Senin, 06 Desember 2010

Menjadi Vegetarian



















Vegetarian adalah sebuah pilihan jitu untuk hidup sehat dan ramah lingkungan. Menjadi Vegetarian tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari orang awam atau orang yang tertarik untuk memulai bervegetarian.

Bagaimana cara memulai menjadi Vegetarian?
Mudah sekali. Pertama niat. Kemudian buatlah rancangan tahap yang ingin kamu jalani dalam rangka menjadikan Vegetarian bagian dari hidupmu. Seperti mengurangi makan daging dan seterusnya. Cara ini manjur semisal dengan semacam ‘puasa’ makan daging seminggu sekali, kemudaian seminggu dua kali, dan seterusnya hingga absen total.

Usia berapa sudah bisa menjadi Vegetarian?
Sejak lahir pun boleh. Karena sekarang sudah tidak perlu kuatir mengenai faktor gizi si bayi dengan banyaknya bahan makanan bagi bayi Vegetarian. Untuk lebih amannya, bisa juga berkonsultasi dengan dokter anak yang mendukung pola hidup Vegetarian.

Apa benar jika menjadi Vegetarian badan menjadi tidak bertenaga?
Sangat tidak benar. Asalkan kamu mengerti kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, kaum Vegetarian (bahkan Vegan sekalipun) tidak akan kekurangan tenaga. Banyak atlit yang Vegetarian. Bahkan musisi (terutama drummer) band musik cadas banyak yang Vegan, dan mereka tetap bisa bermain dengan baik dan tentunya powerful. Jadi tiap orang harus memahami apa yang dibutuhkan bagi tubuhnya. Pemakan daging pun tidak akan bertenaga bila kekurangan gizi.

Adakah pantangan orang sakit tertentu yang tidak bisa menjadi Vegetarian?
Tidak. Dokter banyak yang menyarankan untuk banyak-banyak makan sayuran dan mengurangi daging karena faktor kolesterol yang sangat tinggi.

Seperti apakah cara makan yang benar untuk Vegetarian?
Seperti orang kebanyakan yang non-Vegetarian saja, namun dengan menu yang bervariasi, mulai dari sayur, tahu, tempe, kacang-kacangan, aneka jamur, dan sebagainya.

Apakah sulit menjadi Vegetarian sementara di keluarga tidak ada yang menjadi Vegetarian?
Sulit sih tidak. Namun mungkin awalnya sedikit repot karena ada perubahan di menu makanan yang jelas tidak mengandung daging. Bagi Vegan mungkin lebih ribet karena menu selain tidak boleh mengandung daging, juga harus non telur dan atau susu. Namun itu semua bisa dipecahkan. Jelaskan kepada keluargamu mengenai kebaikan-kebaikan Vegetarian yang akan didapat. Dan sebenarnya dengan menjadi Vegetarian (ataupun Vegan) akan membuat pengeluaran untuk makanan sedikit berhemat.

Repotkah menyediakan makanan Vegetarian?
Tidak. Banyak sekali makanan tradisional asli Indonesia yang Vegetarian (atau bahkan Vegan) dan bisa dibuat sendiri di rumah, seperti gado-gado, lotek, urap, karedok, sayur asam, sayur lodeh, dan sebagaianya. Dan sekarang ini sudah banyak resto-resto Vegetarian/Vegan. Ini sangat membantu.

Adakah risikonya kalau menjadi Vegetarian?
Secara kesehatan tentu tidak ada resiko. Namun secara sosial kadangkala seorang Vegetarian (apalagi Vegan) pernah mengalami cemoohan dari orang lain yang tidak setuju dengan pola hiudp tersebut. Namun biarkan saja, toh semuanya yang membayar adalah dirinya sendiri ketika ia mati ternyata gara-gara kolesterol. Haha! No fucking regret and no condolences for those people's death!

Apa manfaat menjadi Vegetarian?
Sangat banyak. Dari aspek kesehatan tentunya sudah banyak penelitian yang menguatkan sisi ini, seperti mengurangi resiko terkena kanker, stroke, penyakit jantung, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Dari aspek lingkungan, dengan menjadi Vegetarian berarti kamu sudah melakukan sebuah langkah NYATA untuk ikut andil dalam menekan laju global warming, karena penghasil gas emisi terbesar di dunia adalah karena limbah dari lingkungan peternakan. Bahkan untuk hal ini sudah dikuatkan dengan pernyataan PBB dan Forum Antar Pemerintah Untuk Perubahan Iklim mengenai pentingnya mengurangi konsumsi daging untuk menekan global warming. Dan dengan bervegetarian/bervegan bisa juga terhindar dari penyakit yang menular dari binatang seperti sapi gila, flu burung, flu babi, dan sebagainya. Di samping kedua aspek di atas, dengan menjadi Vegetarian/Vegan, berarti kamu telah berupaya bersikap adil untuk tidak mengambil nyawa hewan-hewan tak berdosa yang memang tidak rela untuk dikorbankan hanya untuk urusan perut belaka.

Bagaimana tips menjadi Vegetarian yang baik, karena kondisi lingkungan kadang-kadang membuat Vegetarian tidak disiplin (melintir atau sellout)?
Kembali lagi pada tahap awal, yaitu NIAT. Tanpa niat yang besar dan benar, kemungkinan gagal menjaga komitmen diri menjadi besar. Selain itu para Vegetarian/Vegan yang masih baru sangat perlu untuk mencari informasi seputar Vegetarian/Vegan dari sumber manapun yang terpercaya, ataupun sering bertemu dengan orang-orang yang telah lama menjalani pola hidup tersebut. Jal tersebut untuk memperkaya referensi mengenai Vegetarianisme/Veganisme yang akhirnya bisa menguatkan niat awalnya untuk menjadi Vegetarian/Vegan. (El Vegano)


betterday zine | desember 2010 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template