Selasa, 13 Juli 2010

Miras Oplosan Renggut Penglihatan Warga Pagaralam, SumSel


Minuman keras (Miras) oplosan kembali menelan korban. Kali ini warga Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami kebutaan permanen dan masih dirawat di Rumah Sakit Daerah setempat.

Iran alami kebutaan karena keracunan miras oplosan tersebut.

Korban masih terbaring lemas dengan kondisi pucat dan sering mengalami sesak nafas, sementara kedua matanya sudah tidak dapat lagi melihat dengan sempurna, seperti dilansir Antara.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) Pagaralam, dr Pibendra Eka Wijisana, mengatakan memang kondisi pasien tersebut mengalami kerusakan jaringan pada urat-urat mata akibat terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Kalau kondisi kedua mata pasien tersebut kemungkinan besar sulit untuk dilakukan penyembuhan, karena sebagian besar urat saraf mata sudah terganggu. "Kita hanya melakukan pemulihan kondisi tubuh saja, sedangkan kedua mata pasien tersebut memang mengalami buta permanen sudah sulit disembuhkan," kata dia.

Menurut Piebendra, medis tak mengetahui dengan pasti zat kimia apa dikonsumsi pasien, sehingga menyebakan terjadi kebutaan, namun yang jelas jenis minuman beralkohol.

"Kita hanya menerima pasien setelah dalam kondisi tidak sadarkan diri dan mengalami sesak nafas, karena pihak keluarga tidak memberitahukan jika pasein tersebut mengalami keracunan minuman keras. Namun jika dilihat dari kondisi saat pertama masuk rumah sakit bau minuman keras cukup menyengat dan selalu mengalami sesak nafas," ungkap dia.

Piebendra mengatakan, memang butuh pemeriksaan laboraturium untuk mengetahui jenis minuman dan zat apa saja yang menyebabkan korban mengalami kebutaan, sehingga semua urat saraf dipastikan putus. "Namun demikian kalau untuk kondisi mata tidak bisa disembuhkan, tapi kalau keadaan tubuhnya berangsur pulih kembali," ungkap dia lagi.

Sementara itu Kapolsek Pagaralam Selatan, Iptu Ropi didampingi Kanit Resrim Brigpol Wahyu, mengatakan seluruhnya ada lima menjadi korban minuman keras oplosan yang terjadi, Sabtu (10/7) yaitu empat meninggal dunia dan satu orang masih dirawat di rumah sakit dengan kondisi mengalami kebutaan.

"Kita masih sulit mengungkap peristiwa keracunan minuman keras oplosan, karena semua keluarga tidak bersedia memberikan pernyataan dan seorang korban masih belum sadarkan diri dengan kondisi terjadi kebutaan permanen," ungkap dia.

Ropi mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan pengusutan khususnya bagi pelaku pengedar dan pemasok di Pagaralam. (Ant)
Sumber: tvOne.co.id


THE EASIEST, CHEAPEST, AND SMARTEST WAY
TO AVOID IT IS TO QUIT DRINKING ALCOHOL
FOR GOOD!!
(Cara termudah, termurah, dan terpintar untuk menghindari hal itu adalah dengan berhenti sama sekali mengonsumsi alkohol)
-Betterday Zine-



betterday zine | juli 2010 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template