Minggu, 22 Mei 2011

Review Rilisan di Betterday #25


SNAPCASE “End Transmission”
Victory Records, 2002
Saya baru mendapatkan CD mereka ini pertengahan 2010 kemarin, dengan harga yang cukup worth it tentunya, hehe! Emm, iya, memang sudah lama sekali dari pertama kali saya mendengarkan mereka dan hampir satu dasawarsa semenjak Victory merilis album ini, tapi tak ada salahnya dong saya ulas sedikit disini?! Hehe..
Dengan “End Transmission”lah, SNAPCASE membelah paradigma pemikiran dan membakar semua batasan tentang bagaimana ‘musikalitas’ hardcore pada masanya (atau bahkan pada masa sekarang dan seterusnya), tak ada chugga-chugga seperti di album-album awalnya, tak se-intens album “Progression Through Unlearning”, tak se-nge-beat dan tak banyak ‘jump around style’ seperti di album “Design For Automotion”. Album ini menyajikan musik dari yang energik menghentak-hentak sampai yang low-tempo mengawang-awang dengan aransemen ‘menyegarkan’, sedikit ada sentuhan ambience dan sound dari “White Pony”nya DEFTONES, juga penambahan fill piano di beberapa track-nya.
Disertai lyrics-sheet dan pendeskripsiannya yang saling bertautan, lewat teriakan dan alunan suaranya Daryl Taberski mencoba untuk memaparkan tentang peradaban dunia dan keberlangsungan eksistensi hidup di tengah arus gobalisasi, dimana dunia yang semakin mengecil di tangan segelintir korporasi, dengan bahasa yang indah sekali.
Bagi kalian hc kids atau siapapun yang membutuhkan penyegaran di tengah pengapnya band-band dengan semua tipe musik dan lirik mereka yang hampir sama-sama saja, saya rekomendasikan album ini! Believe, revolt! (Arfian)
Kontak:
snapcase.com

CAUSE FOR ALARM “Cheaters And The Cheated”

Victory Records, 1996
Waduh, kembali ke masa lalu. Menyimak dan mendengarkan band yang satu ini tidak ada habisnya. Ketukan drum yang sangat oldschool, lebih condong ke gaya punkrock ditambah musik yang 3-chord style menjadikan CAUSE FOR ALARM tak lekang dimakan zaman. Band hardcore/punk era 80-an ini selalu menyajikan kritik sosial atau tema-tema lainnya seperti pencitraan Tuhan dan pencarian yang bersifat spiritual. Agak berat memang, namun itulah uniknya musik mereka. Mungkin karena vokalisnya juga sangat terinspirasi pada sosok Krishna. Album “Cheaters And The Cheated” sendiri adalah ungkapan populer Bhaktisiddantha Saraswati, murid dari A.C Bhaktivedanta Swami Prabhupada, yang memperkenalkan Kesadaran Krishna (Krishna Consciousness, red) ke dunia Barat untuk pertama kalinya pada tahun 1965. Langsung menghujam deras ke telinga kalian, apalagi jika kalian suka musik hardcore/punk era awal. Lebih mencirikan punk yang dominan. Segar! Walaupun lawas! Hehe!
Album ini berisi 11 sajian lagu yang sangat apik. Bisa ditebak dari judul album, seolah mereka mengingatkan kita bahwa kita hidup memang benar demikian. Selalu ada yang menjadi pecundang dan yang mempercundangi. Realitas hidup yang coba digambarkan mereka lewat lirik dan musik. Band yang berdiri tahun 1982 dan sebelumnya bernama HINKLEY FAN CLUB ini mempunyai ciri khas bukan hanya lewat sound-nya, tapi juga vokalisnya. Ya, vokalisnya. Keith Burkhardt sang vokalis sering merubah pronunciation lirik bagian akhir kata yang diucapkan. Semisal “-er” menjadi “–ah” (‘over’ menjadi ‘ovah’, ‘together’ menjadi ‘togethah’). Buktikan saja sendiri. Semoga bermanfaat! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/causeforalarm1

