Senin, 17 Januari 2011

Interview with N4S (NOT FOR SALE)

Interview with N4S (NOT FOR SALE)
(Krishnacore, Philipines)


1. Hallo kawan! Apa kabar kalian? Bisa kalian perkenalkan diri kalian kepada teman-teman di Indonesia!?
Namaste. Hallo untuk semua orang di sana, Saya Balarama Das, vokal pada N4S, anggota N4S yang lainnya adalah:
Bhakta Joel Pabuna a.k.a Manay Doggie (transcendental barks), Gaurasundara Das (mystical guitars), Bhakta Marco Polo (yogi bass), Bhakta Vic (goloka drums).

2. Sebelum saya memulai pertanyaan seputar N4S, apa yang kalian tahu tentang Indonesia?
Hmmmm.. Secara letak geografis, saya kira Indonesia adalah negara tetangga Filipina. Saya dengar tentang pulau Bali yang indah. Dan saya mendengar tentang healthy hc/punk scene di sana. Hanya sedikit informasi tentang scene anda sehingga kami akan sangat senang jika anda mau berbagi informasi tentang D.I.Y scene di sana.

3. Kalian baru merilis album “City Of Nine Gates”. Bercerita tentang apa album kalian tersebut?
“City Of Nine Gates” adalah gambaran dari perjalanan batin kami yang tebangun dari dunia eksternal ke dunia internal. Ini adalah asal mula perkembangan (R)evolusi di kehidupan N4S. Total ada 17 lagu, 5 di antaranya adalah demo album “The Noise Of An Old Intelligence” yang telah dirilis 2 tahun yang lalu. Dan 5 lagu lainnya baru saja dibuat 2 bulan yang lalu dan direkam 3 minggu yang lalu di suatu tempat di Pasig City pada bulan Damodara. Singkatnya, album ini tentang sifat dari dunia fana serta bagaimana kita menjalani hidup di dunia material ini. Khayalan dan ilusi menjadi debu yang membuat kita dapat terjatuh dari pegangan kebenaran. Dari waktu ke waktu kita mencoba menangkap sesuatu dari dunia material ini, tapi itu semua tidak bisa membersihkan diri kita dan membuat kita tidak dapat naik ke tahap kehidupan yang lebih tinggi. Ini adalah tentang bagaimana keluar sebagai sebuah “mutiara” dari “kulit” yang membelenggu. Kami telah meninggalkan kebenaran yang palsu. Kita semua sesungguhnya tinggal dalam badan sementara.

4. N4S adalah band Hare Krishna, apa yang membuat kalian membentuk band ini dengan Krishna sebagai ideolognya?
N4S dimulai pada tahun 1994 sebagai band Noisecore Punk. Setelah merilis album 10 tahun N4S berdiri, di tahun 2004 perubahan dimulai. Saya meninggalkan segalanya; modernisasi, kekosongan batin, dislokasi kosmik, dan ketidakpastian eksistensial. Kecewa dengan dunia ini, tak ada yang menarik, dunia material ini mengambil kehidupan kita. Saya muak dengan dunia material ini; kekayaan dan permainan hidup. Saya menginginkan kehidupan yang lebih bermakna. Kita semua “disamarkan” dengan menumpuk angka di rekening bank demi mencerminkan siapa diri kita, memiliki rumah yang bagus, mobil mewah, anak-anak yang pintar, istri yang cantik, atau memiliki keluarga besar, itu hanya akan memuaskan indera kita.
Ini bukan sebuah ideologi. Ini adalah “penetral racun”. Pembatasan keegoisan yang salah. Inti kebahagiaan. Dia ada dalam setiap hati kita. Inti keberadaan kita adalah fokus terhadap kesadaran pemahaman yang lebih tinggi.
Beberapa orang mengkategorikan N4S sebagai band Hare Krishna, mungkin karena keterlibatan aktif kami dalam gerakan A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada, penggagas Hare Krishna. Namun gerakan ini bukanlah kelompok sektarian agama dogmatis, ini adalah gerakan budaya transedental revolusioner untuk mengembangkan naluri metafisik manusia dan memberi mereka kesempatan untuk memperluas dan mengekspresikan potensi diri sepenuhnya. Ini bukan formula agama atau rekreasi rohani, tetapi faktor yang paling penting dalam hidup kami. Hidup kita semua. Tujuan utama dan tertinggi.

5. Dan kalian juga adalah band Vegan/Vegetarian juga, apakah ada kaitan antara Veganisme/Vegetarianisme dengan Hare Krishna?
Saling menghormati kesucian setiap bentuk kehidupan. Ini adalah prinsip dasar kehidupan. Sebagai praktisi Bhakti Yoga (pengabdian suci kepada Tuhan YME, WTPz red), anda akan mengembangkan karakter kasih sayang dan realisasi pada interkoneksi kehidupan kosmik di alam semesta ini, dan anda akan menumbuhkan kerendahan hati dan dengan pengetahuan yang benar, anda akan melihat dalam vision yang sama; pria-wanita-sapi-babi-burung-ikan-anjing. Dalam kehidupan Vaisnava, ini adalah praktik umum untuk menjadi Vegetarian, itu adalah transformasi alami untuk menghindari pengkonsumsian hewan.

