Jumat, 03 Juni 2011

Interview dengan BAKUHANTAM (Yogyakarta Brutal Beatdown Hardcore!)


Sebagaian besar dari kamu pasti sudah mengetahui band yang satu ini. Yups, BAKUHANTAM! Sebuah band beatdown hardcore asal Jogja yang sudah tidak asing lagi di telinga para hardcore kids. Jam terbang mereka tinggi, dan mereka juga baru saja merekam demo terbarunya. Hard music, nice persons! Check this out..

1. Hey ho.. Temen-temen BAKUHANTAM.. Apa kabar? Minta waktunya sedikit buat interview yaa.. Hehe! Thanx before..

Yusron: Alow juga kak Nanu yang budiman. Kabarnya baik-baik saja, semoga kak Nanu juga baik-baik saja. (Yess kak Yusron, ane baik-baik juga. Red)

Putro: Holla.. Sugeng sonten mas Nanu, hehehe! (Juoss Put, sugeng rawuh.. *salah*..Hehe! Red)

Anton: Halooooha. Apoo kabar juga mas Nanu? Sehat to? Jajaja.. (Sehat, Ton.. Red)

Sondonk: Whatzup bro.. Yeah! Halah.. Sae mas Nanu.. Monggo monggo.. Hehehe!


2. Tolong perkenalkan satu-persatu personil BAKUHANTAM, bisa mulai dari nama (nama lengkap juga juoss!), posisi di band, hobi, status, dll. Hahayy!!

Yusron: Nama saya Yusron Faujhi. Biasa dipanggil Userawk / Opung. Lahir di Jogjakarta tahun dal. Status perjaka ting-ting, hobi menggambar, mewarnai, dan menyablon, hhahak! Di BAKUHANTAM saya peganggin gitar, hehe!

Putro: Nami kulo Putra Kyute posisi kulo miring penak, njengking tambah penak, hahaha! Guyon lho.. Kulo pokal, hehehe! Hobi kulo panjat tebing, hehe! (Wah, mau ngartiin bahasa Indonesia males, akeehh.. Dikira-kira aja yaa.. Haha! Red)

Anton: My nami is Anton Kristianto Wibowo, panggil saya ganteng aja. Gojek mas.. Jajajajaja! (Ngga becanda juga gapapa kok Ton. Haha! Red). Posisi sayap kiri.. Bass betooot.. Hobi bekerja dan bermain. Hahaha!

Sondonk: Febriari Dwi Andriadi. Haha! Jaga gawang mas alias nge-drumm, hahahaha! Hobi jalan-jalan saja dengan teman teman, hehehe! (Nama aslimu bagus tuh.. Kok bias jadi Sondonk? Hehe! Red)


3.Bisa diceritakan sejarah lahir dan perjalanan band ini hingga line-up saat ini..

Yusron: BAKUHANTAM terbentuk berawal dari mata turun ke hati. Trus turun ke ranjang jadilah BAKUHANTAM, hwhahhahahaya! Gojek kak Nanu bek ra strees.. YA kurang lebih seperti yg diutarakan kak Putro, kak Anton, dan kak Ndonk dibawah ini, kak Nanu. Hehe!

Putro: Lahirnya dari guyonan mas, hahahaha! Pokoknya kayak yang dicritaken dek Anton di bawah ini, hehehe! (Kayanya mesti Anton nih yang jawab. Hihi! Red)

Anton: BAKUHANTAM mulai terbentuk akhir tahun 2008 diawali dari pertemanan disebuah ‘scene’ (maksudnya semacam ‘kolektif’ atau ‘tongkrongan’, Red) "Tugu Serentak Familia". Line-up awal terdiri dari 5 buah telur: Putro, Sondonk, Yusron, Billy, dan saya sendiri. Setelah itu dari gigs ke gigs BAKUHANTAM ada sedikit perubahan line-up dikarenakan bassist kami, Billy, keluar karena kesibukan baru, dan kampus barunya pada saat itu. Dan sekarang Billy bermain di xLIFETIMEx. Setelah itu BAKUHANTAM sendiri sepakat untuk terus tetap berkarya dikancah hardcore koplo meskipun hanya tersisa 4 buah telur. Juooooss! Hahaha. Dan posisi bass saya isi sampai saat ini.

Sondonk: Persis dengan apa yang dikatakan kak Anton mas Nanu, haha! Awalnya ya cuma sekedar ngobrol. Kepikiran untuk membentuk band hardcore beatdown, Dan oleh mas Yusron kemudian diberi nama BAKUHANTAM itu mas. Hehehe!


