Rabu, 26 Januari 2011

Album & Demo Review (BD #24)


xTRUE NATUREx “For The Innocent”
Eco.Nspiracy Records, 2008
That there’s no difference in suffering. One species, we’re all the same. We’re all sentient beings.” Itu adalah penggalan bait lagu dari xTRUE NATUREx, band Vegan StraightEdge accousticore asal Amerika Serikat. Kita dibawa ke alam toleransi dan empati ketika kita mendengarkan alunan lagu-lagu mereka. Lirik yang seakan mencongkel hatimu keluar dari tempatnya dan memaksanya melihat bagaimana sebenarnya para hewan diperlakukan di luar sana. Suasana hati menjadi “tersakiti” padahal hanya diwakili suara hati dan gitarnya sendiri. Dalam album ini juga mereka meng-cover lagu GATHER (Band Vegan SxE 90-an yang sangat vokal mempropagandakan animal rights) yang berjudul “Total Liberation”. Band yang memberi semangat bagi para Veggies, Vegan, serta orang-orang yang sangat peduli dengan keberlangsungan dunia ini. Review tentang xTRUE NATUREx ini saya persembahkan untuk anak kucing yang saya kuburkan beberapa hari lalu karena ditabrak oleh “mahluk yang paling mulia.” Selamat jalan kucing kecil! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/xtruenaturexmusic

N4S “ The City Of Nine Gates”
Self Released, 2010
Berisik! Mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan band Noisecore Punk asal Filipina ini. Mereka merilis album ini setelah sebelumnya di tahun 2008 telah mengeluarkan demo. Dari segi lirik sih memang agak kurang bisa dimengerti. Apa mungkin ini yang dinamakan transcendental music. Tak usah tanya apa artinya itu pada saya, cari saja di Google! Hahaha!
Yang pasti dari segi lirik mereka sangat ingin “mengirimkan” pesan-pesan positif karena band ini juga adalah band Vegan/Vegetarian-StraightEdge. Dan mereka semua juga adalah para bhakta Krishna. Mungkin akan sangat berguna untuk kalian yang akan berdemo di depan gedung DPRD. Dengan latar vokal growl mungkin juga bisa menguras isi telinga para dewan yang selalu “tuli” akan aspirasi rakyat yang disampaikan lewat megaphone. Hahaha..
Seperti sedang mendengarkan R.A.M.B.O. yang dipadu dengan FOREVER POSITIVELY OBSESSED (FxPxOx). Saya tak akan panjang lebar membahasnya karena kalian pasti sudah membaca interview mereka di zine ini. Selamat menikmati! (xWhisnux)
Kontak:
balaramadas_chakra@yahoo.com

TRACES OF YOU “The Last Triumph”
I For Us Records, 2010
Metalcore never dies! Rilisan dari band asal Italy ini membuat kita kembali menghentakkan kepala. Membuat kita sejenak melupakan kepenatan keseharian kita sebagai manuasia. Haha..
Band “passionate hardcore metal” ini memberikan kita 11 lagu apik yang didukung sound mumpuni serta lirik gelap yang khas. Tapi yang ini gelap yang membangun menurut saya, dari segi lirik. Mungkin karena vokalisnya adalah seorang bhakta dan Vegan Straightedge yang strict.
Mengingatkan saya pada early KILLSWITCH ENGAGE saat mereka merilis “Alive Or Just Breathing” di tahun 2002. Menyegarkan! Ada salah satu lagu di album ini yang juga mengingatkan saya pada MORNING AGAIN. Yeah, bagi kalian yang punya band, memperbanyak referensi musik kalian merupakan sesuatu yang menyenangkan. All music! Beberapa bulan yang lalu band ini baru saja menggelar mini tour di Inggris bersama xCURRAHEEx, band Straightedge hardcore dari Manchester. Mereka juga ikut dalam sebuah kompilasi bertajuk “Tribute To Shelter” yang dibuat oleh One Voice Asia Records, record label dari Malaysia. Mereka mengkover lagu SHELTER yang berjudul “Message Of The Bhagavat”. Entah kapan kompilasi itu rilis, yang jelas saya sangat menantikannya. Hehe.. (xWhisnux)
Kontak:

myspace.com/tracesofyouband
www.tracesofyou.com

WE RIDE “Directions”

