Senin, 30 Agustus 2010

Tantangan Bervegan


Ketika kamu memutuskan untuk bervegetarian/bervegan (mejalankan prinsip hidup Vegetarian/Vegan), biasanya akan mendapatkan banyak tantangan baik dari diri sendiri maupun faktor eksternal. Faktor internal biasanya berupa niat, kejujuran, maupun keteguhan hati. Sedangkan yang sering menjadi pertanyaan dari para pelaku Vegan pemula adalah ketika mereka menghadapi tantangan yang berasal dari luar (eksternal), yaitu kehidupan sosial. Selain keluarga, kehidupan sosial yang lebih luas adalah tantangan yang sebenarnya sering dihadapi oleh kaum Vegan adalah persahabatan, hubungan kerja, ataupun sebuah situasi di mana si Vegan dihadapkan pada sebuah acara formal yang tentunya akan mempertemukannya dengan berbagai macam orang yang beraneka ragam (non-Vegan).

Pada hubungan pertemanan kadangkala ada sebuah tantangan di mana sebagai seorang Vegan harus tetap menghargai temannya yang bukan Vegan, terutama ketika mengyangkut apa yang dimakan oleh masing-masing orang. Namun hubungan sosial seperti pertemanan (apalagi persahabatan) ataupun pasangan hidup seringkali membuat segalanya terasa lebih mudah, karena masing-masing bisa saling mengerti karena proses pertemanan yang sudah dijalin dalam waktu yang relatif lama. Namun ketika sebuah keadaan menjadi lebih luas, seperti dunia kerja, di mana orang akan berhadapan dengan suatu kondisi formal tertentu (semisal ketika dalam sebuah acara makan-makan dengan beberapa rekan kantor) yang menuntut kita sebagai Vegan berhadapan dengan menu-menu yang tidak Vegan dengan orang-orang yang mungkin tidak sedekat dengan keluarga, pasangan hidup, ataupun sahabat, maka seringkali ada beberapa kondisi yang kurang sesuai dengan harapan. What should you do? Sebenarnya semuanya bisa dimulai dengan menjelaskan dengan terus-terang sejak awal bekerja (apabila berhubungan dengan ‘faktor makanan’ tersebut, baik ketika makan di kantin, sekadar jajan, atau dalam sebuah acara formal) bahwa kamu adalah seorang Vegan. Penjelasan yang baik-baik dan jelas tentunya akan mudah dimengerti. Dan kamu pun bisa menunjukkan kedisiplinan dan persistensimu dalam menjalani Vegan adalah penuh kesungguhan. Sehingga mereka juga akan mengerti bahwa prinsip hidup yang kamu jalankan adalah sebuah prinsip hidup yang bukan 'on-off'.

Bagaimana ketika ‘on the spot’ mengikuti acara formal makan-makan dengan rekan kerja kantor (apalagi yang diikuti oleh beberapa atasan)? Hal yang mudah. Kamu bisa memesan makanan yang non-hewani dengan. Atau tanyakan kepada pelayan restoran beberapa menu yang suitable untuk Vegan. Sehingga kamu tidak perlu minder ataupun merasa terkucil dengan apa yang kamu jalani. Tidak perlu ragu, karena hal tersebut tidak akan merubah keadaan menjadi 'aneh' apabila kamu menanyakannya dengan baik-baik dan proporsional.

Namun seberapa pentingkah pengakuan dari orang lain bahwa kita ini Vegan? Sebenarnya pengakuan tersebut tidak begitu penting ketika kita jarang bersosialisasi dengan banyak orang yang berbeda. Tetapi apakah mungkin kita hidup hanya dengan para penganut Vegan (atau Vegetarian) saja? Di dunia ini ada banyak sekali keyakinan, paham, ataupun “isme”. Dan Veganisme hanyalah satu dari beratus-ratus paham yang lain. Sehingga mau tidak mau kita akan bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda-beda pula, bahkan kadangkala yang bertentangan. Sehingga pengakuan dari orang lain terhadap eksistensi kita adalah menjadi perlu. Dengan diakuinya kita sebagai seorang Vegan, mereka akan menghormati kita seperti halnya kita menghormati mereka. Mereka tentunya di kemudian hari tidak akan menawari kita untuk makan bakso, atau bahkan mungkin mereka malah akan mengajak kita makan ke restoran atau warung yang juga menyediakan menu Vegan pula. Dari sinilah berarti kita sudah (cukup) bisa menghadapi tantangan yang satu ini, dari beratus-ratus atau bahkan beribu-ribu tantangan-tantangan yang lain. Jadi harus tetap persisten. GO VEGAN! (El Vegano)

Dimuat di Betterday zine #6

betterday zine | agustus 2010 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template