4. Beberapa waktu lalu BH merilis beberapa lagu baru. Saya suka dengan lagu “Don’t Loose Before You Fight”. Siapa yang bikin lagu itu? Liriknya bercerita tentang apa?

Yusron: Itu sebenernya lagu lama. Tapi karena kuncine (baca: chord, red) baru inget lagi setelah 1 tahun, mangkanya trus take, hehehe! Kalo liriknya Sondonk yang bikin. Musiknya bareng-bareng. Ya seperti judulnya “Don’t Lose Before You Fight”, fight untuk tetap bertahan hidup. Pokoke SURVIVE ngono bae'lah, kak. Hahak! (Beres kak, Yusron.. Hehe! Red)

Putro: Hehehhee, yang bikin mas Irung aka Sondonk. Tapi untuk musiknya ya dipikir bareng-bareng meskipun kadang sok lali. Gonta-ganti nganti nyumet ndahe, hahaha! (Jawa: Gonta-ganti –lirik/lagu- puyeng kepalanya, Red0)

Anton: Kalau dari musik kami bikin bareng. Kalau lirik “Don’t Loose Before You Fight” itu karya dari kak Sondonk. Liriknya simpel sih bercerita tentang "jangan kalah sebelum bertanding”, pokoke 5-0. Hahahaha! Juskid..

Sondonk: Yang bikin bareng-bareng, mas. Gara-gara liat film action di bioskop trans tv, tapi lupa film apa mas. Hehe! Terngiang-ngiang terus dengan kata kata "Don’t Lose Before You Fight". Dibikin lirik aja akhirnya, hehe! Ya nggak jauh-jauh ma kehidupan. Jangan kalah sebelum bertanding, dalam segala hal. Masyuukkkk.. Hehehe!! (Siippp!! Bungkuss! Red)


5. Ngomong-ngomong seputar lirik, seberapa pentingkah lirik bagi kalian (semua)?

Yusron: Lumayan penting. Yang terpenting lagi bagaimana kita mempertanggungjawabkan lirik yang kita buat. Percuma juga lirik bagus ngomong A ngomong B ngomong C tekan Z tapi kalo tidak disertai dengan tindakan dan tingkah laku sama saja, meng CD ngko (contong doank).. Hwhahahhaahha! (Setuju Yus.. Red)

Putro: Yoi mas Nanu, penting. Ya lirik lagu nek musik harkor ki kudu tegas!! Tegas dalam arti meskipun kadang juga menimbulkan kontroversi, tapi yo tabrak wae!! Ahahaaa. Itu sudah resiko!! Nek ra seneng ngomong langsung, ojo gur neng mburi, iyo tho dab!! (Intinya die-fucking-hard, hihi! Red)

Anton: Penting mas Nanu! Lirik itu jangan asal-asalanlah. Kudu nge-soul karo musike. Nek mung sebatas tulisan di cover Cd lha mung koyo Koran Merapi mengko. Yang penting lirik di sebuah band kie kabeh player ngerti. Ora mung sing a long terus penculatan nang duwur panggung. Hahahahaa! Ngus!! (Wah, ngartiinnya panjang nih.. Haha! Secara umum: Lirik jangan asal-asalan. Harus sejiwa dengan musiknya. Kalo cuma sebatas tulisan di cover CD ntar cuma kaya Koran Merapi. Semua anggota band harus tau isinya, ngga cuma vokalisnya. Ngga cuma sing along dan loncat-loncat di atas panggung. Red)

Sondonk: Hmm.. Penting banget, mas. Lirik bisa mewakili, menyuarakan, dan menunjukkan siapa diri kita, apa yang kita alami, dan apa yang menjadi pemikiran kita. Waduh, hehehe!


6. Bagaimana masing-masing dari kalian memaknai ‘hardcore’?

Yusron: Saya mengenal harkor ketika SMA sekitar akhir 97-an saat itu saya sangat terkesan sekali dengan perform SABOTAGE (RIP, Red), waktu itu bewain lagunya SOIA kalo gak salah. Dari situ saya mulai tertarik untuk lebih dalam tau tentang apa itu harkor. Bicara tentang harkor setiap orang punya definisi sendiri-sendiri tentang itu. Bagi saya hardcore itu tidak hanya jenis musik semata, tapi sebuah pola pikir dalam menjalani hidup yang didalamnya memiliki atittude harkor seperti loyalitas, commitment, friendship, dan brotherhood (dalam arti ‘persaudaraan’, Red), kurang lebih seperti itu. Nek kurang yo ditambahi dewe-dewe. Wkwkkwkwkwkwkkw!