TISZTAN A CEL FELE “Krodha”
Trottel Records, 2008
Banyak kendala, itu yang pertama terlintas. Bagaimana tidak, band ini adalah band krishnacore asal Eger, Hungaria. Bahasa adalah faktor utama kendala yang terasa. Haha! Saya sih, cuek saja. Saya sangat suka musik mereka, walaupun bahasa mereka saya sama sekali tidak mengerti.
Tipikal hardcore/punk yang kental. Namun, pemilihan karakter sound bass yang tepat membuat band ini sangat saya cintai. Haha! Suara bass yang ‘tajam’ sangat memekakan telinga ditambah pemilihan sound gitar yang tepat menurut saya sangat cocok musiknya. Tidak membuat timpang satu sama lain. Karakter vokalnya juga unik, masing-masing personil mempunyai karakternya dan mereka bernyanyi. Tapi, sayangnya jika kita melihat aksi live mereka, kita akan sangat jarang melihat personil yang lainnya ‘bernyanyi’. Jujur tadinya saya kira band ini adalah band skinhead macam WARZONE, karena kesan pertama setelah mendengar karakter vokal dan musik yang dimainkan.
Sangat cocok buat teman-teman yang suka musik band-band macam SHELTER, BIRDS OF A FEATHER, KANEN INKA, dll. Sangat direkomendasikan! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/tisztanacelfele

BROKEN DISTANCE “Hourglass”
Take The Risk Records, 2008

Siapa yang tak kenal band POINTING FINGER. Youthcrew Straightedge 90-an asal Faro, Portugal. Kali ini mereka bangkit kembali setelah mereka ‘mati’ di tahun 2007. Mereka bermetamorfosis menjadi BROKEN DISTANCE. Masih mengusung konsep yang sama seperti band mereka terdahulu, band ini menampar kita dengan alunan beat hardcore/punk ala Portugal. Reinkarnasi yang di situ-situ saja menurut saya. Tipikal musik mereka masih dihantui ‘arwah’ POINTING FINGER, walaupun ada part ‘kekinian’ seperti HAVE HEART, GO IT ALONE, dan KEEP IT CLEAR. Tapi mereka berhasil meramu musik mereka yang sekarang menjadi tidak terlalu membosankan, atau mereka sedang berusaha untuk keluar dari jeratan ‘hantu’ POINTING FINGER. Haha! Cukup powerfull bagian riff-riff-nya. Membakar semangat, khas style youthcrew.
Personil mereka pun membuat band side-project yang juga dari kota yang sama dan tipikal musik yang sama, PRESSURE, yang baru saja me-launching EP mereka 15 April lalu. Tampaknya mereka tidak mau terlalu jauh meninggalkan gaya musik yang dimiliki POINTING FINGER. Cukup baik buat yang suka kesederhanaan style youthcrew. Cocok! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/brokendistance

TRACES OF YOU “Demo 2011”

I For Us Records & Value Driven Records, 2001
Yeah, sepertinya saya tidak akan pernah memalingkan pendengaran saya dari band ini. Band passionate hardcore metal asal Italia ini sepertinya sedang onfire. Mereka sudah memperdengarkan demo mereka yang sebenarnya baru akan dirilis bulan Juni nanti. Proses kreatif yang termasuk cepat menurut saya, sebelumnya mereka merilis albumnya di tahun lalu yang bertajuk “The Last Triumph” serta ikut dalam kompilasi “Tribute to Shelter”. Masih dengan format mengiris-ngiris perasaan yang mendengar, pemilihan sound kali ini tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya. Karakter vokal sedikit berbeda terasa menurut saya, lebih membuat kita teriris lagi. Tampaknya Simo, sang vokalis lebih bermain “perasaan” lagi di Demo 2011 ini. Salut!
Buat yang suka dengan metalcore, kalian harus dengar TRACES OF YOU. Haha! Jangan termakan bujukan saya, kalian bebas menentukan pilihan. Hanya rekomendasi dari saya saja. Semoga bermanfaat! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/tracesofyouband

