Selasa, 06 April 2010

Interview with xKINGDOMx by Overture Zine



Pertama kali aku denger band mereka lewat Myspace. Aku udah tertarik banget. Lalu aku coba kontak. Wow! Mereka ramah banget. Dan saat aku bilang mau interveiw, mereka langsung mengiyakan. Dan Voila! Interview ini dijawab walaupun agak sedikit menunggu lama karena jadwal manggung mereka yang super-duper padat keliling Eropa-Amerika terus! Mau tau serungya ngobol sama xKINGDOMx tentang band mereka, album, dan lain-lain, so janmgan bengong, let’s cekidot! Untuk perkenalan. Aku persilahkan untuk memperkenalkan diri dan tolong sebutin posisi mu di Kingdom.



Untuk perkenalan, aku persilahkan untuk memperkenalkan diri dan tolong sebutin posisi mu di Kingdom.

Hi. Namaku Davin. Aku Vokalis Kingdom


Tolong ceritain sedikit ke kita dong, tentang Kingdom, dan bagaimana kalian mendeskripsikan musik Kingdom.

Lets see. Pada musim semi tahun 2006, aku bersama-sama temanku memutuskan untuk membentuk band ini. Setelah latihan beberapa bulan di ruangan yang kami bagi untuk menjadi tempat latihan di apartement kami, kami mulai main diberbagai acara dan membuat EP dengan record label Goodbye Blue Skies yang sekarang sudah mati. Lalu kita membeli sebuah bus, kemudian kita mengubah mesinnya menjadi mesin yang menggunakan bahan bakar tumbuhan. Dan kita mulai melakukan tur

selama enam bulan setelah satu tahun Kingdom terbentuk dan hingga sekarang. Waktu berlalu sangat cepat ya. Pada musim semi tahun 2008 kami mengeluarkan 4 lagu dalam EP yang berjudul 7 (seven) di bawah label New Age records. Dan sekarang kami sedang menulis lagu untuk full length album kita yang akan recording beberapa minggu lagi. Aku sangat excited banget.

Susah banget jelasin band mu sendiri itu kaya apa, tetapi aku bisa bilang kita memainkan aggressive hardcore. Dan tentu saja kita adalah band Vegan-Straightedge. Kami juga memasukan politik radikal dalam Kingdom, seperti Feminisme, anarchisme, dan lain-lain.


Denger-denger katanya kamu bakal ngerilis album full length pada akhir tahun ini ya? Ceritaan sedikit dong tentang full length mu

Full length kami rilis pada bulan Maret 2009 di bawah label Eulogy Records. Album ini lebih berbobot dari album sebelumnya, liriknya lebih fokus dan spesifik. Sekarang ini banyak lagu punk dan hardcore, termasuk lagu kami. Bermakna terlalu sangat umum, sehingga sering orang salah mengartikan arti dari statments mereka yang sebenarnya. Saat kamu mendengarkan lirik yang menyebutkan "this world is fucked up", kamu mungkin setuju dengan hal tersebut dan kamu merasa senang ada orang lain yang bisa merasakan apa yang kamu rasakan. Tetapi itu hanyalah sebuah pernyataan dengan arti yang sangat luas, engga mengarah langsung dan engga mendekati kepada apa yang kamu pikirkan “tentang ketidaksetujuan mu terhadap hal tersebut”. Jadi tujuanku kali ini, aku ingin membuatnya lebih personal dan sedekat yang aku bisa. Sebagai contoh, ada sebuah lagu kami yang menceritakan tentang kemiskinan (Poverty –red), tetapi ini sebenarnya menceritakan tentang tempat dimana aku tinggal. Aku hidup didalam kemiskinan dan hidup di lingkungan yang sangat keras. Beberapa minggu yang lalu aku terjebak dalam perjalanan dikarenakan ada perang antar geng, mereka saling menembak, sangat menyeramkan saat itu. Besoknya saat aku ceritain hal tersebut sama temanku, mereka menggelengkan kepala dan berbicara tentang bagaimana kita “membersihkan jalanan” dan melenyapkan para gangster. Bukan. Yang seharusnya kita lakukan adalah melenyapkan class system yang menciptakan kemiskinan menjadi sangat konsumtif, hal itulah yang membuat orang mau menjual narkoba, menggunakan narkoba untuk pelarian, dan saling menembaki satu sama lain disaat orang-orang seperti aku sedang naik sepeda untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan anak-anak kecil sedang bermain lompat tali di trotoar. Kelas sosial dan kekerasan urban merupakan permasalahan yang sangat rumit dan besar. Sangat susah untuk menceritakannya dengan singkat. Tetapi bila kamu bisa menuliskannya menjadi sebuah cerita, sebuah malam, sebuah daerah. Itu akan membuat lebih mudah untuk menyampaikan apa yang dimaksud dan menggalinya lebih dalam. Itulah bedanya album full length ini dengan album sebelumnya. Oia, Greg dari band Trial ikutan jadi guesst vocal di album ini. So Awesome!