Putro: Hardcore=Pride (10 YARD FIGHT)!!!

Anton: Hardcore adalah Music, Friendship, & Family, Loyalty, commitment, Pride!!

Sondonk: Hardcore ki musik nggo kekancan mas. Kabeh bakal kalah karo sek jenenge kekancan, yo ra?? Semua bakal kalah sama yang namanya pertemanan, haha! (Jawa, artinya: Hardcore adalah musik pertemanan. Semua bakal kalah dengan yang namanya pertemanan, ya ngga? Red)

7. Beberapa tahun lalu (mungkin masih ada sampai saat ini) issue seputar fashioncore cukup banyak menjadi perbincangan di scene. Apa tanggapan kalian mengenai fashioncore ini?

Yusron: Saya ikut apa yang diutarakan kak Peno. Meskipun rodo-rodo sepet pengen dugap tuyol ndeloke, hwhahahahaha! (Jawa, artinya: Meskipun agak-agak sepet pengen muntah ngeliatnya, Red) Tapi bener waelah itu hak mereka selama gak ganggu. Gue sih aouwh-aouwhsik aje. Mengko lak yo sadar dewe. Hhahhahahaa!

Putro: Nek gue sih asik-asik aje terserah mereka yang penting kagak nyenggol gue, hahahahahha! Opoh..

Sondonk : Fashioncore ya? Haha! Do turah turah duit kuwi, mas. Ups.. Berdandan total dengan apa yang menjadi trend saat itu. Selow wae aku mas. Dengerin aja "False Hardcore Fall"nya REASON TO DIE. Udah cukup mewakili tanggapanku tentang fashioncore itu, mas, hihihihi!

Anton: Waah.. Kalau saya sendiri tetep woles wae, benar kata kak Sondonk, “F.H.F”nya REASON TO DIE sudah cukup mewakili!


8. Bagaimana pula dengan ‘fashion’ yang ada di dalam hardcore, seperti windbreaker, kaos & celana basket, topi, hoodie, jaket baseball, kaos band, merek-merek sepatu tertentu, dsb.. Apakah kelengkapan gaya busana seperti itu untuk memperkuat identitas hc kids? Atau alasan lain?

Yusron: Yah mau begono lagi. Suka gak suka.. Mungkin emang dah image disananya seorang hc kid identik dress-dressane seperti kuwi. Hhahak! Tapi kalo saya pribadi gak pernah memikirkan sama sekali harus pake brand ini brand itu. Yang penting nyaman dipakai. Ra nduwe duwit nggo tuku sek larang-larang barang soale. Hhahak! Bagi saya seorang hc kid nggak harus pake topi, celana pendek, hooodie, jaket baseball, sepatu Vans, windbreaker, etc. Itu hanya sebuah identitas saja. (Mungkin maksudnya sebuah aksesoris ya Yus? Hehe! Red) Gaya tok ra ngattitude podo wae....hhakhahak! (Juosss.. Setuju nih! Red)

Putro: Ya kalo saya pribadi menilai kaos band bentuk support entah itu band teman atau band idola tersebut, mas. Tapi untuk gaya busana seperti itu untuk memperkuat identitas hc kids. Ya mungkin bisa dijawab "iya" coz kasarane dari asal-usulnye aje begitoh. Hehehehehehhe.. (Iya, kadang emang inlfuens musik emang dibarengi dengan gaya busananya. Red)

Anton: Iya mas! Laaah kelengkapan style seperti itu diawali mengikuti gaya busana band-band idola dan di luar sendiri style hc kids cenderung seperti itu. Mau seperti apa seng penting pride wae lah! Dari pada total nek mung tong kosong yo podo wae to, mas nanu. Attitude yang terpenting! (Setuju.. Only attitude counts alias hanya sikap yang dithitung. Hehe! Red)

Sondonk: Haha! Bingung aku.. Kalau kaos band itu bisa jadi sebuah bentuk support pada suatu band mas, kita bikin merch dan hasilnya bisa untuk biaya bikin demo. Hehe! kelengkapan busana seperti itu mungkin juga karena mereka mengikuti gaya busana band band idola mereka di barat barat sana. Hehee! Semua orang pasti punya idola, dan pasti juga orang itu pengen menjadi seperti idolanya. Asal kita nggak lupa aja siapa kita sebenarnya. Wuenaggg, hehee! (Yesss.. Don’t forget your roots and just be your self, itu masuk akal. Hehe! Red)


9. Beberapa bulan terakhir saya seringkali melihat band-band hardcore baru (di Indonesia) bermunculan menggunakan tagline ‘negative hardcore’. Apa pendapat kalian mengenai negative hardcore itu sendiri, serta band-band lokal yang akhir-akhir ini sering menggunakan slogan itu?

