Kamis, 09 Juni 2011

Interview dengan xWhisnux 'WETHEPEOPLE!'


Kali ini Betterday berkesempatan mewawancarai xWhisnux, pengelola Wethepeople webzine (wethepeople-hxc.blogspot.com) yang juga sekaligus bassist WETHEPOPLE dan mulai aktif sebagai vokalis di MORALLY STRAIGHT, keduanya band oldschool asal Bandung. Wethepople webzine adalah semacam blog yang banyak men-share rilisan-rilisan band-band lokal beraliran hardcore, punk, metal, dan musik underground lainnya. Orangnya yang dan asik diajakin ngobrol ataupun bertukar pikiran. Langsung cek aja yess..


BD: Hey ho, Whisnu.. Apa kabar nih? Terimakasih sebelumnya karena berkenan diwawancara Betterday.. Hahayy! Tolong perkenalkan jati diri kamu (
istilahnya, hehe! -red), dan beberapa informasi yang mungkin mau dibagikan kepada para pembaca Betterday..
xWhisnux:
Saya sehat-sehat saja mas Nanu. Terima kasih juga mas, buat Betterday yang telah meluangkan waktunya untuk membuat questionlist. Respect! Hehe! Saya xWhisnux, volunteer di wethepeople-hxc.blogspot.com, maen bass di WETHEPEOPLE!, animal keeper di KINGKONG HARDCORE, kadang juga teriak-teriak di MORALLY STRAIGHT. Saya seorang Vegetarian Straightedge, dan late graduate. Yang ini jangan ditiru! Saking nggak tau lagi mau ngomong apa. Haha! Apa lagi, ya? Mungkin itu sudah cukup.

BD: Sebelum ngobrol-ngobrol lebih jauh, tolong jelasin sedikit mengenai keberadaan blog Wethepople (WTP!), mulai dari sejarah, siapa aja yang ada di dalamnya, dan visi-misinya kalo ada..
xWhisnux: Blog Wethepoeple! (WTP!) adalah sebuah blog sederhana yang dibuat secara tidak sengaja, saya sendiri lupa kapan blog ini terbentuk. Mungkin sekitar tahun 2007-2008 kalau saya tidak salah. Berawal dari iseng membuat newsletter di tahun 2004, yang hanya terbit dalam beberapa nomor. Kemudian teman saya (Aziz, vokalis WTP!), memutuskan untuk membuat blog WTP!. Pertama terbentuk memang ingin format seperti webzine lainnya, yang banyak menghadirkan informasi-informasi seputar pergerakan bawah tanah. Namun, lama-kelamaan karena keterbatasan waktu dari Aziz karena kesibukkannya di pekerjaan, maka blog WTP! beralih tangan kepada saya. Setelah beralih tangan, saya mencoba membuat blog WTP! “hidup lagi” dengan konsep seperti saat ini. Orang-orang yang berada di balik blog ini hanya personil WETHEPEOPLE! sendiri , berjumlah 4 orang. Goal kami di blog WTP! ini cukup sederhana, hanya ingin band-band yang berada di blog ini mendapat apresiasi dari pendengar karena mereka secara tidak langsung membuat ranah musik “tidak biasa” ini menjadi sesuatu yang indah. Sebelumnya memang blog ini diciptakan hanya untuk band-band hardcore, namun sejalan waktu kami tidak ingin menjadi fasis dan malah mempersempit ruang “musik” itu sendiri. Karena kita semua (punk, hardcore, metal, grind, dll) punya begitu banyak inspirasi dalam berkarya di luar dari yang kita mainkan. Jadilah kami yang pluralis seperti ini. Hehe! (Lengkap, padat, jelas. Maknyuss.. Hehe! Red)

BD: Kenapa dipilih nama yang sama dengan band kamu, Whis?
xWhisnux: Nama WTP! sendiri juga diambil tidak sengaja. Karena ingin saja! Haha.. Karena blog ini yang membuat adalah orang-orang yang berada dalam sebuah band, maka kami memakai nama band kami sendiri (WTP!) untuk lebih mudahnya. (Oohh begitu.. Baru ngerti nih. Hehe! Red)