Di myspace Kingdom. Kalian mengklaim Kingdom adalah band Vegan-Straightedge. Apakah semua personil Kingdom semuanya Vegan-Straightedge?

Ya, tentu saja dong.


Terus apa yang membuat kalian menyebarkan Vegan-Straightdge lewat Kingdom? Khususnya lewat lirik.

Bila bukan karena Hardcore, kami engga mungkin jadi Vegan atau Straightedge. Band-band kaya One King Down, Trial, dan Morning Again membuat mata kami lebih terbuka, tidak hanya dua hal tersebut, tetapi juga tentang penindasan dan kekerasan yang terjadi diseluruh dunia itu nyata. Hardcore lahir dari pernyataan politik. Ya kamu taukan banyak lagu tentang anti rasis, anti polisi, anti kehidupan mainstream, anti kapitalisme, hingga awal tahun 80 itu cuman lagu engga ada bukti nyata d

ari bandnya tersebut. Lalu ada sekumpulan orang muak dengan budaya sampah yang hanya buat lagu tapi tanpa aksi nyata dan hanya duduk melihat scene semakin hancur. Disitulah Hardcore lahir. Bagi kami Veganism dan animal liberation adalah issue vital yang sangat penting. Straightedge adalah sebuah inspirasi hidup dan sebuah kebanggan bagi kami. Kami berharap, lagu kami bisa menginspirasi dan mempunyai efek bagi banyak orang seperti kami terinspirasi dari band-band yang kami sukain.


Lalu apa pendapatmu tentang Earth Crisis, mengenai lyric dan pergerakan mereka?

Woah pertanyaan yang sangat engga terduga. Aku punya dua opini mengenai Earth Crisis. Mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm ini opininya kucingku Ella, dia baru aja jalan diatas keyboard. Pertama, aku sangat menghormati Earth Crisis dan menurut pandanganku mereka mempunyai dampak yang sangat besar sekali baik di hardcore maupun di dunia luar. Mereka adalah band hardcore yang paling hebat sepanjang massa. Earth Crisis melakukan hal yang engga pernah orang lain lakukan sebelumnya, mereka membawa Veganisme dan membuatnya menjadi sesuatu yang tough. Mereka membuat gaya hidup makan sayur itu keren untuk hardcore kids. Dudes kamu taukan dulu bagaimana biasanya Vegetarian Punk kids dijulukin, mereka dijulukin “hippy fags” dan mereka dipukuli hingga babak belur. Hal tersebut menjadi sesuatu hal yang menyenangkan bagi para pemakan daging pada jaman itu. Saat itu aku berumur 16 tahun sekitar sepuluh tahun yang lalu, Earth Crisis belum sebesar sekarang dan scene waktu itu sangat berbeda dari yang sekarang. Sembilan dari sepuluh orang Vegan, menjadi Hardcore kid dan itu hanya dikarenakan Earth Crisis. Dan aku inget banget waktu ada demo tentang anti Fur, ada seorang aktifis meneriakan lyric Earth Crisis lewat megaphone. Earth Crisis adalah band yang sangat menginfluence banyak orang. Kedua, tidak untuk diriku secara personal. Ya walaupun buat ku mereka telah melakukan hal yang sangat besar dan aku sangat menghormati mereka. Aku tidak terlalu menyukai Earth Crisis karena lyric mereka membuat ku sangat marah. Terlalu banyak lyric mereka mengambil dari kitab injil. Buat ku itu sangat aneh, aku sangat benci agama dan agama itu seharusnya tidak dimasukan ke dalam Hardcore. Seperti "let the roundups begin" sangat tidak cocok untuk ku karena keluarga ku adalah orang Yahudi, dan itu sangat terdengar menyedihkan seperti saat orang-orang mengatakan hal-hal buruk tentang Yahudi pada tahun 1940 saat sanak keluargaku dipenjara di kamp konsentrasi.


Apa pendapatmu mengenai animal right? Dan menurutmu apakah gerakan militan di Veganisme adalah sebuah tindakan kekerasan?

