Kamis, 04 Februari 2010

Interview with FIRST TIME


FIRST TIME merupakan band oldschool hardcore dari Jogja yang udah cukup lama eksis dan berkontribusi di scene YKHC. Kali ini Betterday zine berkesempatan menginterview personil-personil band ini. They’re great guys! Mau tau lebih lanjut tentang FIRST TIME, baca dunk! Hehehe!


Hai temen-temen FIRST TIME. Gimana nih kabarnya?. Terima kasih sebelumnya atas kesempatan ini. Hehe..
Somed: Ya gini-gini aja, mas... Kalo kata Anwar ma SKRIPSI dan HARDCORE. Hahahahah!
Anwar: Baek bro.. Kabarnya mas Nanu sendiri gmana? Apakah baek-baek saja? (Aku apik-apik wae, War. Hehe! Red)
Jim: Hai Nu, kabarnya baik di sini.
Anom: Halo om Nanu.. Kabar baik disini.

As usual, pertama-tama tolong perkenalkan dulu masing-masing personil FIRST TIME, biar pembaca Betterday ngerasa lebih akrab. Mulai dari nama (lengkap juga boleh), sampe nomer hp juga gapapa. Siapa tau ntar ada yang cucok.. Wikikikikk...
Somed: Kebetulan saya Ssoommeed posisi drumer.. Hehehe!
Anwar: Saya Anwar posisi bass, hobi wisata kuliner dan mancing.
Jim: Kalo saya Jim, saya yang paling muda di FT, hehe.. Pas pencabutan undian saya kebagian buat mainin gitar..
Anom: Halo saya Anom, saya yang nyanyi dan sampe seklarang saya ngga bisa two-step. Hehe!! (Kursus dunk Nom! Hahaha! Red)

Sebenernya kapan sih FIRST TIME berdiri? Bisa tolong ceritakan sejarah singkat lahirnya FIRST TIME sampai line up seperti sekarang ini?
Somed: Na itu tugas mas Anom.
Anwar: anom dan jimi mungkin yg akan menjelaskan, sebagai anggota FT yang paling bangkotan.. Hehe!
Jim: Kalo manual book-nya FT itu dipegang sama mas Anom. Mungkin mas Anom yang bisa menjelaskan lebih detail..
bener gak nom? Hehe!!
Anom: Do cerewet kabeh langsungan.. Hehe! Dulu kayaknya saya pernah ngetik sejarahnya di komputer, ini langsung tak copy-paste aja ya. Hehehe!
FIRST TIME terbentuk pada bulan November 2006, dengan formasi awal Anom-vokal, Jim-gitar, Fahmi-bass, Ndut-drum dan dibantu Adi “Bacok”-gitar sebagai additional. Satu bulan kemudian posisi Fahmi digantikan oleh Adi “Bacok”. Setelah itu, Bacok mengundurkan diri karena harus pulang kampung ke Kalimantan (Pontianak) yang sebelumnya juga merupakan kampung halaman bagi band ini. Datanglah Anwar (Ex-THE ALLISON) yang berbadan subur nan seksi ini menyelamatkan posisi Adi “Bacok” sebelumnya, dan line-up pun bertambah dengan datangnya Agi (MORGAN MOONSCAR) bergabung untuk mengisi posisi gitar menemani Jim. Beberapa bulan kemudian, karena alasan pendidikan, Agi mengundurkan diri dan digantikan oleh Ipung (CHANGE FOR BETTER). Dan setelah itu, karena sesuatu hal, posisi Ndut digantikan Ajik (Ex-HEART OF JUDAS) yang notabene bisa memainkan drum dengan baik. Dan kabar buruk (lagi) untuk FIRST TIME bahwa Ipung telah diterima kerja di luar Jogja, maka pupus sudah semua harapan untuk menambah gitaris baru lagi, sehingga semua personel menyatakan untuk tetap berkwartet ria. Kemudian karena sesuatu hal (lagi), posisi Ajik ditempati oleh Sondhonk (STRIDE OFF, BAKUHANTAM) sebagai additional drummer. Setelah beberapa bulan mencari dramer tetap, akhirnya Somed (BODDAH) yang merupakan teman kampus Anwar dan Anom, dipaksa untuk menjadi dramer tetap dan (mungkin) abadi selamanya. Dan formasi sekarang, Anwar (bass), Jim (gitar), Anom (vokal), Somed (drum).

Tolong deskripsikan musik FIRST TIME, biar pembaca Betterday nggak susah ngebayanginnya (kecuali yang udah pernah liat kalian manggung atau udah dapet MP3-nya, hehe!)...
Somed: Agak sedikit fastcore, oldshool hardcore dengan sound-sound modern, ya... Itu yang saya suka waktu liat mereka main, sebelum saya gabung.
Anwar: Oldskool hc dengan sentuhan riff-riff gitar dan sound yang modern, dengan lirik yang straight to your face, tanpa basa-basi.
Jim: Asyik dan guenggerus..
Anom: Modern oldskool harkor asyik. Hehehe!

