Jumat, 24 September 2010

Sellout Equals Failure


Sellout lagi sellout lagi.. Hehe! Di Betterday edisi sebelumnya (#18) telah dijelaskan mengenai arti sellout dalam cakupan scene hc/punk. Secara sederhana sellout dipahami sebagai sebuah bentuk sikap dan perilaku orang-orang yang berkhianat terhadap apa yang sebelumnya pernah menjadi komitmen dirinya dan dikoar-koarkan. Semisal dalam konteks gaya hidup Straightedge di scene hc/punk, seorang ‘mantan’ Straightedger yang dulu pernah berkoar-koar mengenai gaya hidup tersebut kemudian karena suatu alasan tertentu ia kemudian melepaskan labelnya dan (KEMBALI) MENGKONSUMSI rokok/alkohol/drugs. Apa yang ada di benakmu ketika pertama kali melihat orang seperti itu? Ya, KONYOL! Sebenarnya letak kekonyolannya lebih daripada pada pengkonsumsian itu lagi, tapi lupakah ia bahwa ia pernah mempromosikan gaya hidup Straightedge melalui berbagai media di scene hc/punk. Terlebih lagi kalau ia pernah membuat band Straightedge atau membuat lagu-lagu Straightedge. Ck ck ck... Tidak malukah orang-orang seperti itu? Pathetic.

Yang terjadi di sini bukan anak scene versus anak scene. Ini lebih pada penegasan kembali bahwa terdapat perbedaan scene hardcore dengan dunia mainstream. Kemudian apa yang kita dapat di scene kalau sama saja dengan kehidupan sehari-hari kita di sekolah, tempat kuliah, atau lingkungan kerja kita yang kadangkala penuh kepalsuan? Dari scene hardcore-lah kita (seringkali) mendapatkan banyak sekali pemahaman-pemahaman seputar respect, tolerance, consequences, pertemanan tanpa konspirasi, keterbukaan, dan masih banyak lagi. Dan salah satu bentuk kritikan tegas terhadap para sellouts itu adalah bentuk kontrol sosial yang wajar bahwa scene tersebut 'hidup'. Dan 'konsekuensi' (consequences) yang didapat adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban logis.

Kritikan-kritikan tersebut bukan untuk membuka sebuah konfrontasi baru di scene. Karena pengabaian hanya akan membuat scene ini mati suri nantinya dan bisa menimbulkan kepalsuan-kepalsuan seperti di masyarakat mainstream. Kita semua adalah teman, saling mengingatkan adalah wajar, bahkan dengan kritikan super-pedas sekalipun.

Penegasan konsep pemikiran ‘sellout equals failure’ adalah karena hingga sekarang masih banyak orang-orang yang telah ‘gagal’ menjalani komitmennya (dalam hal ini Straightedge) tapi malah melakukan konfrontasi-konfrontasi terhadap paham Straighetdge itu maupun terhadap Straightedgers (pelaku Straightedge). Hal ini juga berlaku untuk paham lain yang telah ia khianati, seperti misalnya Vegan/Vegetarian dan sebagianya. Akan berbeda kalau semisal seseorang yang telah menanggalkan label Straightedge-nya (baik karena alasan ia sudah tidak membutuhkan label itu lagi untuk dipromosikan atau karena ia memang telah benar-benar gagal menjaga komitmennya) tapi ia tidak melakukan perilaku yang menyakiti teman-teman Straightedge-nya dengan tetap menghormati apa yang para Straightedgers tersebut jalani sampai mati.

Pelepasan label Straightedge (atau apapun) memang adalah hak tiap orang. Karena manusia memiliki hak untuk memilih jalan hidupnya. Namun jangan lupa, apa yang para sellouts pernah lakukan di masa lalu (berkoar-koar mengenai Straightedge/Vegan/Vegetarian, dsb) dengan menggunakan media-media tertentu (seperti lagu/band, fourm diskusi formal/non formal, flyer, zine, poster, dsb) otomatis akan berakibat terhadap reaksi publik masa kini, dalam hal ini para pendukung scene hardcore misalnya. Jadi ‘kebebasan’ pengambilan keputusan untuk melepas label sudah pasti akan mendapatkan resiko berupa kritikan-kritikan. Lumrah kan? Lagipula basically tidak ada kebebasan yang mutlak dan tanpa resiko. Kita menghirup udara secara bebas sehari-hari saja ada kemungkinan terkena virus/bakteri yang tersebar melalui udara. Ya kan? Hehe!

If you cannot keep your words, so what does remain from you? Nothing but distrust. (El Vegano)


Dimuat di Betterday #19

betterday zine | september 2010 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template