Yusron: Negative Hardcore.. Mungkin sebagai identitas atau sebutan bagi mereka para hc kids yang doyan sekali menggonsumsi miras. Buat saya negative hardcore, positif hardcore, sama saja. Itu pilihan mereka masing-masing. Selama bisa mempertanggungjawabkan, yang penting harkor. Aouwhsik, hhakhahahaha!!

Putro: Wahhahahaaaaa.. Nek aku ki ra dong je mas maksudnya positif ato negatif hardcore seng koyo pie kii?? Aku yo belum pernah bertanya je, bagi yang menggunakan taglinenegative hardcore’. Hahahahaha.. Seng penting aku berteman dan berteman, hahahahha!

Anton: Wadoooh mas, iki aku yo mung iso jawab negative positive malah koyo baterai wae, hahahaha! (Jawa, artinya: Aku cuma bias jawab positive-negative malah kaya baterai aja. Red) Mau memakai tagline seperti apa itu terserahlah. Yang penting bisa dipertanggungjawabkan.

Sondonk: Negative hardcore?? Wow… Dari dulu sampai sekarang yang aku tahu cuma LOOSERZ, idolaku kuwi, hahaa! Kalau mengenai negative hardcore sendiri sih sebenarnya malah menambah dan memperkaya keragaman hardcore di Indonesia, mas. Hehe! Tapi jangan disalahartikan juga. Yang penting tidak menimbulkan sebuah gesekan atau malah menjadi sebuah kubu tersendiri. Respect each other!

(Setuju semua.. Yang penting tau maknanya. Soalnya istilah ‘negative’ atau ‘positive’ sangat subyektif. Siapapun bisa jadi positif ataupun negatif, tergantung dari sudut pandang masing-masing. Bahkan xTYRANTx dan DOMESTIC WAR, dua band Straightedge kelas berat dari Amrik, terang-terangan ngga mau dibilang ‘positive hardcore’ karena mereka pun bisa menggunakan cara-cara ‘negatif’ sekalipun, dalam arti buruk, untuk mempertahankan prinsip hidupnya, yaitu Straightedge. Red)


10. Apa pendapat kalian dengan keberadaan band-band Straightedge yang juga cukup banyak bermunculan akhir-akhir ini? Apakah kalian menjalin pertemanan secara baik dengan Straightedgers, khsusunya di kota Jogja?

Yusron: Amat sangat teramat banget mendukung sekali.. Duakali.. Tigakali dan Seterusnya keberadaan band-band SxE yang cukup banyak bermunculan akhir-akhir ini dan senang aja karena jadi banyak band-band harkor di YK, jadi tambah rame. Tambah auwhsik, tambah guyup jadinya. Hahak! Ya kami sangat berteman baek dengan mereka, tidak ada batasan / garis antara kami dengan para Straightedgers.

Putro: Support 4 jempol, jempol tangan dan sikil!! Tidak ada penghalang untuk berteman dengan pecinta atau penikmat musik harkor, heeheehee! Apapun makanannya, minumnya tetep hardcore berooo. Ahahahaahhaaa! (Wuihh, bahasa iklanmu bisa juga tuh.. Haha! Red)

Anton: Juoosss! Perbedaan bukan jadi penghalang buat kita untuk menjalin pertemanan. Kita tetap berteman dengan para Straightedgers soldiers. Hahaha! Lah koncoku dolan sepenanggungan yo akeh seng SxE mas. (Jawa, artinya: Temen senasib sepenanggunganku aja banyak yang SxE. Red). Pokoke mau SxE atau Non SxE tetep respect!!! Saya dan BAKUHANTAM berteman dengan siapa saja, termasuk kimcil-kimcil di luar sana. Wuakakakakak!

