Rabu, 10 Maret 2010

Bervegetarian Sejak Muda


Seperti kita ketahui pada sebagian besar masyarakat umum yang menganggap bahwa bervegetarian (menjadi seorang Vegetarian) sebaiknya dimulai ketika kita memasuki usia lanjut. Mengapa seagian besar dari mereka mash beranggapan seperti itu?

Sebagian dari mereka beranggapan bahwa kalau bervegetarian sejak usia muda akan ditakutkan akan kekurangan gizi, badan lemah tidak bertenaga, identik dengan kurang darah, dan sebagainya. Sehingga dapat kita lihat sebagian dari mereka masih menganggap untuk menjadi seorang Vegetarian adalah hal yang ‘tidak lazim’ dan ‘cari susah sendiri’. Masih menurut mereka, bahwa hal tersebut akan menimbulkan kendala ketika kita memasuki dunia pergaulan, sekolah, kuliah, dan dunia kerja, bla bla bla. Kadang-kadang kaum Vegetarian/Vegan dianggap “makhluk” aneh. Ketika sebuah hidangan suatu perjamuan keluar, dan hampir semuanya (atau bahkan semuanya) adalah makanan yang mengandung unsur hewani, mereka akan menganggap kita mencari susah sendiri. Mungkin mereka akan menganjurkan: ”Mbok udah, sekali ini aja kamu makan daging. Lagian kamu cari susah sendiri sih pake jadi Vegetarian segala.” Sehingga sampai saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa bervegetarian sejak usia muda adalah hal yang tidak perlu, dan kurang bermanfaat. Belum lagi bagi mereka yang menganggap bahwa meninggalkan daging (sama sekali) adalah perbuatan terbodoh di dunia, karena menurut mereka daging itu enak. Padahal hal selera adalah sangat subyektif.

Dewasa ini sebaiknya (atau malah seharusnya) orang-orang tersebut paham bahwa gaya hidup Vegetarian/Vegan adalah gaya hidup yang sangat baik sekali dan merupakan modal dasar bagi kesehatan kita di masa tua nanti. Dari segi kesehatan, bervegetarian sejak muda adalah pilihan yang sangat tepat. Dan bervegetarian pada usia lanjut kadangkala malah terlambat untuk mengatasi kondisi kesehatan yang sebenarnya merupakan hasil dari diet kita di masa lalu. Seperti pada penyakit hipertensi (darah tinggi) misalnya, disebabkan oleh karena pengerasan dinding pembuluh darah, akibatnya aliran darah ke jantung menjadi terhambat dan berkurang jumlahnya. Hal ini membuat jantung memompa dengan tenaga ekstra untuk memaksa darah agar tetap mengalir ke jantung. Penyakit ini bila dibiarkan tanpa meminum obat dapat mengakibatkan penyakit jantung.

Pengerasan dinding pembuluh darah sebenarnya dijumpai pada usia 50-60 tahun, yang sebenarnya dapat dikurangi dengan cara bervegetarian sejak usia muda. Mengapa? Karena proses pengerasan dinding pada pembuluh darah memerlukan waktu yang lama (bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun) sesuai pola makan, dan gaya hidup kita sejak muda. Keadaan tubuh kita ketika sudah menginjak usia tua sebenarnya merupakan refleksi dari pola makan dan gaya hidup kita sejak kita masih muda. Bila pengerasan dinding pembuluh darah telah terjadi dan ditambah kolesterol tinggi, lemak jenuh tinggi yang banyak terdapat dalam daging yang sudah banyak dikonsumsi pada usia muda yang akhirnya menumpuk di pembuluh darah dapat menimbulkan subatan-sumbatan pada pembuluh darah. Bila menyumbat di jantung disebut penyakit jantung koroner, dan dapat mengakibatkan orang mati mendadak, dan kalau menyumbat di otak akan mengakibatkan stroke. Apabila terjadi sumbatan maka akan komplikasi ke organ lain: ginjal, hati, lambung cepat lambat akan segera terkena gangguan pula. Bervegetarian sejak usia muda berarti menghindari resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan masih banyak penyakit mematikan lainnya. Think it again! Go Vegetarian/Vegan! (EL Vegano)

Dimuat di Betterday #7

betterday zine, feb 2010, betterdayzine.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template