Aku pernah dapet 5 lagu kalian. Nice!! Ada rencana bikin full length album?
Somed: Kebetulan rencana paling deket bikin full length, ngumpulin lagu dan cari duit buat recording, hehe!!
Anwar: Semoga saja pertengahan taun ini..
Jim: Kalo rencana buat bikin full length album pastinya udah ada Nu, materi lagu juga udah kumpul tinggal ngelengkapi kekurangan aja, sama yang satu ini kita lagi nabung buat rekamannya, hehe!
Anom: Yak, saya manut dengan yang laen. Hehe!!
Gimana menurut kalian tentang gigs yang ada di Jogja? Dan di acara manakah yang menurut kalian masing-masing paling asik yang FIRST TIME pernah main?
Somed: Acara terahir kemaren di Bunker cukup seru, tidak basa-basi dengan band yang tidak terlalu banyak, bagus, epat dan menyenankan. Semoga sering ada acara kaya gitu. Sebenarnya bagus sekali hampir tiap minggu selalu ada gigs di Jogja, ntah itu dari temen-temen scene lain (maksudnya kolektif, Red) tapi kebanyakan kurang dikemas dengan bagus, jadi terlihat agak membosankan. Sudah saatnya mengemas gigs di Jogja supaya terlihat menyenangkan buat yang datang. Juga sebaiknya memberikan tempat bagi temen-temen baru untuk generasi yang akan datang supaya tidak salah jalan, hehehehe!
Anwar: Semuanya asyik, kan kita harkor asyik, hahahahha! Tapi terutama kalo pas audience yang dateng ikut bermoshing ria di arena moshpit atau sekedar ber-singalong..
Jim: Kalo selama yang saya pernah datangi nonton dan main di sebuah acara, gigs yang di bikin di jogja asyik-asyik, terkadang rame terkadang sepi, hehe! Semua acara yang kita pernah main semuanya asyik-asyik, Nu..
Anom: Kalo buat saya, hampir semua acara asyik-asyik dah.. Tapi mungkin yang ngga terlupakan buat saya pas ada acara ABHF di Bunker. Gigi depan saya gempil / pecah sedikit gara-gara kepentok mic, untung ngga rontok. Bisa suram masa depan saya, hehe! (Makanya lain kali pake helm rugby kalo pas nonton acara Nom! Hehehe! Red)

Kadangkala terjadi perkelahian di gig karena ulah segelintir orang yang cari masalah. Apa pendapat kalian dengan orang-orang yang sering bikin rusuh di gig?
Somed: Dibiarin aja.. Nggak usah diajak temenan, hehehehe! Sebenarnya itu sih kembali ke individu masing-masing. dan tiap orang punya kebribadian yang beda-beda, jadi lebih ke masalah personal bagaimana dia membawa dirinya. Dan jangan menyalahakan scene-nya apa bila terjadi kejadian kaya gitu. Salahkan aja orang nya, hehehe!
Anwar: Benci...benci...benci...hahahhahaahha! Orang kayak gitu mendingan dihukum rajam aja, hahahahahaha! (Waduw, kaya di Arab dunk, War! Ngeri ah! Sadis! Mending ditelanjangin trus diarak rame-rame keliling Jogja aja! Jhyaaaaa... Hahaha! Red)
Jim: Iya sih Nu, pastinya perkelahian dan rusuh di suatu acara memang sangat tidak menyenangkan. Tetapi emosi orang kita gak pernah tau, mungkin karna selama ini aku ga pernah tau apa permasalahan mereka-mereka yang seneng bikin kerusuhan. Gak tau itu memang hobi ato itu dendam pribadi jadi aku gak bisa menilai mereka. Biar mereka sendiri yang menilai diri mereka apa perlu di setiap acara bikin kerusuhan dan apa untungnya.
Anom: Sama kayak Anwar bilang, benci benci benci… haaaaa! Mbok kasihan sama orang-orang atau temen-temennya yang udah bikin acara, jangan dirusakin sama yang begituan.. (Nah itu dia, makanya ditelanjangin rame-rame aja Nom! Trus direkam, dan diedarin lewat YouTube. Hahaha! Red)

