Sabtu, 11 September 2010

Interview with DECLARATIONS (Rochester, New York SxE HC)

DECLARATIONS adalah sebuah band Straight Edge Hardcore yang berasal dari Rochester, New York. Walaupun mereka masih fresh, namun mereka telah mengeluarkan demo mereka yang bisa dibilang potensial. Di tengah terjangan “badai“ pergantian personil, mereka tetap memperjuangkan komitmen dan band mereka. Wawancara ini hanya dijawab oleh Matt, sang vokalis dikarenakan kesibukan dari masing-masing personil.


Hai, apa kabar kalian?
Kami sedang sibuk sekolah dan sibuk dengan side-band masing-masing.

Silakan perkenalkan diri kalian..
Well
, Saya Matt pada vocal dan Rory pada bass, Rory dan Saya adalah anggota band ini dan sekarang ini kami mengajak Joel dari FORKED TONGUES sebagai drummer dan Noah dari DEATH CAMP sebagai gitaris baru kami. Dan Rory juga bermain untuk band tersebut. (Untuk catatan, band ini baru saja kehilangan gitaris dan drumernya. Dan mereka tersebut adalah line up DECLARATIONS sekarang. Silakan cek band mereka: myspace.com/forkedtongues999 atau myspace.com/dethkamp. xWhisx)

Saya tahu kalau DECLARATIONS adalah band Straight Edge (SxE). Bisa kalian ceritakan tentang terbentuknya band kalian?
Band ini terbentuk dari rasa muak terhadap scene lokal dan berharap menginspirasi dan mengembalikan energi positif di kota kami. Rochester dan Upstate, New York adalah rumah bagi band-band besar, dan kami ingin berbagi tentang apa yang ingin kami sampaikan. Gitaris kami yang pertama, Alex, ingin memainkan musik yang dapat membuat orang “terpengaruh” (ke dalam hal-hal yang positif tentunya, xWhisx) dan saya (Matt) punya banyak sesuatu yang ingin disampaikan. Alex pun mengajak Rory untuk memulai band ini dan untuk personil lainnya, cepat atau lambat kami pasti bisa menemukannya. Dan akhirnya pada akhir tahun 2009 atau awal 2010 DECLARATIONS terbentuk Kami membuat empat lagu demo bisa dibilang cukup cepat yang setelah itu kami teruskan untuk merekamnya. Kami menghabiskan musim panas dengan bermain di sebuah gig bersama band-band besar, seperti: NO LOVE LOST, REVIVER, THE EFFORT, TRANSIT, dan teman-teman kami yang berasal dari Florida, TRUTH INSIDE dan FOR THE CAUSE. (Kalian bisa cek myspace mereka: myspace.com/truthinsidehc atau myspace.com/forthecause850. xWhisx)

Kapan kalian mengenal SxE? Apa arti sXe untuk kalian? Band sXe apa yang sangat menginspirasi hidupmu dan DECLARATIONS tentunya?
Saya tidak dapat berbicara atas nama seluruh personil DECLARATIONS, tapi saya dapat memberi tahu anda apa arti SxE bagi saya. SxE adalah sebuah pilihan pribadi. Bukan sesuatu yang menjelaskan siapa saya. Saya percaya apapun bisa terjadi. Apapun bisa mengalihkan fokus saya untuk hidup positif bahkan merubah pandangan saya. Dan saya hanya bisa berusaha tetap fokus pada pilihan pribadi saya. Dari keyakinan inilah saya terbentuk dan terinspirasi untuk tetap menjalani hidup yang “lurus”. Penting untuk diingat bahwa keyakinan kita semualah (baca: Straightedgers) yang membuat SxE tetap ada sampai saat ini, dan bukan sebaliknya. Jalani hidupmu sendiri.
Kami memiliki band favorit yang berbeda-beda, secara pribadi Ray Cappo menjadi inspirasi terbesar untuk band kami. Ya, saya tahu itu sangat klise, tapi YOUTH OF TODAY adalah band pertama yang mencuri perhatian saya, message mereka benar-benar tersampaikan dan Ray selalu berada dalam band-band yang bagus. Saya merasa, sepertinya band-band Hardcore era 90-an telah menginspirasi band kami. Dari mulai CHOKEHOLD dan BROTHER’S KEEPER sampai EARTH CRISIS dan TRIAL.