Chorus Of One Records, 2010
Satu lagi band hardcore dengan vokalis wanita. Band yang berasal dari Vigo, Spanyol ini baru merilis debut album mereka setelah sebelumnya mereka menelurkan demo di tahun 2009. Yeah, selalu menarik ketika seorang wanita dapat dengan lantang meneriakkan apa yang ada dalam otaknya di depan microphone.
Bisa dibilang harcore kekinian, dengan sound era kejayaan COMEBACK KID berpadu dengan karakter vokal Candace Kucsulain yang masih sangat mentah. Seperti teriakan anak umur belasan tahun. Tapi toh tidak mengurangi aura positif mereka dalam bermusik. Wahaha!
Cukup baru memang, tapi jadwal manggung mereka terbilang cukup padat untuk kategori band baru. Di bulan Desember ini mereka juga akan sharing gigs dengan NO TURNING BACK. Bagi kalian yang suka dengan band-band HC Female Fronted seperti: REACHING HAND dan xTRUSTx, kalian akan sangat menyayangi band ini. Hoho.. Tampaknya terlalu berlebihan!
Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa men-download demo dan album mereka di: www.wethepeople-hxc.blogspot.com serta menyimak wawancara mereka. Kebetulan blog sederhana saya mendapat kepercayaan dari mereka untuk men-share seluruh lagu dari debut album mereka secara gratis. Semoga bermanfaat! (xWhisnux)
Kontak:
myspace.com/weridehxc

SERIGALA MALAM “The Prove”

Halang Rintang Records, 2010
Benar-benar menjadi sebuah prove bahwa band YKHC ini akhirnya menelurkan full album perdananya setelah cukup lama lama tertunda. Dibawah bendera Halang Rintang Record (Jogja) SERIGALA MALAM memenuhi ambisinya untuk membuat sebuah karya yang apik.
Keseluruhan 14 trek lagu ditambah bonus 3 trek lagi dari demo mereka “Our Commitment, It’s Our Pride” dan dengan packaging yang menarik menunjukan keseriusan mereka dalam mengerjakan album ini setelah cukup lama mempertinggi jam terbang yang cukup gila-gilaan dari mulai gig yang dibikin oleh teman-teman scene hingga Pensi dan sejenisnya.
Secara musikal hasil rekaman album ini bagus! Top! Selain tebal dan luas, karakter masing-masing sound yang dipilih cukup rapi dan bisa saling melengkapi (terkait. Kamu bisa membayangkan ketika MADBALL bertemu dengan SICK OF IT ALL. Itulah SERIGALA MALAM! Musik yang kental sekali pengaruh MADBALL-nya diperlengkap dengan karakter vokal Komeng yang rada-rada mirip Lou Koller-nya SICK OF IT ALL walaupun dengan gaya bernyanyi ala Freddy Cricien. Nice. Mungkin kalau karakter sound gitarnya bisa dibuat lebih bright lagi (tanpa mengurangi beratnya) pasti lebih maknyuss!
Bagi kamu para penggemar MADBALL, TERROR, dan SICK OF IT ALL, silakan dapatkan album mereka! Gebrakan SERIGALA MALAM di album selanjutnya patut ditunggu! Thanx buat Komeng! (xEVx)
Kontak:
malamserigala@yahoo.com
myspace.com/serigalamalamyk

THE FRANKENSTONE “Don’t Be Sad, Don’t Be Gloom The Frankenstone is Ugly”

For The Dummies Records, 2009

Sedikit telat me-review rilisan ini. Namun sepertinya album mereka menarik untuk di-review kapan saja. Band punkrock asal Jogja yang digawangi oleh 3 orang ini sebelumnya telah membuat EP bertajuk “Authentic Bluffer” yang cukup menarik dan membuat orang penasaran dengan full album yang entah kapan akan dirilis. Dan benar, ternyata full album yang dirilis sepertinya bisa mengobati rasa penasaran tersebut.
Di full album album ini terdapat keseluruhan sekitar 19 trek (4 trek diantaranya diambil dari EP-nya) yang kental dengan nuansa punkrock dengan sedikit balutan blues dan sentuhan rock n’ roll. Inlfuens BLANK77 dan RANCID terasa sekali di lagu-lagu mereka.
Yang menarik adalah mereka berhasil meramu karakter sound dengan jenis musik yang mereka mainkan. Karakter sound gitar crunchy ala Epiphone (pilihan) atau Gibson dengan pilihan efek direct ampli distortion menurut saya adalah jitu! Kamu bisa mendengarkan sound gitar yang sedikit mirip RANCID dan tentunya dengan melodi-melodi blues yang ditampilkan di hampir seluruh track. Karakter senar drum yang kering mengingatkan pada RANCID album “Let’s Go” atau 7SECOND album “The Music, The Message”. Pilihan sound bass yang ‘ngepunk’ pun melengkapi barisan lagu yang memang akan lebih baik dengan tampilan rough. And they’ve got it! (xEVx)
Kontak:
myspace.com/thefrankenstone