BD: Tolong sebutin beberapa rilisan band yang udah di-share di blog WTP.. (Ngga harus semua. -Red)
xWhisnux: N4S “The City Of Nine Gates” (LP) 2010, WE RIDE “Directions” (LP) 2010, RICHARD’S BLACK HAT “Familyhood” (LP) 2009 (Limited Downloadable), GOVINDA SKY “Into The Ether” (Promo) 2011, DEADEDGE “Vengeance Falls” (EP) 2008 (Limited Downloadable). Untuk lengkapnya, kalian bisa langsung berkunjung ke blog kami. Free download and permitted!! Hehe!

BD: Apa aja syarat band yang ingin bisa dimuat dan dibantu share rilisannya di blog WTP?
xWhisnux: Nah, pertanyaan semacam ini yang banyak ditanyakan kepada kami. Sejujurnya, blog ini tidak memiliki syarat khusus jika ada band yang berminat untuk men-share karyanya. Dan kami juga tidak hanya mem-post lagu-lagu, terakhir kami mem-post sebuah komik karya Agung For Tomorrow. Alasannya karena kami menganggap bacaan, terutama komik yang notabene bacaan ringan seperti halnya koran, di luar sana sudah sedemikian mahal. Susah sekali menemukan makna dalam karya, saat semua menginginkan “harga” dalam karyanya. Tapi, dari awal berdiri, blog ini lebih mengutamakan band-band teman dekat dan band-band yang kami (WTP! team) sukai saja Ya, memang agak sedikit seperti “Orde Baru”. Dan kami tidak peduli! Karena kami ingin motivasi “makna” sesungguhnya dalam karya band-band yang masuk. Minimal kami tahu orangnya, jadi kami (WTP! team) bisa menilai setidaknya musik mereka memiliki makna dan tidak hanya ingin ketenaran instan. Dan satu hal yang pasti, blog kami juga TIDAK menjanjikan ketenaran bagi band yang men-share karyanya. Kami hanya media penyampai inspirasi dari band. Dan mudah-mudahan benar-benar tersampaikan. Semua materi di blog WTP! telah melndapat izin dari band yang bersangkutan. Jadi, buat band-band yang ingin men-share karyanya di blog kami, silakan kirim karya kalian ke: wethepeoplehardcore@yahoo.com. Mudah-mudahan kami bisa bantu men-share karya kalian. Bukannya sombong/angkuh/arogan. Sekali lagi, banyak pertimbangan yang kami buat untuk materi posting. Jadi, yang tidak dimuat harap maklum. Beginilah kami adanya. Hehe! (Siippp.. Semua punya aturan mainnya masing-masing. Yang penting selama bertanggungjawab dan selalu menyenangkan, sikaaat bleeehh!! Hehe! Red)

BD: Saya suka karakter semi-review di tiap postingan sharing rilisan di blog WTP. Memberikan gambaran yang cukup jelas terhadap band yang bersangkutan. Ide ini dari mana?
xWhisnux: Idenya juga lagi-lagi, tidak sengaja! Dari melihat sharing blog yang serupa, kami mencoba untuk lebih mengenalkan si bandnya. Kami tidak ingin melebihkan atau menjelekkan blog lainnya, tapi kami berusaha agar materi posting kami punya gambaran jelas. Jadi yang membaca juga punya info lebih sebelum memutuskan untuk men-download materi blognya.

