Rabu, 16 Juni 2010

Tingkat Konsumsi Merokok Orang Miskin Lebih Tinggi Daripada Orang Kaya


Penghasilan boleh tak sama. Tapi proporsi pengeluaran rumah tangga miskin untuk rokok ternyata lebih besar daripada rumah tangga kaya.

"Pengeluaran untuk rokok dari rumah tangga miskin sebesar 11,9 persen dan pengeluaran rokok dari rumah tangga kaya sebesar 6,8 persen. Hal ini menunjukan bahwa pengeluaran rokok keluarga miskin lebih besar dari keluarga kaya," kata peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Ayke Soraya Kiting.

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2006 disampaikan Ayke dalam diskusi 'Beban konsumsi rokok pada rumah tangga termiskin' di Mario's Place, Menteng Huis, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2009).

Jika dibandingkan dengan jenis pengeluaran lainnya, imbuh Ayke, pengeluaran tembakau dan sirih per bulan untuk rumah tangga termiskin setara dengan 17 kali untuk pembelian daging, 15 kali untuk pengeluaran biaya kesehatan, 9 kali untuk pengeluaran pendidikan dan 5 kali untuk pengeluaran susu dan telur.

"Dari data ini terlihat bahwa kesempatan yang hilang bagi rumah tangga perokok termiskin sangat besar dengan seluruh rumah tangga," imbuhnya.

Sementara peneliti lain dari lembaga yang sama Abdillah Ahsan, mengatakan perokok miskin rentan memperdalam jeratnya dalam kemiskinan.

"Kalau dia sakit akibat rokok, kemungkinan besar berhutang," ujar Abdillah.

Kalau pun tidak bisa membayar biaya kesehatan, maka justru negara yang menanggung lewat Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). "Ini kan menambah beban negara," imbuh Abdillah.

Konsumsi rokok rakyat miskin, lanjutnya, diinisiasi dengan harga rokok yang sangat murah dan iklan rokok yang sangat intensif.

"Ditambah pula peringatan kesehatan rokok yang berupa tulisan, tidak menimbulkan efek ketakutan," tandas Abdillah.


Diambil dari KilasBerita.com dengan judul asli "Orang Miskin Lebih Banyak Merokok Daripada Orang Kaya".


betterday zine | juni 2010 | betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template