Sondonk: Suport banget aku mas. Kita juga suka dengan band-band SxE. Dari dulu sudah berteman dengan baik dengan Straighedgers di Jogja dan kota lain. Karena itu bukan suatu halangan dan tidak ada aturannya kalau SxE dan non-SxE nggak boleh berteman. Hehe! Malah kita sering tanya Tanya, saling bertukar informasi tentang jalan hidup kita masing masing.. (Setuju banget. Intinya adalah tetap berkomunikasi dengan siapapun di scene. Jangan membatasi diri. Red)


11. Sering kita dengar dulu sempat banyak fragmentasi di scene YKHC tercinta. Bagaiamana perkembangan YKHC sekarang ini menurut kalian?

Yusron: Perkembangan YKHC saat ini cukup pesat. Bak meteor. (Wuiihh, bahasmu Yus.. Red). Terbukti dengan naiknya harga-harga di pasaran, hwhaahaah! Banyaknya band-band baru yang bermunculan. Dan wajah-wajah baru di scene YKHC, dan banyaknya gig-gig hc yang diadakan. Yang trpenting saling respect saja antara hc kids yang tua yang muda dan yang jompo. Pokoknya jayalah YKHC! Stand as one!!

Putro: Salute buat YKHC dari awal sampai saat ini! Perkembangan pesat dari banyaknya band bermunculan dan gaya-gaya musik baru dari old sampai new skool. Semakin banyak semakin asyik. Akeh kancane band-bandane ora sepi! Saling support dan respect, ora tuo ora enom kabeh podo! Hehehe! (Jawa, artinya: Banyak temen ben-benannya ngga sepi! Saling support dan respek, ngga tua ngga muda, semua sama! Red)

Anton: Perkembangan YKHC tidak diragukan lagi, sudah banyak band yang mempunyai karya baru dan bagus. YKHC sendiri semakin solid dari tahun ke tahun, mugo-mugo sak lawase. United we stand devided we fall! Majuuuuu terusssssssss rek…

Sondonk: Slow but sure, mas.. Hehehe! Bolehlah kalau ada orang yang bilang kalau dulu atau sekarang YKHC "ini itu apalah" terserah. Itu hak mereka. Kita di sini juga masih ada kok. Kita sama temen-temen yang lain ada karena ingin memajukan scene. Bukan memundurkannya. Ya didukunglah, lah. Bukan malah dipersulit. Hehe!

12. Apa saja band-band YKHC yang menurut kalian potensial dan asik?

Yusron: Wah bisa dibilang cukup berpotensial semua band2 hc sekarang di jogja bagus-bagus maennya. Dari segi sound dan perform-nya. Orang Jawa bilang maknyus. Hahakk!

Putro: Wahhhhh.. Nek kui kabeh, mas. Tanpa terkecuwali!! Titik!!

Anton: Banyak! Hampir semua band YKHC berpotensial, dan dari segi musik juga keren semua. REASON TO DIE, xLIFETIMEx, STRONG IN PAIN, xDEDICATIONx, SOMETHING WRONG, STRIDE OFF, FIRST TIME, dan masih banyak lagi tanpa terkecuali. Salut buat YKHC FAMILY. Jempol!!!

Sondonk: STRIDE OFF --promosi ki, hahaha! STRONG IN PAIN kuwi lho mas, joss! Pertahankan, hehe! Semua band YKHC sebenernya potensial asal mereka konsisten aja di jalurnya.. Halah!!


13. Apa tanggapan kalian seputar violence dancing? Ada beberapa band hc membuat artwork propaganda seputar isu “No Violence Dancing”. Menurut kalian hal itu kenapa? Apakah sering ada masalah dengan violence dancing hingga ada hc kids yang bisa dibilang tidak menyukainya?

Yusron: Violance dance.. Mungkin masalah personal dibawa ke gigs. Jadinya violance dancing, hwhahahaahahah! Ra pengen kesamplak ndelok wayang wae, hhakhahak!! (Ndangdutan jaman sekarang aja mesti kena samplak. Yo ra, Yus? Hehe! Red)

Putro: Semua orang punya hak untuk bebas berbicara mas. Wuuuiihhh joss po ora omonganku mas nanu, hahahaa! (Joss tenan kok, Put. Aku aja sampe gumun kii..Haha! Red). Aku pribadi yang penting asssiiiikkk, arep violence dancing, floor punch, 2step, circle pit, mosh pit, slam dance.. Poko’e goyang reeeeekk.. Ahahahaa! Olah raga..

