Minggu, 12 September 2010

Interview with REASON TO DIE (Yogyakarta Hardcore)


REASON TO DIE (RTD) adalah sebuah band hardcore asal kota Jogja (YKHC). Keseluruhan anggota RTD yang Straightedge tidak membatasi mereka dalam berinteraksi dan berteman denganorang-orang lain yang non-SxE. Sikap tegas yang kadangkala ditampilkan hanyalah sebuah sikap nyata untuk menjaga komitmen yang dipercayainya sampai mati. Nice music, nice people, fun interview. Check it out!


Hai temen-temen REASON TO DIE (RTD).. Apa kabar. Boleh minta waktunya untuk interview ya... Hehe!
Hai juga, Nu… Kita baek-baek…Gimana kamu? (Baik juga, brothers! Red)

Tolong perkenalkan masing-masing personil RTD beserta kesibukan sehari-harinya…
Virul: Halo.. Aku Virul. Sehari-hari aku bekerja di PT. Faretina sebagai Marketing.
Bendot: Namaku BendzSult cool Hahaha! Alias Bendot.. Kesibukanku sekarang bekerja sebagai marketing di sebuah dealer motor di Jogja. Rasah disebut motore ndak promosi ngko. Hahaha! Dan malam harinya aku masih bekerja lagi mengurus lahan parkir di wilayah kotabaru tepatnya nasi goreng sapi pak tarman. Hahaha! Nek iki promosi wajib!!!! Untuk teman-teman yang sedang gundah-gulana bisa maen kesana, banyak pelangggan yang cantik-cantik lho! Hehe!
Tyard: Hallo! Hahaha! Aku Tyard HM. Keseharianku masih menimba ilmu di UGM Fakultas Teknik Mesin.
Topan: Topan aka Plengeh, gitar, member Gesut Street Team, bapak angkat dari Mochan - mix breed Pitbull, Doberman & Dalmatian. Hahahaha!

Bisa dijelaskan sedikit bagaimana awal terbentuknya RTD hingga sekarang?
Virul:
Well… Here we go.. Pada pertengahan tahun 2006, saya dan teman-teman yang sama-sama menyukai hardcore berniat utk membentuk sebuah band. Pertama kali band kita bernama FIGHTxBACK. Akan tetapi karena ada band yang bernama sama, akhirnya kita merubah nama menjadi REASON TO DIE , yang mana ini adalah nama band HC/metal saya waktu masih kuliah. Dengan family formation awal: saya sendiri Virul-vokal (ex-CHUCKY, COMPLETE IDIOT, SILENCED), Topan aka Plengeh-gitar (ex-MORNING STRESS, FIRST KIDS, SILENCED), Bendhot-drum (ex-BABY SEXY, FIRST KIDS), Anwar-bass (ex-THE ALLISON, FIRST TIME). Pada tahun 2009 karena sesuatu kepentingan -mengejar cita2,hehehe!- Anwar memutuskan untuk keluar dari band, dan masuklah Tyard menggantikan Anwar pada posisi bass. Dan sampai saat ini formasi ini tetap bertahan.

Jam terbang RTD semakin hari semakin tinggi, bagaimana kalian membagi waktu antara latihan, membuat lagu, manggung, dan kegiatan sehari-hari?
Bendot: Wuahhhh... Susah karena menurutku tidak ada keseriusan masing-masing personel,.. Lagune kui-kui trus. Malah curhat iki, hahaha!! (Virul: Termasuk le omong, gawe lagu mesti lali, hahahaha!)
Virul: Hahahahaaa,, ini masalah yang menghantui kami dan menjadi hambatan kami saat ini. Stres dah bagi waktunya. Hahahaha!
Tyard: Yapp yappp, haha! Ini yang memang harus dijadikan konsekuensi bagi kita ,terutama dalam pembagian waktu. Hehe!
Topan: Sederhana aja sih, selama jadwal disesuaikan dan dikomunikasikan satu sama lain biasanya bisa sinkron antara band dan kegiatan sehari-hari, maklum ada jadwal kerja yang gak bisa ditinggalkan.

