegan akan berpengaruh pada gen-gen dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan pelaku Vegan lebih gampang menurunkan berat badan dibanding dengan diet rendah lemak konvensional. Selain itu penderita diabetes yang menjalankan pola hidup vegan juga bisa mengambil keuntungan gula darah lebih stabil serta kolesterol rendah.

Bill Clinton sudah menyadari keutungan-keuntungan untuk meninggalkan daging sama sekali yang sesuai dengan kebutuhan kondisi badannya dan didorong pula oleh dokternya. Bahkan ia memulai untuk bervegan. Bagaimana dengan anda?

Referensi: CNN
& Kompas.com

betterday zine | agustus 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template