Anton: Wah kalau itu udah biasa. Di mana-mana pasti ada pro dan kontra. Kalau enggak suka violence dancing, simpel.. Jauhi aja dan pilihlah yang kalian suka. Masih banyak orang di luar sana yang suport violence dancing. (Saling mengerti aja. Kalo ngga mau kena tendang, mending menyingkir dikit bentar aja. Dan kalo ada temen yang terjatuh segera diselamatkan. Begitu kan? Hehe! Red)

Sondonk: Terserah mereka, kalian, atau saya. Asal nggak melanggar hukum biarkan saja. Lirike sopo ki hayo, haha! Ya maklum aja mas, tiap orang kan beda-beda. Ada yang dulu suport, bahkan ikut nge-slam. Eee.. Sekarang ngomong no violence dance. Hmm, ya syudahlah. Hehe!


14. Di scene hc/punk hidup dan berkembang semangat D-I-Y (Do-It-Yourself). Apakah batasan D-I-Y itu sendiri menurut kalian? Bagaimana dengan konteks sebuah band hc yang main di acara bersponsor besar (perusahaan besar)?

Yusron: Saya sangat mendukung sekali dengan semangat D-I-Y selama gak mengagangu orang lain dan sekitarnya. Band yang main di acara bersponsor besar. Emm, bagi saya itu terserah mereka, mereka mau maen atau gak. Kalo saya pribadi saya akan boikot gigs yang disponsori perusahaan kapitalis. Kami lebih memilih maen di acara kolektif daripada maen dapat honor di gigs yang bersponsorkan perusahaan besar.

Putro: D.I.Y, Daerah Istimewa Yogyakarta, hahahahahahaaa! Guyon lho.. Do it yourself = duit kamu sendiri, ahahhaha! Bagaimana dengan konteks sebuah band hc yang main di acara bersponsor besar?? Mmmmmmm... Do it yourself wae mas Nanu, setiap band kan punya komitmen sendiri-sendiri, hahahaa!

Anton: D-I-Y.. Yoo apik sih semangat seorang hc kid. Hmmmmm, tapi D-I-Y juga ada batasnya.. Zaman sekarang total D-I-Y nek durung duwe duit akeh akhire mung njilat idune dewe. Susah.. Lah mung prex! Podo wae to. Ingat kita tinggal dimana, Indonesia! Kalau soal band yg bermain di acara sponsor besar itu hak dari pihak band "cukup taulah". Yang penting BH masih dalam roots yang benar dan tetap pada jalurnya.

Sondonk: Do it yourself.. Opo-opo dewe, hehe! Menurut saya itu sebuah semangat, mas. Semangat untuk tidak tergantung pada orang lain.Lakukan dulu semampu dan sebisa kita. Walaupun tidak bisa dipungkiri kalu kita juga tidak bisa tanpa orang lain. Sek penting usaha dewe sek. "Dewe" (sendiri) dalam arti suatu scene atau band. Band hc main di acara sponsor besar?? Hmm.. Mungkin mereka punya tujuan tertentu, mas. Hehehe! Piss..

(Semangat D-I-Y sangat susah untuk dilakukan secara mutlak. Jadi pinter-pinternya kita aja.. Tapi bermain di acara temen-temen sendiri memang lebih mengasikan. Hihi! Red)


15. Beberapa waktu lalu ada kejadian SARA yang memilukan di beberapa wilayah Indonesia. Apa tanggapan kalian seputar kerusuhan SARA itu?

Yusron: Wah SARA nyebai (menjengkelkan, red). Coba SARAh Ashari, wueenak iku hwhaahahahha! (We-e-e-eee, doyan juga. Haha! Red). Sangat sedih dan menyayat hati jika melihat kejadian SARA yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia tercinta baru-baru ini. Itu hanyalah ulah orang-orang yang nggak bertangung jawab yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan. Orang-orang yang tidak berpihak pada Pancasila dan UUD 45, yang tidak senang dengan keberagaman, yang hanya mementingkan golonganya saja, FUCK SARA...YES SARAh azhary hwhahahahhahahahaha!! (Semboyanmu bagus Yus, dibikin stiker aja.. Hehe! Red)

