Rabu, 04 Agustus 2010

Membentuk Band Straightedge


“Eh, gimana kalo konsep band kita Straightedge aja! Gimana menurutmu?“ Pertanyaan sejenis itu terlontar atau minimal terlintas di benak pikiran beberapa orang yang emang ingin membikin band yang seluruh angotanya adalah penganut Straightedge dan secara politis secara "resmi" dianut oleh band tersebut di nantinya setelah terbentuk. Pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan yang normail saja untuk memotivasi seseorang atau sekumpulan orang yang benar-benar ingin membentuk band Straightedge.

Tetapi kemudian yang sering menjadi "masalah" adalah ketika kamu ingin bikin band Straightedge namun kemudian memunculkan semacam pandangan negatif dari teman-teman scene yang non-Straightedge. Bisa aja beberapa dari mereka akan berpandangan bahwa kamu dan teman-teman Straightedge-mu nantinya menjadi sekumpulan orang-orang closed-minded dengan berencana membentuk band Straightedge (sehingga ditakutkan nantinya terjadi semacam fragmentasi dengan scene secara umum). Tetapi sering juga kolektif (atau lebih luasnya adalah scene) akan menyambut positif rencanamu membentuk band Straightedge, mungkin dengan beberapa alasan seperti: “Agar band-band hc di scene lebih bervariatif lagi“ ataupun sambutan positif dengan pandangan "Itu kan hak siapapun untuk membuat band Straightedge, asalkan memang konsekuen." Tetapi bagi para Straightedgers di scene tentunya akan mendukung rencanamu membentuk band Straightedge, karena dirasa dapat mewakili mereka dalam penyampaian message dengan menggunakan media musik, lagu, lirik, album, dan pangung.

Ketika suara-suara miring atau negatif berdatangan seiring rencanamu membikin band Straightedge, yang perlu dilakukan adalah tetap berpikiran positif terhadap masukan dari siapapun . Dan tidak perlu beranggapan miring terhadap mereka, anggap saja itu sebuah masukan dari teman-teman yang care, agar supaya ketika kamu membentuk band Straightedge akan menjadi band Straightedge yang baik dan bertanggungjawab. Simpel kan? Dan mungkin mereka bermaksud memberi masukan (pedas) buat kamu dan teman-temanmu agar ketika bandmu sudah terbentuk nantinya, agar jangan kemudian memisahkan diri (atau membuat jarak) dari kolektif/tongkrongan/tempat hangout yang merupakan media kamu dalam bertemu dengan teman-teman dan dalam mengenali dunia hc.

Belajar dari pengalaman beberapa band di luar negeri sono, memang ada beberapa band SxE yang terkesan ’keras’ (sehingga terlihat semacam mengeksklusifkan diri) atau bahkan arogan dengan membuat jarak dari scene. Dari situlah kita bisa belajar supaya tidak terjadi perpecahan di scene cuma gara-gara perbedaan paham yang dianut oleh para hc kids.

Membentuk band Straightedge tidak salah (sama sekali). Mungkin kamu ingin menyebarkan pesan-pesan Straightedge melalui media band yang dirasa cukup efisien, dan itu memang sudah terbukti efektif dengan beberapa contoh beberapa band luar semacam YOUTH OF TODAY, GORILLA BISCUITS, xPURIFICATIONx, xTYRANTx, xREPRESENTx, atau yang kelas berat sekalipun seperti EARTH CRISIS membentuk band dengan format Straightedge, tidak bisa dipungkiri banyak sekali para hc kids di dunia yang memutuskan menjadi Straightedge karena terinspirasi band-band tersebut. Ada seorang remaja yang diwawancara pada sebuah kesempatan di Hellfest 2001 yang merupakan last show-nya EARTH CRISIS sebelum akhirnya mereka merilis satu album terakhir “Slither” untuk kemudian bubar (sekarang reuni lagi dan menghasilkan album “To The Death”). Remaja tersebut bercerita bahwa ketika dia masih duduk di bangku sekolah dia rela membolos dan di-drop out demi datang ke konsernya EARTH CRISIS! Dan katanya lagi bahwa dia memutuskan menjadi Straightedge salah satu faktornya adalah karena terinspirasi dari EARTH CRISIS, sampai akhirnya si remaja tersebut membuat tato “Straight Edge” di dadanya. Terbukti, bahwa penyebaran paham Straightedge memang cukup efektif melalui media band. Namun tentunya band-band Straightedge harus tetap berkontribusi di di scene hc secara umum.