Di antara kalian adakah yang Vegan atau Vegetarian? jika ada, siapa? Dan apa arti Vegan tau Vegetarian baginya?
Rory, dia pemain bass kami. Dia satu-satunya yang Vegan dalam band kami. Saya tidak tahu persis apa arti Vegan untuknya, tapi anak itu benar-benar pandai membuat vegan cookies. Sedikit nasihat untuk kalian semua yang Vegan atau Vegetarian, belajarlah memasak dan makan sayuran! (Haha, benar! Kami -Vegan/Vegetarian- tampaknya harus bisa masak untuk tetap bisa bertahan hidup. Hehehe! xWhisx)

Bagaimana tentang scene SxE di sana? Apakah kalian mengalami kesulitan dalam menjaga komitmen kalian sebagai SxE? Seperti banyaknya intimidasi dari yang non-sXe...
Jujur saya merasa seorang SxE bukanlah orang yang “sempurna”. Banyak anak-anak terjerumus dalam pergaulan yang salah. Kesalahpahaman memaknai lirik lagu atau sesuatu yang mereka baca dari t-shirt. Rochester sendiri bukan sebuah kawasan di mana banyak scene SxE (mungkin maksudnya kolektif), tapi ada segelintir orang yang tetap menjaga agar pesan-pesan SxE tersampaikan. Saya tidak percaya bahwa ada orang yang mengalami kesulitan dalam menjaga komitmennya (baca: SxE) meskipun di lingkungan yang bukan lingkungan SxE sekalipun. SxE selalu “redup“ dan kembali “terang“ sebagai sebuah idealisme, SxE sejati akan bertahan dan begitu pula yang tidak, akan “pudar“. Hal yang sama bisa kita analogikan untuk scene hardcore pada umumnya. (Easy come, easy go. Pemenang sejati akan terus bertahan untuk komitmen yang telah diambilnya. xWhisx)
SxE akan selalu menjadi pilihan pribadi untuk saya, bukan dari apa yang anda pakai atau sesuatu yang anda pamerkan. Intinya adalah scene hardcore harus bersatu tidak peduli SxE atau bukan. Jika ada yang ingin merokok, ya biarkan mereka merokok, minum, atau lakukan apapun yang mereka ingin lakukan. Bebaskanlah pilihan mereka. Yang kita butuhkan adalah bersatunya SxE kids, metalheads, punks, dan hardcore kids. Hal ini sangat penting untuk kita semua, berbagi ide satu sama lain. (And respect of course. Hehe! xWhisx)

Bagaimana menurutmu tentang Hate-Edge di scene sXe? Dan bagaimana kamu menempatkan diri di scene hardcore, yang kita tahu bahwa ada yang pro dan kontra terhadap SxE.
Saya tidak terlalu peduli dengan pandangan “politik” seperti itu atau jika ada wacana “SxE itu keren atau tidak keren”. Saya berpikir tidak seharusnya seseorang membiarkan rasa bencinya masuk ke dalam scene hardcore mereka. Ini adalah tempat di mana anda seharusnya merasa aman dengan komitmen yang anda yakini dan tempat di mana anda dapat dengan bebas mengutarakan pendapat. (Banyak band hardcore yang berkoar-koar tentang respect, tolerance, dll. Stop your shit! Just prove it! xWhisx)
Dengan kata lain, orang akan selalu memiliki pandangan negatif terhadap SxE. Itu wajar. Kita selalu mencari kesalahan tentang apapun dan jika ada, kita menemukan alasan untuk membencinya dan jika tidak ada, kita akan selalu bertanya-tanya apa lagi yang dapat kita salahkan. Jika anda seorang hate-edge tetaplah dengan komitmen anda. Jika gaya hidup “bersih” bermanfaat untuk anda, lakukanlah sepenuhnya. Hanya anda sendiri yang dapat memberikan jawabannya. (Mhhh.. Bijak sekalii..Siaap dahh! Hehe! Red BD)