6. Apa arti Straight Edge buat kalian? Dan bagaimana menurut kalian tentang orang yang sellout dari Straight Edge?
Sekali lagi seorang Bhakti Yoga menghindari segala bentuk minuman keras seperti; alkohol, anggur, bir. Serta rokok, obat-obatan terlarang, dan segala zat yang merusak. Mereka yang serius di jalan Bhakti akan mengembangkan rasa untuk kegiatan yang lebih bermakna. Melalui praktik disiplin dan pengendalian indera, tidak ada lagi pemanfaatan waktu yang sia-sia. Jadi banyak kesamaan antara Straight Edge dan proses Bhakti. Sejauh yang saya tahu, Straight Edge adalah sebuah cara hidup yang bersih dan alami. Kami adalah sekelompok pemabuk dan pengguna narkoba sebelumnya. Tapi karena ajaran A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada dan keinginan kami untuk hidup di jalan Vaisnava, praktik dasar dari Straight Edge secara alami kami lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Saya sudah berhenti menggunakan narkoba dan mengkonsumsi minuman keras hampir 7 tahun yang lalu dan saya seorang Vegetarian selama lebih dari 13 tahun yang lalu. Saya sudah tidak menonton televisi selama 15 tahun yang lalu dan saya tidak tertarik membaca koran atau mendengarkan radio. Apa yang saya baca di zine Straight Edge 20 tahun yang lalu, ada beberapa “Edgers” yang juga menghindari televisi atau apapun yang dapat mengotori pikiran kita. Saya tidak tahu apakah ini cukup untuk mengkategorikan saya sebagai seorang Straight Edge juga. Ini bukan otoritas atau saya bukanlah sumber yang tepat untuk membahas hal ini. Lagipula, saya pikir tidak cukup hanya mengkategorikan Straight Edge atau bukan, karena tidak peduli anda mengklaim sebagai seorang Straight Edge namun anda belum tahu siapa diri anda sebenarnya. Tidak masuk akal. Dan kadang-kadang, seseorang yang menklaim dirinya seorang Straight Edge sangat “dimabukkan” oleh rasa bangga dan arogan. Jadi apa bedanya mereka dengan seorang junkie. Hanya sebuah kebanggaan semu.
Sellout? Saya rasa kita semua telah sellout di dunia industri materialistik ini. Lebih baik hidup dalam kemiskinan daripada harus “menjual” apa yang telah menjadi ideologi kita. Segala sesuatu di dunia; kekayaan, ketenaran, bakat luar biasa, semua itu tidak berharga. Lebih baik tidak dikenal daripada harus “menjual” jiwa ini untuk sebuah ketenaran semu. (Bahasanya tinggiiii… Susyahh… Hehe! BD red)

7. Bisa kalian gambarkan tentang musik kalian!? Dan apa influence terbesar N4S selain Sri Krishna tentunya?
Ini bukan musik, ini hanyalah bunyi-bunyian saja...Hehe! Kami memiliki influens yang beragam selain dari lagu-lagu meditasi Vrindavan. Bhakta Joel Pabuna menyukai UK Punk, Oi!, Grindcore, dan Punk Rock era 70-an. Gaurasundara lebih ke NYHC tipe Straight Edge Youth crew dan band-band Krishnacore. Bhakta Marco Polo condong ke heavy hardcore dan metalcore. Bhakta Vic menyukai trashcore, youth crew, Grind, dan crushpunk. Saya sendiri mempunyai banyak influens seperti CRASS, RESIST, D.R.I, SEVEN MINUTES OF NAUSEA, 108. Dari anarchopunk sampai noisecore, dari Scandinavia hardcore sampai trashpunk. Untuk sekarang, band-band Krishnacore yang lebih banyak mempengaruhi kami (baca: N4S).