BANGKIT MELAWAN “Demo 2011”

Band asal Malang yang merilis demonya di tahun 2011 ini menampilkan 4 lagu total oldschool youth crew hardcore. Udah lama ngga denger musik jenis ini. Hehe! Cukup asik. Namun sound-nya kurang maksimal, mungkin karena masih berbentuk demo. Untuk sebuah band youthcrew, akan lebih enak pemilihan sound gitar berkarakter bright dan karakter drum yang lebih ‘liar’ lagi. Track favorit adalah “Semangat Hidup”, ada bagian vokal yang membaca lirik seperti ngerap.
Secara umum musik BANGKIT MELAWAN terinfluens oleh band-band semacam TEN YARD FIGHT, IN MY EYES, JUDGE, POINTING FINGER, dan sejenisnya. Ditunggu full album-nya.. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/bangkitmelawan09

GREY GRACE “Believe” (Demo 2009)

Total 3 track yang cukup jelas mengartikan musik band asal Tangerang ini, melodicpunk. As fast as it should! Namun ngga biasa. Ada beberapa bagian yang terasa sedikit technical dengan ada bagain-bagian detailnya. Menarik. Musik mereka terasa nuansa band-band seperti NOFX, RUFIO, PROPAGANDHI.
Jenis musik seperti ini cocok kalo didengerin pas kamu abis bangun tidur. Sebelum beraktivitas, setel mp3 band ini, bisa bikin semangat. Hehe! Untuk ukuran demo hasil rekaman band yang lahir tahun 2007 udah cukup bagus. Namun pemilihan sound yang lebih lebar lagi bisa bikin musik GREY GRACE lebih fun. Hehe! (xEVx)
Kontak:
myspace.com/greygrace
grey-grace.blogspot.com

GUN BLASTING “South Side from the East” (EP, 2010)
Sebuah band Bandung yang menyuguhkan musik southern rock dengan sentuhan crossover yang ketara. Sebuah EP yang digarap serius dengan hasil rekaman yang bagus.
Keseluruhan 3 lagu yang agresif seperti mengajak untuk ber-mosh dan stage dive yang tanpa henti. Cara si vokalis membaca lirik hampir seperti SNAPCASE. Chord-chord gitar yang ala heavymetal diimbangi drum yang variatif bikin nuansa musik mereka sangat padat. Bagus! A must have.. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/gunblastingstonerrock

NEPTHYS “Demo 2011”

Masih dari bandung, kali ini sebuah band bernama NEPTHYS yang merilis demo berisi 1 intro dan 2 lagu melodicdeathmetal.
Pemilihan sound yang pas dengan karakter musik mereka dan hasil rekaman yang cukup maksimal bikin kuping puas. Hehe! Sound gitar yang berat namun tetap nge-tone dipadu dengan karakter sound drum yang clear dan proporsional di tiap gebukannya, nice! Belum lagi karakter pedalnya yang udah ‘sah’ untuk ukuran musik ini. Hihi! Dan ngga lupa vokal growl dan scream, serta pig-squeling yang variatif. Chord-chord bernada sedikit blackmetal membuat suasana ‘kelam’nya dapet banget.
Buat kamu-kamu para penggermar THE BLACK DAHLIA MURDERS, SUICIDE SILENCE, ALL SHAL PERISH, AT THE THRONE OF JUDGEMENT, dan sejenisnya, sangat recommended. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/nepthys_official