Apa saja influens RTD dalam bermusik? Dan apakah influens dari masing-masing personilnya?
RTD sendiri memiliki banyak influence. Tapi yang paling mendominasi adalah CAST ASIDE, EARTH CRISIS, CDC, xBISHOPx, THROWDOWN, 25 TA LIFE.
Virul: CAST ASIDE, EARTH CRISIS, CDC, HI-STANDARD, TOTALFAT, SHUTDOWN, STRENGTH TO STRENGTH, BAKUHANTAM, STRONGER THAN BEFORE, KILLED ON JUAREZ, BESTIALITY, MORNINGSICK, ENEMY OF THE STATE (RIP).
Bendot: CAST ASIDE, TERROR, CDC, RAMALLAH, xTYRANTx, WOJ maknyus oke banget, DASHBOARD CONFESSIONAL juga yoi..Hahaha! Lokal aku suka STRENGTH TO STRENGTH, BAKUHANTAM, STRONGER THAN BEFORE, KOJ, STRIDE OFF, SOMETHING WRONG.
Tyard: THROWDOWN, CDC , HATEBREED, xBISHOPx
Topan: Basically, kalau saya sih cenderung dengar banyak jenis musik, saya suka THE ATARIS, HEAVEN SHALL BURN juga suka tapi ada beberapa band yang saya dengar dan ikuti progressnya secara intens, misalnya SHAI DULUD, CDC, juga THROWDOWN, tapi cuma beberapa album tertentu yang menyita perhatian saya

Bagaimana kalian mendeskripsikan musik RTD?
Virul: Harkor piknik!!! Hahahaha! Menurutku RTD memiliki karakter hardcore fused metal, dengan sedikit comedy gangsta rap, dan kami menyebutnya FREESTYLE HARDCORE.
Tyard: Haha! Harkor komedi dab! Wkwkwkwk!! Hmm, yap Freestyle Hardcore!
Topan: RTD itu gabungan dari influens masing-masing personelnya, simply said -menurut saya pribadi- it's such a blending of some beatdown hardcore meets modern hardcore.

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa RTD adalah band hc dengan Straightedge attitude. Namun apakah kalian mengklaim RTD sebagai sebuah band Straightedge? (Maksudnya dengan komitmen yang jelas dan tegas bagi tiap personilnya)
Virul: Tentu saja!! Masing-masing dari kami adalah SxE, dan lirik-lirik dalam lagu kami sebagian juga tell about Straightedge.
Bendot: Ya personel RTD Straightedge semua, tapi jujur saya ga terlalu koar-koar mengartikan itu karena BAGI saya sebagai seorang SxE itu adalah tanggungjawab dan komitmen yang kuat.
Tyard: Jelass!! Masing-masing dari kami adalah SxE!
Topan: Kalau itu dikembalikan kepada masing-masing personilnya dan juga komitmen masing-masing terhadap diri sendiri, karena buat saya, being a Straightedge is a self commitment yang pembuktiannya berupa pertanggungjawaban dan bukan merupakan a part of showing off such an attitude agar semata-mata dibilang cool, dan saya rasa tiap personil RTD juga memegang komitmen dengan total, dan berani dengan semua konsekuensi yang harus diterima. Dan jujur sebenarnya saya lebih nyaman dengan tanpa adanya pelabelan yang biasanya menyulut kontroversi.

Dan bagaimana masing-masing dari kalian memaknai Straightedge itu sendiri?
Virul: It’s my way,my pride!!! Self control to against destruction of myself. And it’s my lifetime commitment..
Bendot: Prinsip hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik, komitmen yang kuat ra ngudud ra mabuk..
Tyard: Sebuah gaya hidup dalam sebuah lingkungan masyarakat yang berpola positif dalam setiap kehidupannya, ini bukanlah klub pecinta alam ataupun partai politik yang harus mendaftar untuk menjadi seorang anggota, melainkan berkeyakinanlah dalam hati bahwa "aku adalah seorang StraightEdge"
Topan: Simply said, being POSITIVE for a better future, mentally & physically!

