Rabu, 26 Januari 2011

Band Profiles (BD #24): KNOCKDOWN, STAND TO DEFENSE, TRYING TO FIND, xDEDICATIONx, xLIFETIMEx





KNOCKDOWN

(Yogyakarta Hardcore)


KNOCKDOWN terbentuk pada pertengahan September 2009, awalnya dimulai dari sebuah reuni dua teman lama yaitu Pentol (eks-dramer) dan Phitex (vokal) yang kemudian berlanjut untuk membentuk sebuah band hardcore. Akhirnya bergabunglah Komo (bas) dan Yoqka (gitar) ke dalam band.

Musik mereka terinfluens oleh HATEBREED, SWORN ENEMY, DONNYBROOK, CDC, ALCATRAZ, dan sejenisnya. Pada pertengahan Mei 2010 Pentol memutuskan keluar dari band karena menikah dan ingin memprioritaskan pada keluarganya. Kekosongan posisi segera diisin oleh Joshua (dram). Ia banyak berkontribusi di band, terutama dalam urusan desain grafis.

Mereka tidak sekadar bermain musik saja, namun mereka memainkan musik seusai apa yang mereka inginkan dan dengan penyampaian pesan yang jujur seusai apa yang mereka mengerti. Sepak terjang mereka selanjutnya patut ditunggu!

Kontak:
myspace.com/knockdownyogyakarta




STAND TO DEFENSE
(ECHC - Yogyakarta Hardcore)
Terbentuk sekitar pertengahan tahun 2009 di pinggiran Yogyakarta bernama Prambanan. STAND TO DEFENSE (STD) berawal terbentuk dari sebuah pertemanan dan kebetulan mempunyai kesamaan jenis musik. Line-up awal STD adalah Tanto (vokal), Panjul (vokal), Gundul (vokal), Fajar a.k.a Jarwo (gitar), Herru (guitar), Dinno (bass), dan Aun (drum).

Secara musikal mereka banyak terinfluens oleh band-band seperti: RYKER’S, BACKFIRE, MAKE A COUNT, NO INNOCENT VICTIM, TERROR, MADBALL, DOWNSET, E-TOWN CONCRETE, AGNOSTIC FRONT, SOMETHING WRONG, STRONGER THAN BEFORE, SERIGALA MALAM, REASON TO DIE, FIRST TIME, BAKUHANTAM, FIGHT ALONE TODAY, xLIFETIMEx, dan masih banyak lagi band local teman-teman mereka lainnya.

Setelah jalan beberapa lama akhirnya Tanto dan Gundul keluar. Hal tersebut sempat membuat mereka vakum sampai akhirnya Dony a.k.a Genjod bergabung mengisi posisi vokal, dan sekarang mereka kembali lagi dengan line-up baru yaitu Dony a.k.a Genjod (vokal), Dinno (bass), Fajar a.k.a Jarwo (gitar), dan Aun (drum). STD tetap berdiri sampai saat ini karena mereka terbentuk karena sebuah persahabatan yang mengalir dalam nadinya. Adalah nafas sebuah hidup ketika kita merasakan sebuah makna dari persahabatan itu sendiri. "Keep on struggle!" teriak mereka.

Kontak:
083867038259 (Dony)
myspace.com/standtodefense



TRYING TO FIND
(Medan Oldschool Hardcore)
Band asal Medan ini terbentuk pada akhir tahun 2001 oleh Eric Sitohang (vokal), dengan mengajak beberapa teman lainnya dari scene, Moses Hutapea (gitar), Yoseph pohan (bas), dan Riyandi Himawan (drum). Eric mencoba menawarkan nuansa baru di scene yang pada saat itu didominasi oleh newschool dan metalcore. Hasilnya adalah fast-move oldschool hardcore (3-chord style).

Pada awal 2002, TRYING TO FIND (TTF) tampil dengan seluruhnya 6 lagu sendir; dengan bit oldschool dan rif razor-blade ditunjang dengan lirik seputar realitas sosial (no bullshit!). Lirik diciptakan oleh Eric dengan bantuan teman-teman di TTF. Seluruh lagu baru direkam pada bulan Februari 2008 (independen). Kesibukan personil-personilnya membuat TTF tidak punya waktu untuk recording.