Tergantung dari apa yang kamu maksud. Bila tidak ada manusia dan hewan terluka dikarenakan tindakan militant, hal itu tidak bukanlah kekerasan. Kekerasan adalah sepuluh juta hewan dibantai setiap tahun, bukan pengahancuran bangunan tempat hewan dianiaya dan dibunuh. Aku sangat mendukung Animal Liberation Front –ALF.

Kita semua tahu Straightedge mempunyai sebuah prinsip yaitu “Komitmen sampai mati”, Bagaimana pendapatmu mengenai hal tersebut dan apa pendapatmu mengenai Sellout?

Straightedge adalah sebuah sumpah yang kamu ambil untuk hidupmu. Itu bukan sekedar label setelah hal tersebut menjadi satu dengan dirimu. Buat ku. Aku memilih untuk menjadi Straightedge karena aku menginginkan atau membutuhkannya untuk mengetahui apakah aku bisa menjaga sebuah isme dalam diriku hingga aku mati. Untuk itu dan alasan lainnya, aku bangga menjadi Straightedge. Dan untuk alasan itu dan alasan lainya aku sangat terhina bila ada orang menjadi Sellout. Mungkin untuk mereka Straightedge bukan lah hal yang penting, tetapi Straightedge sangat penting untuk ku. Tetapi bila hal itu tidak penting bagi mereka, untuk apa mereka mengambil sumpah menjadi seorang Straightedge? Ya memang sih Sellout adalah hal yang complicated. Aku sebenarnya tidak peduli bila orang minum alkohol, menghisap ganja atau mengkonsumsi heroin, asal mereka tidak menggangu diriku dan bukan seorang Straightedge. Saat sahabat ku menjadi sellout, dia mulai menghisap ganja dan konsumsi ganja. Aku tidak berhenti menjadi sahabatnya. Aku care sama dia, karena aku sayang sama dia dan aku ingin dia baik-baik aja, tetapi hal itu engga ada hubungannya dengan Straightedge. Sangat menyedihkan mendengar dia kecanduan dan menangis kepada ku tentang bagaimana dia ingin sekali keluar dari kecanduannya seperti yang sudah aku lakukan. Itu salah satu contoh Sellout. Lalu seperti seseorang cowo yang ikut nimbrung pas aku lagi hang out sama teman-teman. Dia punya tattoo Straightedge di kakinya dan sedang membicarakan tentang minum wine. Aku bertanya sama dia apa yang terjadi dengan Straightedge yang kamu pegang? Dan dia bilang sesuatu hal yang sebenarnya engga menjawab pertanyaanku “Straightedge sangat berguna saat aku masih sangat muda, tetapi aku kan tumbuh”. Seiring berkembangnya waktu aku sering menemukan hal seperti itu dan membuatku sangat marah saat orang bicara tentang bagaimana mereka menjadi dewasa setelah tidak menjadi Straightedge. Aku mengatur jalan ku sendiri untuk menuju ke kedewasaan, bahwa menjadi dewasa itu bukan berarti merokok dan minum alkohol. Aku bertanya kepada orang itu saat dia menutup tattonya. Dia bilang tattoo itu adalah sebagian dari dirinya yang hanya sebuah kenangan dan dia pernah bangga menjadi seorang Straightedge. Aku bilang sama dia “ Maaf kalau aku jadi orang yang bilang hal ini sama kamu, tapi bila bukan karena masa lalu kamu tidak akan pernah ada. Jadi seharusnya kamu berpikir terlebih dahulu sebelum kamu bertindak. Walaupun kamu buang tatoo itu, kamu tidak bisa menutupi dirimu bahwa kamu adalah seorang Sellout. Kamu tidak bisa membohongi dirimu sendiri!”


Banyak orang bilang tentang hubungan Straightedge dengan moral. Hal itu yang membuat sebagian besar orang berpikir bahwa Straightedge adalah orang-orang moralist. Kamu setuju atau engga setuju sama hal tersebut? Tolong jelasin argumenmu ya..