SIMPLE STRONG “Demo 2011”
Band oldschool hardcore asal Bandung ini baru aja merilis demo berisi 2 lagu. Asik juga! Terasa sentuhan band-band seperti BETTER THAN A THOUSAND dan IN MY EYES. Mengajak kita untuk ber-sing-along ria sepanjang lagu. Secara umum, pemilihan sound tiap-tiap alat musiknya bagus, dan yang terpenting bisa nyambung secara keseluruhannya. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/simplexstronghc

xDEADKIDx “Demo 2011”
Sebuah band Straightedge hardcore asal Bandung yang memainkan oldschool dengan sentuhan beatdown dan sedikit pattern newschool. Demo ini berisi 2 lagu dengan kualitas sound yang bagus untuk ukuran demo. Musik xDEADKIDx secara umum asik. Ada kalanya orang bisa sing along maupun slamming ataupun violence dancing.
Sepertinya xDEADKIDx adalah salah satu band SxE yang sangat potensial untuk ke depannya. Ayo buruan bikin full album-nya! Hehe! (xEVx)
Kontak:
xdeadkidx.blogspot.com

xSTAY ONx “Start New Life” (EP, 2011)

Kali ini datang dari Padang, Sumatera Barat. Oldschool strikes again! Total 3 lagu dan 1 intro mempertegas jenis musik mereka. Youthcrew! Ngebut, straight to the point, tanpa ampun, dan ngga lupa sing-along part di sana-sini. Kualitas pemilihan karakter sound yang lumayan. Kalo lebih ‘diperlebar’ sound-nya pasti akan lebih ‘wow’ lagi.
Dengan semangat Straightedge, mereka bertekad untuk bisa mengajak orang lain untuk hidup lebih bermakna dan hidup lebih sehat.
Bagi para penikmat band-band semacam CHAMPION, CASEY JONES, ataupun HAVE HEART, band ini bisa pasti cocok di kuping kamu!! Stay fucking true or die trying! (xEVx)
Kontak:
myspace.com/xstayonx
reverbnation.com/StayOn

THROUGHOUT “Demo 2011”

Band hardcore oldschool Jogja dengan vokalis perempuan ini baru aja merilis demo mereka yang berisi 3 lagu yang oldschool dengan sentuhan melodic. Secara umum hasil rekaman demo ini tergolong bagus, dengan karakter yang ‘penuh’. Namun kalo pemilihan karakter gitarnya dibikin lebih bright lagi mungkin warna melodiusnya bisa lebih jelas lagi tone-nya. Hehe!
Udah cukup lama ngga dengar kabar band ini, ternyata diem-diem udah rekaman demo. Sepak terjang ke depannya patut ditunggu. (xEVx)
Kontak:

myspace.com/throughoutykhc

WE ARE THE YOUNG #3 (VA)
For Tomorrow Records, 2011
Sebuah proyek kompilasi yang berisi 25 band beraliran Oi!/grind/hardcore/punk dari seluruh nusantara. Beberapa band di dalamnya antara lain KONTRA SOSIAL (d-beat punk, Bdg), AK47 (grindpunk, Smg), TO DIE (grindpunk, Jogja), GOREGOAT (grindcore, Salatiga), SNOW AT SUMMER (melodicpunk, Jember), PRETTY RIOT (Oi!, Pontianak), SKINY DOLLS (Oi!, Bogor), GET OUT THE RULES (poppunk, Ciputat), dan masih banyak lagi. Dari semua band yang ada di situ, yang menarik perhatian adalah SKINY DOLLS. Lagunya enak! Hehe!
Album kompilasi ini berada di bawah bendera For Tomorrow Records (Semarang). Selain “We Are The Young”, For Tomorrow juga merilis kompilasi “Together” khusus untuk genre melodicpunk. Tidak lama lagi akan dirilis “Together #2”. Kita tunggu aja tanggal mainnya.. Thanx buat Agung! Hajar terusss!! Hehe! (xEVx)
Kontak:
myspace.com/fortomorrowrecords
buatbesok.blogspot.com


Dimuat di Betterday #25

betterday zine | mei 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template