Terjadi pergantian personil pada tahun 2003, Riyandi pindah ke Bandung, sedangkan Yoseph ke pindah ke Jogja. Posisi mereka digantikan oleh Tadashi Umeda (bas) dan Zoufy Abdurahman (drum). Dan pada akhir 2004, Tadashi Umeda pindah dan menjadi warga Jepang. Setelah kembali dari Jogja Yoseph bergabung kembali dengan band tersebut menggantikan posisi kosong yang ditinggalkan Tadashi Umeda.

Masuk tahun 2010 TTF merekrut Richard Tambun yang akhirnya membawa penyegaran secara musikal bagi band tersebut. Oktober 2010, setelah berdiskusi seputar masa depan band ini, Moses memutuskan untuk keluar dari band karena alasan pribadi. Dan mereka tetap bertahan sampai sekarang dengan semangat yang sama, bahkan lebih besar!

Kontak: 081362245353 (Eric Sitohang)
itutidakbenar@yahoo.com
myspace.com/tofindcrew



xDEDICATIONx
(Yogyakarta Hardcore)
xDEDICATIONx, band StraightEdge hardcore baru dalam scene YKHC terbentuk pertengahan 2010 dengan line-up xAditx (vokal), xWillyx (gitar), xBayux (bass) (THERMALVISION), xRizkyx (lead guitar) (ABOLUTE VIOLENCE), dan xWisnux (drum) (ABSOLUTE VIOLENCE).

Nama xDEDICATIONx sendiri dicetuskan oleh sang vokalis yang langsung disetujui oleh personil lainnya. Karena menurut mereka nama itu sangat sesuai dengan visi xDx yang ingin mempersembahkan sesuatu untuk apa yang dipegang sebagai ‘lifetime commitment’, StraightEdge. Dengan band ini mereka ingin menyampaikan beberapa pesan mengenai SxE, seperti bagaimana pride-nya menjalani hidup sebagai edge-man, kebencian terhadap fenomena sellout apalagi ‘back stabber sellout’, tentang brotherhood and friendship, serta beberapa hal lain yang menurut mereka perlu disampaikan. Selain itu xDx juga ingin mendedikasikan langkahnya untuk scene YKHC. Mereka tidak akan merampas hak asasi yang non-SxE (untuk konsumsi rokok, alkohol, drug) dengan semangat “We’re just a band with open minded persons who try to open your mind to get your life better, but we dont care if you’re not, all we can say is ’just get free or die fuckin trying!’

Secara musical xDx banyak terpengaruh dari band-band seperti CAST ASIDE, xREPRESENTx, THROWDOWN, xTYRANTx, CDC, dan REASON TO DIE. xDx baru memiliki dua lagu yang rencananya akan take recording akhir 2010 ini. A must fucking wait! Stay true or go to hell with sellouts!

Kontak:

myspace.com/xdedicationxykhc



xLIFETIMEx
(Yogyakarta Hardcore)
xLIFETIMEx lahir pada tanggal 3 Agustus 2009 dengan formasi awal xBillyx (vokal), xSandix (gitar), xHanditx (bas), dan xEl Veganox (drum). Pada bulan November 2010 xHanditx memutuskan untuk keluar dari band karena kesibukan pada pekerjaan. Posisinya akhirnya digantikan oleh xTyardx yang juga pemain bas REASON TO DIE.

Secara musikal, xLIFETIMEx terpengaruh oleh xREPRESENTx, PATH OF RESISTANCE, dan xTYRANTx. Mereka sedang merencanakan untuk membuat demo atau EP.

Mereka membentuk xLIFETIMEx untuk bersenang-senang dengan hc kids, berkontribusi di scene, dan tentunya sambil menyampaikan pesan seputar Straightedge. Komitmen SxE tentunya tidak membatasi mereka dalam berteman dan berinteraksi. Friendship harus tulus. Tapi untuk kasus sellout, mereka tergolong kritis. Karena menurut mereka Straightedge adalah sebuah lkomitmen diri seumur hidup. You trust it, commit it, deal with it, and of course take it to your fucking grave. Sellout = fagot!

Kontak:
myspace.com/xlifetimexhc


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template