Rabu, 12 Januari 2011

National Edge Day



EDGE DAY adalah hari besar unofficial yang dilakukan oleh sebagian besar Straightedgers. Dirayakan tiap tanggal 17 Oktober, dan pertama kali dilakukan pada tahun 1999 di Boston, MA (Massachusetts). Meskipun Edge Day berlanjut menjadi semakin banyak menerima kedatangan para Straightedgers, namun tiap tahunnya gig diadakan dengan skala yang tidak begitu besar, serta acara gathering di beberapa negara di dunia.

Sejarah Edge Day
Tahun 2010, Edge Day sudah memasuki yang ke-11 tahunnya. Awalnya (National) Edge Day diselenggarakan pada 17 Oktober 1999, bersamaan dengan konser terakhir TEN YARD FIGHT, di nightclub Karma, Boston, Massachusetts. Acara tersebut diramaikan pula oleh band-band Straightedge yang sudah sudah tidak asing di telinga, seperti BANE, IN MY EYES, REACH THE SKY, dan FLOORPUNCH. Show ini menandai munculnya kembali youthcrew hardcore di akhir 1990an, namun membantah anggapan memunculkan babak baru dalam Straightedge dengan membentuk hari besar sebenarnya di scene hardcore. Sejak itu, tiap tahun selalu ada local show di wilayah Boston yang juga diartikan sebagai show perayaan Edge Day. Apabila tanggal 17 Oktober tidak jatuh pada hari Minggu, show Edge Day diganti pada hari Sabtu, dicari yang paling dekat sebelum atau sesudah tanggal 17 Oktober.

Edge Day, Untuk Apa?
Dari penjelasan sebelumnya, Edge Day secara historis merupakan sebuah ‘hari besar’ tidak resmi para Straightedgers. Jadi Straightedgers boleh merayakan ataupun tidak. Dilihat dari sisi lain, penggunaan kata ‘National’ di depan kata ‘Edge Day’ mengartikan bahwa hari besar ini sifatnya nasional (di Amerika sana), bukan internasional. Dan dilihat dari sejarahnya, show dalam perayaan Edge Day hampir semuanya diadakan di Massachusetts, hanya sekali di luar negeri yaitu pada tahun 2007 (Belgia), itupun pada tahun tersebut diadakan show yang sama juga di Massachusetts. Dan kalo diperhatikan lebih dalam, acara tersebut hampir selalu hanya melibatkan band-band oldschool youthcrew. Hal ini mungkin karena sejarah Edge Day merupakan tonggak lahirnya kembali semangat youthcrew di akhir tahun 1999 setelah sempat tenggelam beberapa tahun sebelumnya. Kadang muncul pertanyaan di benak sebagian orang, bagaimana dengan band-band Straightedge lain yang juga merupakan band yang mengklaim Straightedge namun dengan aliran musik berbeda seperti xTYRANTx dan sejenisnya? Apakah perayaan tersebut hanya untuk oldschool? Atau hanya untuk wilayah Massachussets saja? Tentunya jawaban diharapkan lebih karena faktor historis lahirnya Edge Day itu saja. Sehingga pertanyaan-pertanyaan seperti di atas cukup diartikan sebagai sebuah pertanyaan menggelitik dengan tujuan apapun jawabannya adalah untuk membuat scene hardore (di manapun) tetap kompak, apapun sub-jenis musiknya, maupun antar hardcore kids dengan ideologinya masing-masing.

Sisi baik dari adanya Edge Day adalah menjadikannya sebuah media bagi bertemunya sebagian Straightedgers di sebuah tempat untuk bisa bersenang-senang dan saling sharing ide. Namun hal ini jangan kemudian membuat para Straightedgers merasa lebih dibandingkan Straightedgers lain yang tidak datang, ataupun terhadap yang non-Straightedge, sehingga bisa membuat semacam pengotakan baru. Dan show seperti itu seharusnya terbuka untuk siapapun yang ingin datang, sehingga bagi teman-teman non-Straightedge bisa menikmati musiknya.

Tiap perayaan hari besar tentunya harus memiliki makna dan tujuan, demikian pula Edge Day. Karena hanya dengan datang ke show Edge Day dan bersenang-senang di situ TIDAK menjamin si Straightegder sanggup menjaga komitmen dirinya sampai liang kuburnya. Sehingga memaknai Edge Day sebagai sebuah momen pijakan bagi langkahnya untuk semakin memperkuat keyakinan dirinya dalam menjaga prinsip hidup Straightedge (lebih dari sekadar gaya hidup) sampai mati adalah penting. Dan diadakannya Edge Day tentunya akan tetap di dalam balutan semangat saling menghargai perbedaan dengan tujuan memperkenalkan dan mempromosikan Straightedge dengan cara yang seru.

Memahami makna dan melakukan apa yang seusai dengan track-nya akan menjadikan Edge Day sebagai sebuah hari besar yang menarik untuk dirayakan (walaupun ini tidak mengikat bagi Straightedgers yang tidak ingin terlibat di dalam Edge Day ini sekalipun, karena semuanya mempunyai sudut pandangnya masing-masing). Sehingga perayaan Edge Day bukan sekadar sebuah rutinitas tahunan yang omong-kosong. Stay Edge and respect! (El Vegano)


Edge Day Performance

16 Oktober 2010, Tufts in Medford, MA: Step Forward, Waste Management, Vaccine, No Tolerance, Alert. 17 Oktober 2009, Club Lido in Revere, MA: Have Heart (last show), Bane, Shipwreck A.D., Step Forward, Cruel Hand, Rival Mob, Foundation, Waste Management, No Tolerance.
18 Oktober 2008, Anchors Up in Haverhill, MA: Have Heart, Let Down, The Mongoloids, Invasion (surprise reunion), Rampage, Blank Stare, Step Forward, Waste Management, No Tolerance (first show), and Free Spirit (first show).
20 Oktober 2007, Welfare Records in Haverhill, MA: Have Heart, First And Ten (ex Ten Yard Fight), Verse, The First Step, The Mongoloids, Resist (CD release), Maintain, The Effort (featuring Sweet Pete dari In My Eyes melakukan performance kejuta di lagu "Take The Risk"), Let Down, Foundation, Outrage, and Get The Most.
17 October 2007, Ghent, Belgium: True Colors, One Voice, Losing Streak.
21 October 2006, Elks Lodge in Cambridge, MA: Righteous Jams (CD release), Think I Care (last show), Colin of Arabia, Justice, Rampage, Risky Business, and Step Forward (first show).
22 October 2000, Haverhill, MA: In My Eyes (last show) (feat John Porcell dari Project X di lagu "Straight Edge Revenge"), Ten Yard Fight (reuni), Bane, Shark Attack, Killing Flame, and Mouthpiece.
17 October 1999, Karma Club in Boston, MA: Ten Yard Fight (last show), In My Eyes, Floorpunch, Bane, Reach the Sky, and Fastbreak.


Dimuat di Betterday #24 (versi cetak)



betterday zine | januari 2011 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template