Akhir-akhir ini marak fenomena orang-orang yang sellout, alias dahulu koar-koar tentang apa yang diyakini namun akhirnya melintir dan malah menyerang balik paham yang dulu pernah dijalaninya tersebut. Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal tersebut?

Virul: Learn it before you take it! Seharusnya mereka mempelajari dulu sebelum mengeklaim suatu komitmen, termasuk untuk menjadi Straightedge, dan seharusnya mereka tahu bahwa Straightedge adalah komitmen seumur hidup! Biarkan saja mereka mempermalukan diri mereka sendiri selama mereka tidak nyenggol saye ye, hahahaha!
Bendot: Wah seharusnya mereka mengerti lebih jelas dulu sblm mengklaim komitmen tersebut, bukan maen-maen untuk hal tersebut, sama aja menelan ludah sendiri.
Tyard: Learn first before you commit to being a Straightedge, because Straightedge is a lifetime commitment!!!
Topan: It's a personal thing, dan tidak hanya satu atau dua dari teman-teman kita yang pernah mengklaim Straightedge dan karena suatu hal sekarang sudah tidak menjalani pilihannya itu, mungkin karena dulu terpaksa sebatas "pengakuan" atau mungkin faktor lain. Honestly, it's a total mess! Dan jujur, saya sih terserah mereka, toh itu hak mereka. Tapi satu hal, they have to know what they do and what they decide because it’s about commitment, right?

Di Facebook pun pernah ada kasus beberapa orang yang sellout dengan sengaja memamerkan foto-fotonya yang menunjukkan bahwa ia sudah tidak Straightedge lagi (misal: sambil merokok / minum alkohol) namun sambil memakai kaos “Straightedge”. Bahkan ada sebagian kecil orang yang dengan menggunakan account name semacam “SxE”, “Positive”, dsb, namun mereka dengan sengaja memajang foto-foto sambil merokok / minum alkohol. Dan yang gawatnya lagi beberapa dari mereka tergolong orang yang sudah cukup lama di scene. Bagaimana menurut kalian?

Virul: Hahahahaha…kui mung wong ra dong, Nu!!! Hehe! I have no respect for them!!! Tanpa mereka sadari, kalo mereka sadar dan tahu atau lama di scene, berarti yo goblok tenan. Haha! Mereka mempermalukan diri mereka sendiri!!
Bendot: Sempat rame-rame di FB ada anak memakai nama di awal dan akhr bertandakan X pastinya dia mengklaim dirinya seorang Straightedge dan parahnya lagi terpampang jelas di fotonya dia sedang merokok. Ngisis tenan! Tanpa basa-basi hujatan, makian tertuju, nah itu gambaran di dunia maya. Tapi gawat lagi bila itu ortang lama di scene, huahhhhh kalo orang jawa bilang KUWI WONG EDIAN...!!
Tyard: Itu hanyalah orang-orang yang tidak mengetahui tentang Straightedge, kebodohan mereka sendiri yang bakal membuat diri mereka sendiri malu.
Topan: Kalau menurut saya sih masih banyak teman-teman kita yang beranggapan bahwa Straightedge itu sesuatu yang harus dibanggakan, entah mereka tahu pasti atau tidak sama sekali ttg esensi dari hal yang mereka komit itu, dan bagi saya komitmen untuk menjalani pilihan sebagai Straightedger itu bukan pilihan sementara, atau bahkan pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sebenarnya sih terserah mereka kalau mengeklaim dan melakukan hal-hal seperti di atas, tapi menurut saya hal itu sangat tidak perlu, selain buang-buang waktu juga mempermalukan diri sendiri, dan untuk being positive itu tidak perlu habis-habisan mengklaim. Dan, benar atau salahnya relatif, masing-masing punya tolok ukur dan penilaian yang berbeda.