Kembali ke masalah pembentukan band Straightedge, bahwa ketika kamu benar-benar ingin membikin band SxE, kamu bisa mencari orang-orang yang sesuai dengan "kategori wajib" band Straightedge, yaitu SELURUH anggotanya adalah Straightedgers yang mengklaim. Untuk aliran musik yang akan diusung, itu selera para personil di band tersebut. Mau oldschool, newschool, metalcore, punkrock, itu terserah. Yang lebih penting adalah komitmen band tersebut dalam membawa pesan-pesan Straightedge beserta konsekuensinya, serta memahami sejarah perkembangan Straightedge yang berarti juga berusaha mengerti seluk-beluk hardcore, karena Straightedge lahir di scene hardcore.

Ada resiko sebagai band Straightedge. Jangan kaget ketika bandmu on stage akan mendapat beberapa cacian dari orang-orang yang tidak setuju dengan nilai-nilai Straightedge, apalagi dipromosikan secara terbuka melalui band ketika di atas panggung. What should you do? Cuekin aja!!!! jalan teruuss! Dan jangan kaget juga kalau semisal crowd bandmu tidak seramai band hc yang tidak melabel apapun ketika on stage. Hal tersebut mungkin karena isu yang dibawa oleh band Straightedge memang tidak sesuai dengan para audiens yang non-Straightedge atau bahkan yang membenci SxE.

Pokoknya walaupun halangan, pandangan negatif, atau resiko dalam membentuk band Straightedge emang terlihat nyata di depan mata, tetaplah lakukan kalau memang itu yang kamu dan teman-temanmu satu bandmu inginkan, selama tidak bertujuan memecah-belah scene dan menggnaggu orang lain, kenapa tidak?! Hal lain untuk menunjang penyebaran Straightedge bisa juga dengan membuat kolektif/tongkrongan Straightedge. Ini bukan masalah besar, selama para Straightedgers di dalamnya tetap punya sikap respect dan nggak memisahkan diri dari teman-temannya (non-Straightedge) dan scene hc secara umum tentunya. Mungkin kolektif Straightedge dapat digunakan sebagai wadah atau media yang akan membantu para Straightedgers yang ingin membuat beberapa kegiatan, semisal membuat fanzine, aksi (bakti) sosial, atau membuat gig. Dan tidak munafik sebagian besar orang kadang-kadang emang akan terasa "terpuaskan" rasa curiousity-nya ketika mereka saling bertemu dengan orang-orang yang memiliki beberapa kesamaan, entah itu hobi, ethics, budaya, atau kepentingan. Tentunya ini tidak bermaksud membuat sebuah jarak dengan scene hc secara umum, namun hanya membuat semacam sarana bagi beberapa orang yang mempunyai ketertarikan sama. That’s it.

Demikian pula ketika kamu membuat sebuah band dengan konsep Straightedge. Tentunya band tersebut nantinya bisa digunakan secara maksimal HANYA sebagai sebuah media penyampaian pesan, bukan sebuah group (atau bahkan geng) dengan perasaan derajatnya lebih tinggi dari orang lain yang non-Straightedge ataupun membuat fragmentasi di dalam scene. Perbedaan itu biasa. Namun persatuan di dalam banyak perbedaan itulah yang luar biasa. Stay true! (El Vegano)

Dimuat di Betterday #9

betterday zine | agustus 2010 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template