BD: Pertanyaan agak personal nih.. Saya tahu kamu adalah penganut Straightedge. Apa makna Straightedge bagi kamu pribadi?
xWhsinux: Straightedge adalah pilihan politik individu. Komitmen sekali seumur hidup. Straightedge sebuah pergerakan yang harus tetap diperjuangkan bagi penganutnya. Namun, perjuangan di sini tidak harus menjadi fasis. Setiap orang punya pihan. Dan itu harus kita hargai. Saya memutuskan untuk menjadi seorang Straightedge dan itu pilihan saya. Orang boleh menilai saya seperti apapun, saya tidak peduli. Pilihan adalah pilihan yang akan tetap menjadi pilihan. Respect! Di sinilah makna kata respect itu benar-benar diuji. (Betul.. Pilihan individu atau internal yang otomatis berakibat secara politis ke luar alias eksternal. Saling menghargai, hidup berdampingan, dan selalu menjaganya. Red)

BD: Apa tanggapanmu seputar trend Straightedge yang sepertinya sedang menghinggapi scene hardcore?
xWhisnux: Bagus, dalam posisi mempropagandakan apa itu Straightedge. Buruknya, banyak di antara orang-orang di scene hardcore, apalagi yang baru mengenal Straightedge, memakai Straightedge untuk menjadi lebih “gaul”, “lebih hardcore”, dan faktor-faktor “ketenaran” lainnya. Ini yang bahaya kalau menurut saya, makna Straightedge menjadi bias dan hanya meninggalkan tren yang lambat laun akan ditinggalkan kembali oleh si “korban tren” tersebut.

BD: Resiko dari semakin menjamurnya Straightedge membuat paham ini menjadi semakin populer di kalangan yang lebih luas. Dan salah satu efek nyatanya adalah adanya beberapa produsen clothing 'mainstream' yang membuat merchandise seputar Straightedge (contoh: kaos, jam SxE, hingga tas SxE) secara massal dan tanpa kontrol sama sekali. Akhirnya banyak orang awam mempunyai akses untuk membeli kaos ataupun merchandise tersebut tanpa mengerti (apalagi memahami) maknanya. Bahkan beberapa teman sempet cerita di KickFest kemaren ada sebuah clothing yang menjual kaos Straightedge secara bebas. Jadi jangan kaget kalo ke depannya Straightedge akan menjadi semacam merk dagang juga. Hehe! Gimana pendapatmu?
xWhisnux: Di sinilah ke-bias-an makna Straightedge itu tergambar. Wuuiiidiiih! Bahasanya ngeri yah! Haha! (Ho’oh, ngeri. AKu sampe merinding disko nih. Haha! Red). Orang-orang hanya mengejar materi. Menjadikan Straightedge sebagai komoditas untuk memenuhi dompetnya. Ini dialami saya beberapa waktu lalu, biar buat sharing aja sekalian. Saya punya teman yang ingin membuat merch Straightedge, kebetulan dia adalah seorang owner salah satu clothing-line di Bandung. Yang salutnya, dia memberi saya rancangan gambar merch Straightedge yang akan dibuat dan memintanya untuk ditanggapi sebelum produksi karena dia tahu saya seorang Straightedger. Akhirnya, kami berdiskusi tentang bagaimana baiknya produksi merch Straightedge ini. Saya memberi masukan bahwa Straightedge tidak serendah itu bisa dengan mudah “dijadikan” merch. Banyak pertimbangan untuk itu. Akhirnya, merch itu urung dibuat. Dengan sangat menghargai “makna” Straightedge, setelah mereka tahu. Bukan karena saya mengintimidasi teman saya dengan sedemikian rupa, tetapi karena kami terbuka berdiskusi. Saya kira itu yang hilang di antara kita. Orang-orang terlalu sibuk dengan tren dengan mengorbankan arti dan makna. Di Bandung saja saya pernah menemukan penjual stiker propaganda Straightedge dengan sembarangan. Tidak ada beda dengan menjual stiker-stiker motor pinggir jalan. Miris. Memang Straightedge itu tidak eksklusif, tapi Straightedge juga tidak serendah itu untuk dijadikan komoditas tanpa makna. Pendapat saya sih, untuk clothing / produsen merch yang benar-benar concern dengan Straightedge tetap perjuangkan itu. Buat produsen merch Straightedge abal-abal, kalian SANGAT MENYEDIHKAN! TUTUP SAJA WARUNG KALIAN! Buat Straightedgers abal-abal, kalian LEBIH MENYEDIHKAN LAGI! KE LAUT SAJA SANA ! Haha! (Memang menyedihkan. Sepertinya ini terjadi di hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Sadar diri aja deh buat semua pihak.. Red)