Putro: Wah... Yo pie yo mas, susah juga jawabnye, aku dewe jadi miriiiss melihatnya, ahahahhaa! Yang jelas jangan terulang kembali hal seperti itu. Saling mengingatkan untuk menghargai dan menghormati jika ada suatu masalah untuk cepat-cepat diselesaikan dengan kepala dingin. Di semua agama kan mengajarkan kebaikan, menganjurkan saling mencintai, perdamaian dll.. (Setuju.. Semua orang punya akal dan perasaan. Masa ngga dipake. Red)

Anton: SARA AZHARI, hahaha! Wah mas, NO SARA! Freedom Party wae to uenaaaak reek. Hahahahaha! Semoga cepat atau lambat bangsa ini sadar akan arti BHINEKA TUNGGAL EKA. Sesok nek gawe KTP agamane ganti Batman opo Sailormoon wae ben cinta kedamaian.. LOL.. (Hahahaaa! Nah itu dia, fungsi ditulis ‘agama’ di KTP buat apa sih sebenernya? Masa cuma buat label. Bingung..Hehe! Red)

Sondonk: Duh berat nie, hehe! SARA 008 bukan ni mas Nanu, hehe! (Jadul amat filmnya, Ndonk. Haha! Red). Kalau bisa ya jangan sampai terjadi lagi. Bahaya. Bisa pecah ni bangsa indonesia. Bhineka Tunggal Ika kan berbeda-beda tapi tetap satu jua. Bukan berbeda beda tapi akhirnya rusuh juga, hehe! Manusia kan sama haknya. Mereka juga berhak untuk hidup. Saling menghargai aja lah. Malah pelajaran PPKn ki mas, maap map.. Hehe!


16. Di hardcore sendiri banyak slogan sekaligus semangat respect, tolerance, friendship, dll.. Apakah menurut kalian sikap-sikap seperti itu sudah terlihat nyata di scene hc?

Yusron:Kalo saya liat dengan mata batin saya... (Kaya Ki Joko Bodo, Yus, haha! Red). Eemmm lumayan sudah terlihat nyata di scene hc YK, tapi lumayan banyak juga yang kurang memahami slogan-slogan tersebut, hahahaak! (Lha maksudnya nih gimana to, hehe! Red)

Sondonk: Sebagian udah terlihat mas. Tapi ya ada juga sih yang cuma koar-koar, hehe! Ya kita bisa menilai orang dari sikap dan tingkah lakunya. Becik ketitik olo ketoro, hehe! (Ini perbahasa Jawa. Kalo ngga salah artinya ‘segala yang baik akan kelihatan, begitu juga segala kejelekan pada akhirnya akan terlihat juga. Correct me if I’m wrong. Hehe! Red)

Anton: Iyaaa sama deeh ama kak Sondonk, banyak yang terlihat dalam hal nyata, tapi ada juga sing mung nyacat sana-sini.. Bahasaku..Hahahaha!


17. Kalo boleh tau, apakah influens kalian masing-masing, dan influens BAKUHANTAM sendiri?

Yusron: Opo yo.. Influensnya diri sendiri wae, hhahahak! Kalo influens band hc seperti WARZONE, WIDE AWAKE, 7SECOND, TEN YARD FIGHT, FLLOORPUNCH, SOIA, BOLD, SLAPSHOT, DEADPITS, FIRST BLOOD, MADBALL.

Putro: Elvi Sukaesih, hehehee! SHATTERED REALM, FIRST BLOOD, DEATH BEFORE DISHONOR, Frankie J, Shania Twain, Martina McBride, EXTREME, FIRE HOUSE, COLD PLAY, KERISPATIH, Nikita Willy, akeehh pokoke,hahahahaha! (Mantep, Put. From dangdut to hardcore, to hardrock, to Britpop, to Indonesian pop. Hehe! Red)

Anton: REASON TO DIE, xLIFETIMEx, STRONG IN PAIN, FIRST TIME, SOMETHING WRONG, STRENGTH TO STRENGTH, STRIDE OFF, SHATTERED REALM, FIRST BLOOD, DEATH BEFORE DISHONOR, semua band YKHC! Juoooooossss ! Plus plus tapi nek bengi aku Hidup Pop, hahahaha!