DOMESTIC WAR “Ad Noctum”

SeventhDagger Records, 2010
Nah ini dia para berandalan Straightedge asal Pennsylvania, Amerika Serikat, yang sarat dengan kontroversi yang. But yeah, that’s the way they are!
Digawangi oleh RJ di posisi vokal (yang juga mantan drummer xREPRESENTx), DOMESTIC WAR sepertinya tampil sedikit lebih ‘brutal’ dan ‘bandel’. Kadang saya merindukan band-band Straightedge seperti ini. Tidak selamanya band Straightedge harus dan selalu harus tampil ‘alim’ kan.. Cihuyy!! Hehe!
Total ada 10 tracks di album ini. Seluruhnya adalah beatdown hardcore yang akan membawa kamu ke ranah yang sarat dengan 2-step dan violence dancing. Tampil dengan sound yang heavy tapi tanpa melupakan faktor tone yang bersih pada gitar dan bass.
Secara keseluruhan sedikit mirip xREPRESENTx atau xTYRANTx dengan warna down tempo yang lebih dominan, tipikal band-band beatdown masa kini. Namun semua itu tidak mengurangi nuansa ‘keras’ dalam tiap lagunya.
Beberapa waktu lalu band ini menimbulkan pertanyaan di kalangan Straightedgers maupun hardcore kids di belahan dunia dengan merchandise kaos-kaosnya yang menampilkan kata ‘Negative Hardcore’ dan gambar seorang anak kecil yang sedang mengencingi tulisan ‘Positive Hardcore’. Namun ini sepertinya hanyalah sebuah sikap mereka yang tidak suka ketika Straightedge diinjak-injak dan pada saat yang bersamaan Straightedgers hanya bersikap ‘positive’. Kadangkala bereaksi ‘negative’ untuk bertahan adalah hal wajar. Dan mereka pun aktif di SOSF Crew yang memang dekat dengan kultur berantem. Coba lihat kaos-kaos mereka yang berslogan ‘Support Your Local Bastards’ dan sejenisnya. DOMESTIC WAR is fucking awesome! Fighting without reason is not cool. Hehe! (xEVx)
Kontak:
myspace.com/domesticwar814
seventhdagger.com

EXTREME DECAY “Holocaust Resistence”

Armstretch Records, 2010
Akhirnya rilis juga album penuh ke-4 dari kugiran grindcore Malang ini. Di album ini mereka tanpa ditemani sang gitaris, Ravi yang hijrah ke Sumatra. Walau begitu album ini tetap menggerinda, liar, dan brutal menggabungkan unsur punk, metal dan crust ke dalam adonan grindcore. Dengan masuknya Saheri yang juga gitaris band metal PERISH, unsur metalnya cukup kental terasa di divisi gitar. Sementara drum masih dipegang oleh Eko, drummer terhandal kota Malang. So you know the drill. ExDx juga memasukkan injeksi harshnoise dan elektronika di album ini yang di garap oleh Heickel (ANEKA DIGITAL SAFARI) dan Mario (SERIGALA MALAM). Penggarapan album di 3 studio menghasilkan rekaman yang bersih, agak rapih untuk ukuran band grindcore. Bandingkan dengan materi lawas mereka yang cukup raw.
Total 13 lagu mereka sajikan, termasuk kover "Inhale/Exhale"-nya NASUM dan recycle lagu lawas "Green Me". Lirik masih tetap sama, bercerita mengenai kritik sosial politik, perang, bencana dan tragedi, ciri khas grindcore. Sangat di rekomendasikan untuk para penikmat old school grindcore dengan cita rasa modern. (Indra)
Kontak:
myspace.com/extremedecay

GARDEN OF STAINED GRAVES “Black Empire” (EP)

