Rabu, 26 Januari 2011

Miskonsepsi Sebuah Labelisasi




Sebelumnya tidak perlu susah untuk mengartikan judul tulisan saya diatas, hanya akan berbicara tentang sedikit kesalahpahaman dan labelisasi ringan saja. Labelisasi dalam hal ini saya kaitkan dengan sebuah band..sebuah band pasti punya sebuah nama dan juga slogan tertentu, entah itu band yang udah dikenal ataupun yang belum mau dikenal. Kita semua tahu biasanya (tidak harus) band-band StraightEdge membubuhi atau menambahkan simbol "X" pada awalan dan akhiran nama bandnya. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak mengetahui maknanya menganggap ini adalah hal yang keren. Dan seperti yang kita tahu kalo ada yang keren pasti selanjutnya diikuti dan menjadi tren. Nah tren itulah yang akhirnya menjadi sebuah miskonsepsi atau sebuah kesalahpahaman.

Banyak band yang bukan StraightEdge ikut-ikut-an menambahkan tanda "X" di awalan dan akhiran nama bandnya, padahal band Straight Edge adalah band yang SEMUA personelnya StraightEdge, dan itu adalah hal yang cukup susah, dan maknanya besar karena menyatukan visi sebuah band ke satu arah itu sangat susah dan patut dihargai karena hal ini positif. Saya aja pengen banget punya band StraightEdge belum keturutan sampe sekarang. Huhu!

Oke, mungkin sebagian beralasan kalo itu hak mereka menamai sebuah band. Tapi saya juga punya hak untuk mengkritisi itu. Karena nanti efeknya akan berimbas pada kurangnya pemahaman akan Straight Edge, kalo yang udah paham okelah mungkin bisa mengerti meski nantinya juga akan terjadi miskonsepsi tapi bagi yang belum mengerti dan paham akan pelabelan itu akan bahaya. Gaya hidup yang positif yang diekspresikan lewat media sebuah band berangsur akan punah. Bukannya saya mempermasalahkan hal yang dianggap kecil dan remeh oleh sebagian orang, tapi efek hal yang kecil ini bisa berakibat fatal jika dibiarkan terus menerus tanpa ada yang mengkritisi!

Semoga tulisan saya yang sedikit ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat, kalo ada yang punya pendapat lain silahkan sharing sama saya ya.. Kan tulisan ini sifatnya juga pendapat. Bukan Undang-Undang. Hehe! Atas perhatian kecil yang diberikan saya yang kecil ini mengucapkan terima kasih. Small are GREATER!! (Adi Krisnawan. Seorang Straightedger asal Blitar, Pemilik Birthdie Records, gitaris IN FRONT OF BEHIND, dan mengelola beberapa zine)


Dimuat di Betterday #24


betterday zine | januari 2011 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template