Apa pendapat kalian mengenai senioritas di scene? Apakah hal itu masih terasa di scene hc Jogja tercinta (YKHC)?
Virul: Sedikit masih ada.. Semoga ga ada lagi senior junior. Malah koyo sekolah tentara. Hehe!
Bendot: Yayaya.. Sedikit ada.. Tapi menurutku semuanya sama tidak ada perbedaan.
Tyard: Saya kira masih ada juga, tapi untuk selanjutnya tidak ada senior dan junior lagi. Because we are all the same.
Topan: Hal yang sangat tidak perlu, dan sekali lagi buang waktu, karena senioritas tidak akan membawa scene kemana pun ke arah yang lebih positif dan lebih maju. Dan saya rasa senioritas itu sudah so last year di YKHC, dan semoga akan terus begitu

Bagaimana kalian memaknai hardcore?
Virul:
It’s my music, my pride, my movement. Dan yang paling mengagumkan adalah bagaimana di scene hc ini saya bisa mendapat banyak teman dari seluruh dunia, bahkan sebagian sudah seperti saudara bagi saya!!! Keep this brotherhood n keep communication! Hehe!
Bendot: Padat singkat jelas.. HARDCORE = PRIDE!!!
Tyard: Freedom to make your own choices, knowing what to do,being realistic,a positive and constructive way of thinking, RESPECT and FRIENDSHIP ...
Topan: Hardcore itu konsisten pada komitmen yang memiliki esensi positif yang jelas dan akan membawa progres bagi saya pribadi ke arah yang lebih baik. Dan sekali lagi, itu relatif, beda kepala beda pemaknaan, dan satu lagi, respect!

Beberapa orang yang sellout dari Straightedge membuat pernyataan bahwa orang-orang yang membenci dan atau mengkritik sikap sellout adalah fasis. Tolong berikan tanggapan kalian…
Virul:
Sangat tidak setuju!!! Kita bukan fasis! Mereka yang sellout dan mendapat kritik hanyalah menerima konsekuensi, mereka telah memetik apa yang telah mereka tanam!
Bendot: Tidak juga, kita tidak fasis dengan seorang sellout asal ga bikin ulah aja. Tapi kalo dia berpikir mempermasalahkan itu it's okay ready to fight!!!! (Die fucking hard edge! Hehe! Setuju Ndot! Setuju! Ini bukan sebuah sikap fasis, karena toh nyatanya kita tetap santai berteman dengan yang merokok/minum alkohol. Sedangkan sikap ‘merngkiritk pedas’ adalah semacam reaksi kritis kita saja. Red)
Tyard: tidak setuju !!!
Topan: Hmmm, itu hak mereka untuk membuat statement semacam itu, selama mereka bertanggung jawab atas statement-nya dan memiliki alasan logis serta tetap punya toleransi dan respect sih gak masalah.

Dari semua kota (selain Jogja) yang pernah RTD kunjungi, kota manakah yang paling seru menurut masing-masing dari kalian?
Virul:
Boleh lebih dari satu ya, Nu..Hehehe! (Silakan aja, hehe! Red). Boja, Pekalongan, Kendal, Malang. Respect bro!!!
Bendot: Malang kota dingin yang mengasyikan, RTD pernah maen di situ. Pekalongan, Boja, Kaliwungu Kendal, all NorthbeachHardcore familia respect for you.. Tyard: Kendal, Semarang, Jakarta, Malang, Boja, Pekalongan, mantapppp polll, hahahha!
Topan: Tangerang, Salatiga, Solo, tapi pada dasarnya tiap kota punya audience yang berbeda dan semuanya punya atensi positif ketika RTD perform.

