Kamis, 10 Februari 2011

Berteman dengan Vegetarian



Esai ini terinspirasi oleh blog seseorang yang men-judge kaum Vegetarian/Vegan yang sering mengonsumsi fake meat (daging buatan) atau daging sintetis. Fake meat adalah sebuah bahan dasar masakan yang terbuat dari tepung, jamur, kaldu nabati, dan bahan-bahan lainnya yang tentunya non-hewani. Daging buatan ini bisa dimasak dalam berbagai bentuk resep masakan seperti halnya daging biasa. Banyak restoran Vegan/Vegetarian yang menggunakan bahan ini sebagai bahan dasar menu makanannya. Fake meat cukup efisien bagi Vegetarian pemula dalam usaha menghilangkan kebiasaan makan daging. Namun pengonsumian daging buatan tidak tertutup pula bagi siapapun bahkan bagi orang yang telah bervegan puluhan tahun sekalipun. Untuk yang Vegan perlu membaca tabel ingredients pada bagian kemasan, karena ada beberapa produk fake meat yang mengandung telur. Dengan banyaknya produk fake meat bukan berarti argumen tersebut membuat seseorang menjadi pemakan fake meat tiap hari. Fake meat hanyalah sebuah pilihan (alternatif) bahan makanan. Masih banyak bahan makanan bergizi lainnya yang bisa dikonsumsi oleh para Vegetarian atau Vegan. Oke!

Beberapa orang dari kalangan non-Vegetarian ada yang mempertanyakan mengapa mengonsumsi fake meat kalau memang benar-benar absent dari konsumsi daging. Dan mereka pun berpikir (hingga menyimpulkan) seputar kaum Vegetarian / Vegan yang mengonsumsi fake meat bukanlah Vegan/Vegetarian sejati karena di alam pikirannya masih mau mengonsumsi daging buatan. Hmm, rupanya banyak yang harus dibaca oleh mereka.

Ada beberapa alasan orang menjadi Vegan atau Vegetarian. Alasan atau motivasi seseorang tentu tidak bisa dilihat secara kasat mata. Letak motivasi tersebut adalah di dalam otak dan hati. Sehingga yang ‘diperhitungkan’ dalam prinsip hidup Vegetarian/Vegan adalah perilaku, yang artinya harus tampak atau kasat mata. So, selama yang dimakan adalah non-hewani (apapun itu), berarti orang tersebut adalah Vegetarian. Tidak hanya berangan-angan di dalam otak dengan permainan “Vegetarian yang makan fake meat adalah Vegetarian setengah-setengah.” No no no..

Beberapa kalangan non-Vegetarian bahkan men-judge bahwa fake meat tidak bergizi sama sekali. Eits tunggu dulu, apakah orang-orang itu pernah berteman dengan para Vegetarian / Vegan (yang pernah konsumsi fake meat tentunya) dan ngobrol-ngobrol mengenai hal ini? Di dalam fake meat mengandung beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak hingga protein. Bahkan ada yang mengandung kalsium. Hal ini sudah diperhitungkan oleh produsennya yang notabene kebanyakan justru dari luar negeri di mana standard kesehatan di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Justru sebaliknya, di dalam daging biasa-lah banyak kelebihan zat yang tidak baik bagi tubuh seperti kolesterol dan lemak jenuh yang merupakan penyebab banyak penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung, darah tinggi, dsb. Namun hal ini bukan berarti bahwa fake meat sangat menyehatkan. Karena bagaiamanpun juga produk fake meat kebanyakan adalah frozen foods, sehingga mengandung zat pengawet, walaupun tidak dalam kandungan banyak.

Bagi pihak yang non-Vegetarian/Vegan sebelum nge-judge, atau posting tulisan di blognya (yang berarti pendapatnya) mengenai kejelekan fake meat dan sekaligus menyudutkan kalangan Vegetarian/Vegan, ada baiknya menjalin komunikasi dengan teman-temannya yang telah lama menjalani prinsip hidup Vegetarian/Vegan. Apa jangan-jangan tidak punya teman Vegetarian? Hehe! Sehingga tidak hanya membuat penilaian yang hanya terpengaruh beberapa referensi kecil, bahkan tulisan yang merupakan pendapat sebagai sebuah bentuk kebencian. Karena ketika dari awal kamu memang mau membenci Vegetarianisme/Veganisme, it's ok, silakan, tapi tidak perlu menulis informasi yang membuat dirimu terlihat agak tolol (sorry). Because Vegetarian or Vegan are attitude. And only attitude counts. (El Vegano)

Dimuat di Betterday #24




betterday zine | februari 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template