8. Sedikit ingin tahu kalian secara individu. Selain band, apa kegiatan kalian sehari-hari?
Ketika kami rekaman album “City Of Nine Gates” selama 7 jam, Bhakta Joel Pabuna bolos kerja 2 hari, jadi ketika dia kembali untuk bekerja, dia dipecat! Haha! Sekarang dia menganggur dengan istri dan 2 anaknya. Gaurasundara tidak memiliki pekerjaan. Bhakta Marco masih belajar di universitas (mahasiswa). Bhakta Vic baru saja melewati wawancara dan akan segera mendapat pekerjaan. Saya (Balarama Das) tidak punya pengalaman atau ingin melamar pekerjaan. Tapi kami sangat senang dengan kehidupan kami sehari-hari. Setiap hari kami mempraktikkan Bhakti Yoga, meditasi mantra dan kami suka memasak makanan Vegan/Vegetarian dan mengubahnya menjadi prasadam (makanan suci; makanan yang dipersembahkan kepada Sri Krishna, WTPz red) yang luar biasa. Kami senang membaca dan mempelajari serta mendistribusikan buku-buku A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada. Kami punya pesta makanan Vegan/Vegetarian setiap minggu di ashram kami atau Yoga Center. Kami suka berpergian dan berbagi apa yang kami pelajari dari guru kami tentang Bhakti Yoga ke segala lapisan masyarakat di Filipina.

9. Apa kalian tergabung dalam organisasi tertentu (FNB misalnya)? Dan mengapa kalian ikut organisasi itu?
Di masa yang lalu, kami terlibat dalam berbagai perjuangan dan kelompok perlawanan independen. Sekarang, kita masih sangat aktif dalam kolektif. Kami hanya ingin memanfaatkan waktu luang kami dengan cara yang lebih progresif dan masuk akal. Sebagian besar dari kami adalah sukarelawan Food For Life, ini adalah organisasi nirlaba, non pemerintah. Didasarkan atas semangat kesukarelaan dan pengabdian yang tulus untuk membantu meringankan kehidupan serta membentuk kesadaran kita sebagai mahluk hidup. Memberi makan orang-orang yang miskin tidaklah sulit, tetapi memberi makan hati yang lapar dengan kasih sayang dan pengabdian yang tulus, itu adalah tantangan besar.

10. Saya sempat berbincang dengan gitaris kalian, Glenn Jason (Gaurasundara Das) tentang scene hc/punk di sana. Kalian memiliki scene hc/punk yang lebih “berwarna” dibandingkan di Indonesia (agama, positif, negatif, atheis, dll). Sebagai band Hare Krishna-Vegan/Vegetarian-Straight Edge Hardcore, bagaimana kalian menempatkan diri di tengah scene yang sangat “berwarna” tersebut?
Selama masih ada yang menunjukkan ketertarikan “di luar” hc/punk biasanya, N4S akan berusaha berpartisipasi lebih aktif di scene D.I.Y lokal. Tidak peduli bagaimana mereka mencoba menjatuhkan kami dan individu lainnya atau band di scene ini, perjuangan dan tekad tidak akan kalah sedikitpun. Kami akan tetap menyuarakan “kemerdekaan”, membawa ketenangan serta kegembiraan dari ketulusan batin di tengah material ini. Tidak ada yang dapat menghentikan kami!

11. Apa rencana kalian dalam waktu dekat ini? Rencana kita adalah meneruskan apa yang sedang kami lakukan dan mungkin tur di luar Filipina. Kita lihat saja.

12. Ada kata-kata terakhir yang ingin disampaikan kepada teman-teman di Indonesia? Sebelumnya, terima kasih atas waktunya untuk wawancara ini. Terima kasih banyak atas kesempatan ini. Kami sangat menghargainya. Jika ada yang ingin belajar lebih lanjut tentang apa yang saya katakan, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan kami dan kami pasti akan membalasnya. Anda dapat menghubungi kami lewat email di: balaramadas_chakra@yahoo.com. Dan juga kalian dapat men-download album kami secara gratis di: sonidosdeliberacion.blogspot.com. Dan jika kalian ingin memiliki CD kami, kalian dapat menghubungi kami. Terima kasih sekali lagi untuk semua. Peace. Hare Krishna!

Arti Istilah-istilah:
Ashram: tempat kegiatan seperti yoga dan meditasi bagi para bhakta (pura dalam agama Hindu)
Vaisnava: Bagian dari sub agama Hindu yang membhaktikan diri kepada Krishna sebagai personalitas utama. Bulan Damodara: pada bulan ini para gopi mengingat Krishna saat meniupkan sulingnya di hutan, dan sapi-sapi tertegun mendengarnya. (nama lain dari Damodara adalah bulan Kartika).
Hare Krishna: Hare Krishna adalah gerakan bhakti (devotional) Hindu. Didirikan di AS tahun 1965 oleh Swami A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada (1896-1977), dengan nama resmi "The International Society for Krishna Consciousness" atau ISKCON. Nama populer dari masyarakat ini adalah Hare Krishna, artinya "Kemenangan untuk Krishna" (Victory to Lord Krishna). Hare Krishna adalah tradisi (sampradaya) dari sub agama Hindu Vaisnava.


Interview dilakukan oleh xWhisnux.



Dimuat di Betterday #24 (cetak).



FOR THE ENGLISH VERSION, PLEASE VISIT

wethepeople-hxc.blogspot.com/2010/12/n4s-interview.html





betterday zine | januari 2011 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template