Kapan nih album kalian rilis? Dintunggu banyak orang loh..
Virul:
Pengennya si secepatnya Nu.. Tapi seperti yang saya bilang tadi, waktu adalah masalah utama bagi kami. Doain aja taun depan. Hehe! Sebagai bocoran aja, kami akan recording 3 lagu baru kami, “Slam’Violence’Dance”, “True Friend Respect”, dan “Ra Urusan!” (Yang terakhir kayanya mantep tuh diliat dari judulnya. Hehe! Red)
Bendot: Mbuh kapan.. (Mendadak pesimis, haha! Red)
Tyard: InsyaAllah tahun depan, hehhe!
Topan: Secepatnya, ini masih dalam proses, just wish us fuckloads of luck for it. (Pasti! Red)

Sampai kapan kalian akan berhardcore ria? Hehe..
Virul: ketika saya sudah tidak sanggup lagi utk mengucapkan “hardcore”
Bendot: wauuwww...kace tauw gak yeaaa...Lebay.. (Huahuahaaa! Red)
Tyard: Till fuckin die!!!
Topan: Hmmm, sampai sudah tak sanggup berhardcore lagi.

Tolong sebutkan beberapa band YKHC yang kalian rekomendasikan untuk dilihat atau didengarkan…
Virul: Banyak sekali band YKHC yang potensial. Saya merekomendasikan BAKUHANTAM, STRONGER THAN BEFORE, LASTTIME, BREAK INSIDE, THIS HEART, FIRT TIME, xLIFETIMEx, THROUGHOUT, STRIDE OFF, FIGHT ALONE TODAY, HANDS UPON SALVATION, SOMETHING WRONG, dan SERIGALA MALAM.
Bendot: BAKUHANTAM, STREGNTH TO STRENGTH, STB, STRIDE OFF, THROUGHOUT, THIS HEART, HUS, SOMETHING WRONG, FIRST TIME.
Tyard: Yang saya rekomendasikan BAKUHANTAM, THIS HEART, xLIFETIMEx , STRONGER THAN BEFORE, FIGHT ALONE TODAY, SOMETHING WRONG, dan SERIGALA MALAM.
Topan: THIS HEART, STRONGER THAN BEFORE band oldschool hardcore kawakan, vokalisnya apalagi hehe!! (Nek vokalis STB ora mung kawakan, tur wis simbah-simbah. Haha! Piss, Cenk! Red) BAKUHANTAM, xLIFETIMEx, SERIGALA MALAM, dll. Banyak kok yang bisa dikulik.

Dan tolong sebutkan beberapa rilisan yang lagi ada di kuping kalian akhir-akhir ini…
Virul:
Untuk yang baru, demo dari BAKUHANTAM dan KOJ, yahud bro!!! Wajib didengarkan!! Hehe! Untuk yang lama lagi seneng manteng TOTALFAT, SHUTDOWN sama ABOVE THIS FIRE.
Tyard: ABOVE THIS FIRE, dan yang baru ni BAKUHANTAM..
Topan: HEAVEN SHALL BURN-Iconoclast, ANIMOSITY-Empire, SOASIN-In Search Of Solid Ground, RUFIO-The Loneliest-EP, FINAL PRAYER, dll. Banyak dan random.

Apa rencana ke depan bagi RTD sendiri?
Virul: Punya album dan tetep piknik!!! Hehehe!
Tyard: Punya album. Hehehe!
Topan: Bulan depan rencana garap materi baru, tinggal fixing jadwal antar personil.

Last words for Betterday readers please..
Virul:
Tetap semangat dalam menghadapi hari yg berat,dan berusahalah untuk menjadi lebih baik. Karena takdirmu ada di tanganmu!!! Don’t forget the root, learn it before you take it!!! Dan buat teman-teman semua, thanx for all your suppot! Keep communication n keep our brotherhood!!! RESPECT!!!
Tyard:
Keep the spirit and remain loyal!!!
Topan: Stay sharp!

Terima kasih atas waktunya. Sukses terus buat kalian semua dan REASON TO DIE tentunya… True till fucking death, brothers! Virul: Sama-sama Nu…sukses selalu juga buat kamu dan BETTERDAY… Always stay XXX.. (Siaaap!! Thanx! Live true or die trying! Red)

Dimuat di Betterday #23

betterday zine | september 2010 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template