BD: Bagaimana pula pendapatmu dengan sikap sellout beberapa orang bahkan dilakukan oleh beberapa ‘tokoh’ hardcore yang udah lama di scene?
xWhisnux: Semua keputusan berbuah konsekuensi logis. Bahasanyaa, mas Nanu nih! Hehe..! (Ngeriii!! Hahaha! Red). Jadi, sellout menurutku juga adalah sebuah keputusan yang patut kita respect. Di luar dari perasaan kecewa kita sebagai seseorang yang ‘pernah’ spreading message bersama atau tahu si orang tersebut. Mereka memilih meninggalkan apa yang dipilihnya dulu atau memilih gagal kalo bahasa Betterday-nya menjadi Straightedge adalah keputusan mereka, dan lagi saya tidak peduli. Selama mereka yang memutuskan untuk tidak lagi Straightedge tetap menghargai teman-teman yang tetap mempertahankan pilihannya dan tidak menjadi backstabber, tidak ada masalah buat saya. Mereka yang gagal, bukan kita. Ini adalah sebuah pelajaran agar kita bisa terus mempertahankan apa yang kita pilih. Untuk kasus sellout para “tokoh” hardcore, sama. Itu pilihan mereka. Buat saya, saya tetap menyukai musik atau karya mereka. Namun, sikap sellout mereka yang tidak perlu kita ikuti. (Hehe.. Jangan ikutin tindakan memalukannya. Hehehe!! Red)

BD: Kamu kan seorang Vegetarian. Kalo boleh tau, sejak kapan memutuskan menjadi Vegetarian? Apa alasannya?
xWhisnux: Ya, saya ‘masih Lacto-ovo Vegetarian. Saya memutuskan untuk jadi veggie di tahun 2004. Alasannya, karena saya tidak ingin melihat hewan disakiti. Saya suka hewan, walaupun ada beberapa hewan yang saya takuti, namun saya tidak membunuhnya. Takut bukan berarti harus membunuhnya. Dengan dasar tersebut saya berusaha untuk dapat lebih menghargai bentuk kehidupan yang lain.

BD: Eh iya, ngomong-ngomong kamu sekarang ngisi posisi vokal di MORALLY STRAIGHT, ya? Sejak kapan tuh? Kenapa dengan Rico (vokalis lama)?
xWhisnux: Lebih tepatnya, saya sedang membantu MORALLY STRAIGHT (MS). Saya sendiri tidak tahu persis posisi saya di band ini. Haha! (Mungkin posisi pengatur serangan. Haha! Red). Itung-itung bantu teman saja karena si MS sedang ditinggal vokalisnya, Rico. Saya hanya mengisi kekosongan di MS. Saya di MS sejak 2011, mas Nanu. (Ohhh begichu.. Hehe! Red)

BD: Gimana kabar MORALLY STRAIGHT sekarang? Apakah ada perubahan musik setelah kamu masuk?
xWhisnux: MORALLY STRAIGHT baik-baik saja mas Nanu. Mulai bermain kembali di gigs lokal. Saya kira sih masih sama, masih youth crew old school hardcore. Tapi, tidak tahu ke depannya akan seperti apa.

BD: Tolong sebutkan beberapa band favoritmu? Dan band apa aja yang ada di blog WTP yang recommended?
xWhisnux: Band-band yang saya sukai di antaranya: YOUTH OF TODAY, BETTER THAN A THOUSAND, SHELTER, IN MY EYES, BABY GOPAL, SNAPCASE, IGNITE, SUDHARSANA, 108, MANTRA, HOLDxTRUE, xTRUE NATUREx, xKINGDOMx, WALLS OF JERICHO, TO KILL, TRACES OF YOU, TRUST, HOMICIDE, BLIND TO SEE, UNDER 18, xMANUSIA BUATANx, TOE, SIGNAL HILL, THE EAMES ERA, dan REPLIKA. Kebanyakan sih old school hardcore dan krishnacore. Band-band yang recommended menurut saya di antaranya; N4S, SUSPECT, xMANUSIA BUATANx, RICHARD’S BLACK HAT, WE RIDE, ARMORED, dan GOVINDA SKY.