Dan bagaimana anda memandang “Sellout” (Seseorang yang menanggalkan komitmennya, dalam hal ini menanggalkan komitmen sebagai seorang SxE)? Ketika saya remaja, saya “tidak suka” dengan orang-orang yang “Sellout”. Ketika anda masih muda anda banyak menemukan band-band atau seorang panutan dan dianggap “hardcore Jesus”, artinya apa yang anda idolakan sangat sempurna. Tetapi, pada kenyataannya kita semua hanyalah manusia biasa. Ketika anda bertambah tua, penting untuk mengingat bahwa orang-orang tumbuh, berubah, serta berkembang sepanjang hidup mereka. Saya tidak terlalu ambil pusing, itu adalah pilihan pribadi, kehidupan anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Jika teman anda memutuskan untuk melepaskan komitmennya (dalam hal ini SxE), jangan berpikir anda lebih baik dari mereka dan tinggalkan istilah “Sellout“. Tetaplah berteman apapun keputusan teman anda dan tetaplah berpikir terbuka. (Bersikap kritis pun sikap yang wajar. Dan ini bukan berarti SxE lebih baik. Berteman mah tetap berteman kok. Tapi kalo sikap 'sellout' dianggap biasa saja, trus apa bedanya Straightedge dengan orang awam -tanpa label- yang tidak mengonsumi rokok/alcohol/drugs, hayo? Jawaban si Matt kurang joss nih yang ini.. Hehe! Red BD)

Saya sudah mendengarkan demo kalian. Tapi untuk lebih mejelaskan lagi tentang band kalian, bercerita tentang apa lirik-lirik kalian? Dan apa pesan yang ingin kalian sampaikan lewat lirik dan lagu kalian?
Empat lagu itu benar-benar mencakup beragam topik. Band ini benar-benar menjadi tempat curhat terbesar saya. Inti pesannya adalah bahwa setiap orang mempunyai sesuatu yang dapat disampaikan dan kita harus ingat bahwa kita memiliki tanggung jawab atas pesan yang kita sampaikan. Apakah itu tentang negara anda yang payah dalam berbagai hal atau hanya tentang seputar scene, anda harus selalu sampaikan. Temukan sesuatu yang harus disampaikan dan buat semua itu diketahui oleh oarang lain. berbagilah tentang semua yang anda rasakan karena perubahan yang nyata berasal dari apa yang anda suarakan, dari mereka yang tetap “bersuara“ atau yang mereka pikir “suaranya“ tidak terlalu berguna untuk perubahan. Hidup ini sangat singkat, jadi mulailah “berteriak“ dan bersatulah. Kita harus ingat, kita semua sama di dunia ini dan kita bisa berjuang dari sekarang.

Apa kalian ada jadwal manggung dalam waktu dekat ini?
Tidak ada untuk sekarang ini.

Apa rencana dan harapan kalian di masa depan?
Kami cukup disibukkan dengan pergantian personil, pekerjaan, dan kembalinya teman kami ke sekolah (Rory). Tujuan utama kami adalah kembali fokus di band dan mengerjakan sebuah EP. Kami akan segera memulai dan berharap dapat membuat karya sebaik yang kami bisa. Mudah-mudahan kami bisa segera bersama lagi dan bermain musik kembali.

Kata-kata terakhir, ucapan terima kasih, referensi buku bagus, film, alamat situs SxE yang keren, atau apapun untuk teman-teman di Indonesia?
D.I.Y! Dan silakan cek rilisan baru THE EFFORT, WARTIME CITIZENS. Band itu benar-benar keren tentang apa yang saya rasakan terhadap Amerika dan bagaimana mereka memandang dunia secara keseluruhan. Jika anda suka band yang agak keras, silakan cek juga album baru BITTER END, GUILTY AS CHARGED. Ada band-band baru yang bagus bermunculan sekarang, tetaplah berpikiran terbuka dan cermatlah dalam berinternet. Kita telah bersatu menjadi scene besar di dunia ini dan kita tidak akan saling berbincang saat ini tanpa rasa persatuan. Saya harus selalu mempropagandakan scene lokal karena telah berkembang pesat dan saya bangga dengan band-band baru yang bermunculan sekarang. Jadi jika anda memiliki waktu, silakan cek band-band ini: myspace.com/monumentad, myspace.com/likewolves666, myspace.com/suchgold.

Terima kasih banyak teman-teman atas wawancaranya, have a nice day and stay true! Terima kasih juga atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk dapat menyebarluaskan pesan kami dan untuk kalian yang tertarik dengan Declarations, silakan cek demo kami, dan itu masih bisa kalian download di myspace kami: myspace.com/declarationsxxx (Interview by xWhisnux, Wethepople!zine)

Kamu juga bisa check interview ini di:
wethepeople-hxc.blogspot.com/2010/06/declarations.html


Terimakasih untuk xWhisnux atas kontribusi interview ini.



betterday zine | september 2010 | betterdayzine.blogspot.com


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template