Self released, 2010
Band modern deathmetal asal Cili yang menurut saya cukup menarik. Selain dari segi musikal mereka menampilkan warna deathmetal dengan beberapa balutan yang variatif, mereka adalah band Vegan yang mendukung pergerakan animal rights seperti ALF (Animal Liberation Front), Gaia Liberation Front, Sea Shepherd, dan masih banyak lagi.
Tampil dalam 7 trek lagu dengan sound berat namun tanpa menghilangkan tone yang bersih dan terdengar jelas. Dentuman dobel pedal di sana-sini serasa meladeni chord gitar yang simpel namun atmospheric. Tidak lupa gaya bernyanyi yang cukup variatif dengan scream ala band-band metalcore 90-an dan tentunya dilengkapi dengan growling part sebagai ‘syarat’ deathmetal-nya. Hehe! Warna modern lain yang ditampilkan adalah down tempo / breakdown di beberapa bagian lagu. Nice!
Bagi kamu yang menyukai band-band semacam DAY OF SUFFERING, NEHEMIAH, atau DEAD TO FALL (old), dan bagi para Vegan yang doyan musik cadas, silakan cek album mereka. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/VgardenofstainedgravesV

SUICIDAL ANGELS “Dead Again”

NoiseArt Records, 2010
Senang sekali rasanya mendengar thrashmetal tetap menghentak. Album terbaru SUICIDAL ANGELS ini tetap menampilkan semangat thrashmetal 80-90an yang kental. Setelah vakum membuat album selama sekitar 3 tahun, akhirnya para pecinta thrashmetal disuguhi sebuah karya yang hebat!
Serasa mendengarkan album SEPULTURA era-era awal, lengkap dari karakter thrashmetal yang dimainkan hingga pemilihan sound tajam ciri khas thrashmetal.
Yang mengagumkan dari mereka adalah konsistensinya dalam menjaga pilihan musik dan kualitas lagu di setiap albumnya. Aggressive, fast, and oldschool thrashmetal as fuck!! (xEVx) Kontak:
NoiseArt.cc
myspace.com/suicidalangels

READY TO FIGHT (3-way-split)

Protes Keras Records, 2010
Sebuah proyek 3-way-split yang dirilis oleh Protes Keras Records (Bali) menyuguhkan 3 band punkrock: BERANTAKAN (Malaysia), PROTES KERAS (Bali), dan SHOCK DOCTRINE (Malaysia). Masing-masing membawakan 4 lagu punkrock yang penuh dengan nuansa ketidakpuasan dan sedikit isu politik-sosial. PROTES KERAS dan SHOCK DOCTRINE setia dengan chaospunk-nya, sedangkan BERANTAKAN lebih ke streetpunk/Oi!.
Saya sudah jarang sekali mendapatkan rekaman band-band punk jenis ini. Rasanya bikin kangen juga dengan lagu-lagu yang urakan seperti ini. Hehe! Hasil rekamannya memang kurang maksimal namun ini tidak mengurangi niat awal mereka untuk menggunakan media rekaman sebagai sarana ekspresi diri dan media penyaluran pesan-pesan. (xEVx)
Kontak:
0857-3738-3032 (Protes Keras)

MEDAN DEATH CONSPIRACY (3-way-split)

Traitors Reords, 2010
Satu lagi proyek 3-way-split. Persembahan dari Traitors Records, menampilkan 3 band deathmetal kelas berat asal Medan: MUNTAH KAWAT, DJIN, dan FOREDOOM. Masing-masing berkontribusi 3 lagu.
MUNTAH KAWAT menampilkan deathmetal yang full grinding-part di hampir semua bagian lagu. Dentuman dobel pedal rapat yang penuh membuat chord-chord yang easy listening menjadi terdengar lebih ‘seram’. DJIN tampil lebih ngebut dan technical dengan karakter vokal yang bervariatif antara growl-sream-screeching, dan tidak lupa vokal pig squealing guttural yang ‘nguik-nguik’. Hehe! Band terakhir, FOREDOOM, berkontribusi 3 lagu yang full technical deathmetal dengan beberapa sentuhan mathcore dan metalhardcore. Nice!
Sebagai sebuah proyek 3-way-split, ini merupakan album yang recommended untuk dimiliki ditunjang dengan packaging yang menarik pula. (xEVx)
Kontak:
myspace.com/muntahkawat666
myspace.com/djindeath
myspace.com/foredoom


Dimuat di Betterday #24



Bagi kamu-kamu yang punya band hardcore/punk/metal/Oi! (dan subgenre yang tidak jauh dari itu) dan ingin di-review di Betterday zine, silakan konfirmasi ke email: betterday_zine@yahoo.com



betterday zine | januari 2011 | betterdayzine.blogspot.com


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template