Jumat, 25 Februari 2011

AMERICAN HARDCORE: The History Of American Punk Rock 1980-1986


AMERICAN HARDCORE:
The History Of American Punk Rock 1980-1986

Sutradara: Paul Rachman
Produser: Steven Blush dan Paul Rachman
Penulis naskah: Steven Blush
Dirilis 2006 oleh AHC Production
Benchmark: The Decline Of Western Civilization

Film ini di buat berdasarkan sebuah buku yang di tulis sebelumnya oleh salah satu produsernya, Steven Blush, yaitu “American Hardcore: a Tribal History”, dirilis oleh Feral House. Sebuah film dokumenter musikal mengenai sejarah musik Hardcore era awal di USA yang di mulai dari tahun 1980-1986.

Seperti juga di bukunya, film ini memuat banyak hal yang terjadi di awal awal terciptanya musik Hardcore. Mulai dari diangkatnya Ronald Reagan sebagai presiden USA yang dianggap menekan kaum muda di USA saat itu dengan kebijakan kebijakannya yang sering bersebrangan dengan kaum muda nya. Sampai ke represi polisi dan masyarakat awam saat itu yang kacau. Hal itu di perparah dengan banyaknya musik musik yang di anggap kurang agresif dan sudah terformula secara standar.

Terinspirasi oleh punkrock di UK, akhirnya muncul band-band punkrock di Amerika Serikat yang membawakan musik dengan lebih cepat, lebih agresif, dan lebih mandiri. Yang kemudian disebut sebagai hardcore punk. Dimana mereka mempunyai kebencian yang begitu mendalam terhadap definisi normal secara konvensional / mainstream yang didefinisikan oleh masyarakat umum.

Mereka yang mempunyai band merilis sendiri albumnya, mendistribusikan album dan melakukan tur melalui network yang mereka bangun sendiri, sesuatu yang belum pernah di lakukan sebelumnya. Hal ini yang kemudian di kenal sebagai etos Do-It-Yourself (D.I.Y).

Film ini banyak memuat footage dari gig hardcore era awal, menarik untuk mengetahui bagaimana gig saat itu yang berbahaya, liar, dan brutal. Juga interview beberapa pionir hardcore seperti Henry Rollins & Greg Ginn (BLACK FLAG), H.R (BAD BRAINS), Ian Mckaye (MINOR THREAT), bahkan Moby pun ternyata dulunya bermain di VATICAN COMMANDOS, sebuah band hardcore era awal. Juga beberapa zine maker era awal seperti Flipside, seniman seperti Sean Taggart dan Winston Smith yang banyak membuat artwork untuk band atau flyer gig di-interview di sini.

Salah satu hal yang menarik adalah melihat apa yang terjadi sekarang dengan kehidupan para pionir hardcore tersebut. Ada yang masih tetap aktif di scene seperti Ian Mckaye, Henry Rollins, atau berubah drastis menjadi penegak hukum, teknisi elektronik, bahkan pendeta.

Bayangkan usaha mengumpulkan informasi dan menemui para nara sumber yang berasal dari segala penjuru USA, tentunya membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidaklah sedikit. Recommended. (Indra 'Menus')

Bagi kamu yang belum sempet nonton filmnya, bisa donlot dengan mengklik link-link di bawah ini (HARUS DI-DOWNLOAD SEMUA BARU BISA DI-EKSTRAK!):
AMERICAN HARDCORE PART 1 (mediafire)
AMERICAN HARDCORE PART 2 (mediafire)
AMERICAN HARDCORE PART 3 (mediafire)
AMERICAN HARDCORE PART 4 (mediafire)

Dimuat di Betterday #24


betterday zine | februari 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template