Sondonk: RESTRAINT, LOYAL TO THE GRAVE, FIRST BLOOD, SHATTERED REALM, BORN FROM PAIN, DO OR DIE, xREPRESENTx, TEN YARD FIGHT, SHUTDOWN, LOOSERZ, and of course ALL YOGYAKARTA HARDCORE BANDS: SOMETHING WRONG, REASONTODIE, xLIFETIMEx, STRENGHT TO STRENGHT, STRIDE OFF, TROUGHOUT, FIRST TIME, etc.. Old school, new school, beatdown, seneng kabeh, hehee! (Komplit wis! Red)


18. Rencana ke depan BAKUHANTAM? Ada rencana rilis full album? Ditunggu banyak orang niihh.. Hehe!

Yusron: Maunya begono, bikin full length. Tapi lagi pada sibuk sama kerjaanya masing-masing. Saya sibuk nggesut, Putro sibuk bikin keramik, Anton sibuk jadi satpam, Sondonk sibuk dengan printing-nya. Sok sibuk kabeh poko’e. Haha! Doakan saja secepetnya bisa rilis. Hehe!

Putro: Pasti mas Nanu!! Nunggu boss sablonnya dapat order gede dulu trus suruh bayarin record deh,hahhahahahah! Iyo to kak, Uslok?? Hehehhe! (Ketoke bakal sangar, ki.. Hihi! Red)

Anton: Ada! Secepatnya kalau ada rezeki dan waktu buat rilis materi semua yang udah ada. Tapi Nek lagune ora lali loh, saking suwene digawe terus ora di-take. Eeaaa to Ompung a.k.a Uzrok. Hahahahahaha! (Jawa, artinya: Tapi kalo lagunya ngga lupa loh, saking lamanya dibikin tapi ngga take. Red)

Sondonk: Pastilah. Pengennya gitu mas. Rencana pasti ada, hehe! Materi juga udah ada, tapi ya biasa, kepentok masalah pekerjaan masing-masing personil, hehe! Pinter-pinter ngatur waktu dan nyamain jadwal aja biar bisa latihan dan garap materi barunya. Doakan kami yaa.. (Yeerrr!! Red)


19. Last words for the readers?

Yusron: Terimakasih buat temen-temen yang telah mendukung dan yang tidak mendukung kami. All YKHC kids dan sekitarnya. GBU..

Putro: Lastword, tengkiu buat temen-temen semua!! Kami ada karena kalian semua. Jika ada kesalahan yang kita perbuat mohon maap sebesar-besarnya..

Anton: Maturnuwun kagem Tugu Serentak Familia, Sektor Mataram, East Side Crew Hardcore, all Yogyakarta collectives, all bands, and friends! Kowe kowe kowe kuaaaabeeeeh! Jempool!! Yeeeerrr...

Sondonk: Terima kasih banyak buat semua teman-teman yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi di manapun kami, BAKU HANTAM, berada. Tugu Serentak Familia, Sektor Mataram, East Side Crew Hardcore, all Yogyakarta collectives, all bands, and friends! Tetap sehat, semangat, dan jangan lupa sholat, hehe! Jogja tetap istimewa!


20. Thanx a lot atas waktunya yaa temen-temen BAKUHANTAM. Sukses teruss!!! Tons of regards..

Yusron: Sama-sama ya. Terimakasih atas semuanya. Maap rodo celele'an kabeh, itu hanya bagian dari rasa humor kami tanpa ada maksud lainya, karna begitulah kami adanya, hwhahahaha! Sukses trus buat kak Nanu, Betterday, dan bandya.. GBU. (Malah joss.. Hidup harus penuh becandaan. Biar awet muda. Hahaha! Red)

Putro: Matur tengkiu mas Nanu sampun mengenalkan kami kepada teman-teman seluruh Indonesia dan lain-lain, hahahahahha! Opo, to.. Sukses buat Betterday semoga tiada matinya, lifetime pokoke, hehehehee! Salam juga buat keluarga mas Nanu semoga slalu diberi kesehatan sehat wal afiat. Joss gandos! (Sipp, Putro.. Sama-sama.. Sukses buat kamu dan sehat selalu.. Red)

Anton: Iyaaa kakaaaak unyuuuu, hahahahaha! (Matamu, Ton.. Haha! Red). Sukses buat Betterday, xLIFETIMEx, dan semua proyekannya mas Nanu. Respek!! (Respect too.. Goodluck for all you’ve been doing.. Red)

Sondonk: Woke mas Nanu, matur nuwun sak truck pokoke, hehehe! Sukses selalu buat Betterday dan xLIFETIMEx!!!! (Ha shiyaaaapp!!! Semangaat! Red)

Interviewed by El Vegano

Dimuat di Betterday #25


BAKUHANTAM:
MS: myspace.com/bakuhantamhc
FB: click here

betterday zine | juni 2011 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template