Rabu, 28 Juli 2010

Review Zine BD #22


For Tomorrow zine #8 (Januari 2010)

Setelah mengalami proses produksi yang cukup tersendat, akhirnya For Tomorrow terbaru rilis juga. Kali ini seperti, seperti beberapa edisi terakhirnya, menampilkan info yang beraneka-ragam seputar scene hc/punk/skinhead.

Artikel “Food Not Bombs” menjelaskan secara umum mengenai pengertian FNB. Kemudian ada rubrik ‘Reportase’ yang berisi beberapa laporan lapangan seperti tabling FNB dan pameran zine di Semarang. Rubrik ‘Opini’ menampilkan opini teman-teman editor mengenai arti ‘kebebasan’. Artikel “Menjadi Vegetarian Jangan Takut Osteoporosis” menjelaskan bahwa penyebab utama osteoporis adalah daging. Pola makan Vegetarian justru membantu mencegah osteoporosis. Jadi tidak seperti apa yang orang awam pikir bahwa dengan menjadi Vegetarian/Vegan akan mengakibatkan osteoporosis.

Interview kali ini memuat wawancara dengan Kesit, pemain bass AK//47. Sedangkan di rubrik “Profil Band” menampilkan FINAL STEP (oldschool hc, Salatiga), KELAS BERAT (hcpunk, Magetan), dan BROKEN SPEAK (hcpunk, Balikpapan) yang juga pernah dimuat di Betterday #21.

Di bagian lain ada komik pendek berjudul “Demam Fesbuk”, apa lagi kalo bukan sebuah humor sindiran mengenai wacana orang-orang yang ‘kecanduan’ situs jejaringan Facebook. Selain zine review, di bagian akhir halaman ada juga review beberapa film. Komplit! (El Vegano)

Kontak:

fortomorrow_zine@yahoo.com

0835 4001 3566 (Agung)


Menghamba Mesin Fotokopi zine #1

Sebuah zine baru asal Jogja bikinan Indra ‘Menus’ yang sebelumnya telah lebih dulu eksis di dunia per-zine-an dengan Mati Gaya-nya. Kali ini info yang ditampilkan adalah mengenai seluk-beluk ‘zine’. Mulai dari artikel mengenai sejarah zine di dunia maupun scope lokal, interview dengan xAjenkx “Bunpai Suru zine” (Kediri), dan review zine yang buanyaaaak bangeeet! Bagi kamu yang tertarik dengan dunia zine, dan atau tertarik untuk membuat zine, tidak ada salahnya membaca zine ini untuk referensi. (El Vegano)

Kontak:

to_dieyk@yahoo.com


24 - Celebration Edition #1

Aah.. Akhirnya muncul lagi zine baru di Jogja, setelah sebelumnya ada For The Dummies, Lightning Sheets serta Menghamba Mesin Photokopi. Tapi yang ini beda dari yang lain-lainnya. Ini adalah sebuah zine fotografi. Yang membedakannya lagi adalah zine ini di cetak full colour walaupun hanya digandakan sebanyak 12 kopi, and I’m one of those 12 lucky bastards.. Hehe!

Tampaknya zine ini mempunyai tema yang berbeda, dan kali ini nya adalah tentang celebration atau perayaan. Zine ini hanya setebal 10 halaman di mana 8 halamannya berisi foto-foto yang ambil oleh editor bersama teman temannya. Ohya, tulisan di zine ini ditulis secara billingual, bahasa Indonesia dan Inggris jadi cocok buat trade denga zine-maker luar. Ada juga sebuah liputan pameran fotografi seorang wanita perancis, Mie Cornoedus, yang diselenggarakan di LIP dan Mess 56.

Buat kamu yang kepengen melihat zine yang nggak melulu berisi tulisan tentang musik, ide politik, bahkan tulisan persoanl sekalipun, zine ini sangat direkomendasikan. Sedikit saran mungkin next edition bisa kasih penjelasan sedikit tentang karya nya. Overall, a nice begining. (Indra)

Kontak:

we_are_twentyfour@yahoo.com (Dito)


Bunpai Suru zine #4

Mungkin me-review zine ini cukup telat. Tapi gapapa lah.. Hehe! Kali ini Bunpai Suru tetap menampilkan tulisan-tulisan personal “Coffe n’ Me”, dan hampir setengah bagian lebih dari zine ini dipenuhi oleh interview dengan Ringo “Jalur Bebas zine” (Cirebon/Jakarta). Di bagian akhir ada rubrik ‘Zine review’ dan ditutup dengan esai “Standar Kebahagiaan Kamu Apa Sih?”. (El Vegano)

Kontak:

xajenkxresistx@yahoo.com


Gossip! The Modern Riotic zine #1

Saya sempat bertanya-tanya ketika ada sebuah paket kiriman datang ke rumah saya. Agak kaget juga karena nama pengirimnya adalah teman saya dari Bandung bernama Adit yang tidak lain adalah editor Desalinization zine. Namun setelah saya buka paket tersebut, ternyata isinya adalah zine ini.

Kali ini dia membuat zine baru dengan konsep informasi umum (apapun) seputar scene hc/punk. Banyak kolom di zine ini, mulai dari tulisan personal si editor “Tahun Baru”, “Introduksi Jerat Mobil, Konsumerisme, dan Metropolitan”, hingga keluh-kesah tentang “Cookie Freaks” yang merupakan cafĂ© miliknya (bertempat di Jogja) yang sekarang sudah tutup.

Banyak kolom dan rubrik yang menarik lainnya. Di bagian akhir ada review rilisan yang cukup banyak me-review rilisan band-band lokal.

Kontak:

aditmandi@yahoo.com

02293631317



Dimuat di Betterday zine #22 (Maret 2010)


betterday zine | juli 2010 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template