BD: Sebagai pengelola webzine, apakah keberadaan webzine penting di jaman teknologi maju ini? Bagaimana pula dengan kebaradaan zine konvensional? Perlukah membuat versi webzine-nya juga, atau mungkin PDF?
xWhisnux:
Untuk memperbanyak informasi masih penting menurut saya. Setiap webzine punya informasi yang ingin mereka bagi, jadi relatif penting untuk meng-update informasi terbaru. Keberadaan zine konvensional harus tetap ada. Saya sendiri lebih suka membaca zine atau bacaan lainnya versi cetak dibandingkan versi online atau PDF. Selain zine konvensional itu real collectable, bangga juga bisa ngumpulin zine. Seakan menjaga keutuhan sejarah scene yang sedang kita pijaki ini. Zine versi cetak harus tetap ada! (Setujuu.. Semua berjalan bersama. Btw, sampe sekarang Betterday malah belum pernah bikin versi PDF. Ketinggalan jaman. Haha! Red)

BD: Apa rencana ke depan bagi blog WTP? Ada rencana mau bikin kompilasi dari beberapa band yang ada di blog?
xWhisnux: Tetap sebisa mungkin mem-post materi blog yang bermanfaat. Ya, ada keinginan dari kami untuk bisa membuat semacam kompilasi band-band yang masuk di blog WTP! Itu sih baru rencana saja, mudah-mudahan ada waktu dan daya untuk mewujudkannya. Doakan saja! Hehe!

BD: Betterday tahun ini sudah memasuki tahun yang ke-10. Apa pendapatmu? Boleh dengan masukan juga tentunya. Biar bisa tetep menjaga eksistensi.. Hehe!
xWhisnux: Wah, selamat mas Nanu, tidak terasa Betterday sudah menginjak tahun ke-10. Jangan bosan untuk terus memberikan kita semua info-info seputar Vegan/Vegetarian Straightedge. Hehe! Anda adalah the next interview project buat blog WTP!. Hehe! Tetap semangat buat Betterday. Tetap memberikan informasi-informasi yang membuka pikiran kita. Tetap mempropagandakan Vegan/Vegetarian, karena Vegan/Veggie pemula butuh info yang banyak untuk memulai pilihannya. Dan para hewan butuh pengertian dari pembaca Betterday,.. harapannya. Hehe! Go Vegetarian! (Thanx semangatnya.. Hihi! Waduw, malah jadnyai ngebales nginterview nih.. Hehehe! Red)

BD: Kata-kata terakhir buat para pembaca?
xWhisnux: Buat para pembaca Betterday tetap berpikiran terbuka. Karena ini bukan doktrin bodoh macam “Si Putih”. Kalian bebas menentukan pilihan. Tapi, pikir matang-matang sebelum menentukan pilihan! Sebelum kalian dibuat malu oleh pilihan kalian sendiri. Semoga bermanfaat! Keep open minded and difference is beautiful!!

BD: Terima kasih atas waktunya ya.. Sukses terus buat blog WTP dan semuanya..
xWhisnux: Terima kasih juga mas Nanu, atas kesempatan blog WTP! masuk Betterday. It’s an honor doing this. Sukses juga buat Betterday dan band-band mas Nanu. Saking banyaknya,. Hehe! Peace out!

Dimuat di Betterday #25

Related:
www.wethepeople-hxc.blogspot.com

www.wtphc.bandcamp.com

Klik di gambar untuk ukuran yang lebih besar.


betterday zine | juni 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template