Itu tergantung dengan moral apa yang kamu maksud dari pertanyaanmu. Aku Straightedge dan aku punya moral, tetapi moral tersebut berbeda dengan moral yang diajarkan oleh agama. Tidak semua Straightedger itu sama. Aku tahu beberapa orang tidak makan cokelat dikarenakan zat kaffein yang ada didalamnya. Aku juga kenal dengan beberapa Straightedge yang bahkan tidak mau masturbasi. Banyak pembicaraan mengenai hubungan kausal antara hubungan sex dengan Straightdege, Dan kamu tahukan aku engga mungkin bicara sama semua Straightedger mengenai hal tersebut ( Iya davin, makanya itulah gunanya bikin zine hehehe! –red). Mungkin beberapa orang mengatakan bahwa "promiscuous" seks bukanlah Straightedge. Tetapi menurutku selama kamu menghargai dirimu baik itu tubuhmu dan pikiran mu. Dan orang yang melakukan hal tersebut bersama mu juga menghargai dirinya sendiri dan dirimu. Itu seratus persen engga ada hubungannya dengan Straightedge. Aku sama sekali engga habis pikir bagaimana orang-orang sok bermoral tinggi itu menghubung-hubungankanya dengan Straightedge. Aku punya Hardcore, untuk menendang itu semua. Aku menolak hal tersebut walaupun hal itu diterapkan di sini. Seks sangat engga apa-apa bila kamu melakukannya dengan satu atau banyak partner sebanyak yang kamu inginkan, dengan cinta atau tidak, dengan komitmen atau tidak. Selama kamu dan partner mu secara sadar melakukan hal tersebut. Eh kita punya loh satu lagu tentang hal itu di album baru kami. judulnya "Pythoness".


Apa pendapatmu tentang Feminisme? Menurut mu masih penting engga sih memperjuangan kesetaraan jender?

Aku sangat bangga menyebut diriku feminis and hell yes we do! Hei kita itu masih baru bangetmencakar issue women's liberation kepermukaan. Hingga tidak ada pemerkosaan. Hingga wanita itu sejajar dengan pria sebagai seorang manusia, sampai perempuan dipandang sebagai “manusia” bukan sebagai makhluk lain. Hingga saat itu belum tercapai, feminisme harus tetap ada.


Di negara dunia ketiga seperti Indonesia. Banyak kasus tentang human trafficking terjadi, terutama pada perempuan-perempuan miskin yang harus menjual dirinya untuk “survive”. Apa pendapatmu mengenai hal tersebut?

Itu sangat mengerikan sekali dan sangat menyedihkan sekali. Aku sangat beruntung lahir disebuah kehidupan yang tanpa harus menjual diriku untuk bertahan hidup.


Scene Hardcore di Philadelphia itu gimana? Apa ada gap antara Straightdeger dengan orang-orang yang menyebut dirinya dengan Negative Hardcore?

It's cool here. Kebanyakan HC kids disini adalah orang-orang kalangan ekonomi bawah dan working class kids. Orang-orang yang sudah terlebih dahulu discene orangnya baik-baik dan ramah. Sepanjang aku menjadi HC kids, engga ada senioritas disini hehehe! Umurku udah 26 tahun, jadi udah sekitar 12 tahun aku di scene hehehe! Engga ada pengkotakan disini. Mau Straightedge atau peminum mereka semua bermain bersama, moshing bareng, nongkrong ba

reng. Ini yang membuat scene disini unik, terus berkembang dan engga pernah mati.


Menurutmu zine tuh penting engga sih tetap eksis di scene?

Oh goodness yes. Aku berharap ada lebih banyak lagi zine di Amerika dan diseluruh dunia. Zines are what keep this a culture, engga cuman jadi scene musik doang. Zine yang menciptakan komunitas itu terlihat dan menghubungkan kita semua.. Thank you for doing this, it's so important!

(Sama-sama Davin hehehe! Aku juga pengen semua orang kalau bisa bikin zine. Ngiri banget tuh pas lihat film documenter tentang zine di Amerika, zinenya banyak banget. Ayo dong Indonesia jangan mau kalah hehehe! –red)


Lalu gimana dengan zine di Philadelphia? What's your favourite one?

Aku rasa sekarang ini engga ada zine disini. Salah satu bentuk matinya komunikasi di Amerika. Eh Aku baru aja dapet Fallout Kid, zine dari Utah dan zine nya keren.


Apa influence mu dalam bermusik? Tolong sebutin 7-10 favorit band mu

Influence ku bermusik dan band favoritku itu berbeda, jadi aku bagi jadi 5-5 ya. Yang menginfluence ku dalam Kingdom itu: Anywhere, Warzone, Donnybrook, Bulldoze, and Hot Water Music. Dan band yang sering aku dengerin itu : Wisdom in Chains, Trapped Under Ice, Chuck Ragan, Tipper's Gore, and O Death.


Davin termikasih banyak ya buat waktunya. Ada yang mau disampein kepada pembaca Overture di Indonesia? Dan sukses terus buat Kingdom dan album full length-nya.

Thank you all for you support, it means so much. Hopefully we'll all meet sometime soon! XXX



(Interview dilakukan oleh xBlowRaspberryx, diambil dari Overture zine edisi #9)


Video xKINGDOMx di 'Fluff Fest 2009'






betterday zine, april 2010, betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template