Denger-denger, semua anggota FIRST TIME nggak ada yang dari Jogja, ya? Masing-masing kalian berasal dari mana? Dan apa pendapat kalian tentang kota Jogja?
Somed: Hanya ANWAR yang dari Jogja. Kebetulan saya dari kota sebelah, ’Magelang City Rocker’ kata temen-temen, hehehe! Kultur musik di Jogja yang membuat saya tertarik hidup di jogja.
Anwar: Sapa bilang saya dari Jogja? Somed ki sok tau! Wong saya dari Sleman kok. Hehe! Kalo Anom dari Zimbawe, Jimi dari pulau Komodo..
Jim: Gak semua nya sih nu, tapi gak tau ne Godean termasuk Jogja apa gak. Hehe! Piss War! Kalo aku sendiri dari KalBar tepatnya Pontianak. Selama 7 tahun aku di Jogja menurut aku Jogja udah seperti jadi rumah kedua buat aku, mungkin satu hal yang bikin aku suka buat berada di Jogja karna banyak hal yang ditawarkan kota ini..
Anom: Mungkin dulu, sebelum Anwar beruang madu dari Godean bergabung, begitu (semua berasal dari luar kota, Red), semua personel berasal dari Pontianak (Kalbar) termasuk saya. Tapi setelah saya di Jogja dari 2003, saya bener-bener jatuh cinta sama kota ini tanpa melupakan kampung halaman saya sendiri tentunya. Mungkin bener Jim bilang, banyak hal yang ditawarkan di kota ini. Termasuk “burjo” yang makin lama menu-nya semakin lengkap. Murah meriah muntah, hehe!

Dan bagaimana pendapat kalian tentang scene YKHC sendiri?
Anwar: Scene YKHC semakin maju, semakin banyak band yang bagus-bagus dan berkompeten, dan salutnya lagi mereka tidak hanya pengen bikin band terus bubar, tapi punya keinginan untuk membuat rilisan apakah itu berupa EP atau full length. Saya cuma berharap YKHC bisa tetep satu.. Jangan ada dusta diantara kita.. Dan tetap dukung Anom sebagai ketua OFOB #8.. Contreng no.1 YKHC Anom!
Anom: Ketika saya ngambil file interview notepad dari Anwar, saya sempet curiga kenapa dia bilang tulisan dari dia jangan diedit lagi, ternyata bener dugaan saya. Saya digarapi lagi.. Scene YKHC mulai bangkit, dulu saya lumayan miris ngeliat acara OFOB #5 yang sangat sangat sepi.. Dan sekarang, YKHC mulai ramai kembali, ditambah banyak band yang baru bermunculan, membuat rilisan-rilisannya. Semoga terus ber-regenerasi, acara harkor tetap rame peminatnya, dan scene YKHC tetap menjaga kesatuan tanpa gap-gap-an. Amien.. (Setuju... Hajar wis, Nom!!! Hehehe! Red)

Apa arti ‘Hardcore’ ini sendiri bagi kalian masing-masing? Sampai kapan kalian akan menjadi ‘Hardcore Kids’?
Anwar: Hardcore is the way of my life. Kalo ditanya smpai kapan? Selama attitude saya tetap hardcore dan selama saya tetap mendengarkan musik hardcore, dan selama bumi ini tetap berputar pada porosnya. Haha!!
Jim: Play what I like, and do things that I think it’s right. Mungkin itu arti hardcore buat aku. Jujur aku baru di scene ini..
sampai kapan kita akan menjadi ‘Hardcore Kids’? Hmm mungkin sampai kita udah jadi 'a hardcore dads' kali nu hehe
Anom: Hardcore merupakan jalan hidup buat saya, tempat saya bisa bertemu teman-teman baru, memoto band teman-teman saya, pointing finger, grabbing a mic, sing a long, mencium bau badan teman-teman di moshpit, dan berenang diatas kerumunan orang, hehe! Dan saya lakukan itu sampai saya ngga kuat lagi, hehe!

Sekarang kan menjelang Pemilu nih... Apa pendapat kalian tentang parpol-parpol sekarang? Kalian nyontreng? Udah dapet parpol yang sreg di hati? Hehehe... (Interview ini dilakukan sebelum Pemilu legislatif 2009)
Somed: No coment......karena gitu gitu aja banyak yang nggak jelas.
Anwar: Kalo parpol dari dulu cuma janji-janji melulu gak ada kepastiannya, menyebalkan! Tapi saya suka Prabowo Subianto, karena selain pandai dan menguasai 5 bahasa asing dia juga terlihat tough.. Saya jadi teringat para anggota xTYRANTx ketika melihat sosok Prabowo di televisi.. He's a real toughguy! (Hehe, he’s more a beatdown guy. Red)
Jim: Wah kalo yang ini aku no comment aja deh Nu, hehe!
Anom: Waduh, kemaren saya juga belum didaftarin sama sodara saya, dan akhirnya saya ngga nyontreng. Ditambah pengetahuan tentang parpol juga minim. Btw, saya belum pernah ikut Pemilu. Hehe!


Tolong kasih pendapat kalian tentang: 1. Straightedge 2. Vegetarianisme 3. Courage Crew 4. Persahabatan 5. D-I-Y Somed:
1. Straightedge: Adalah cara hidup positif ala hardcore kid, hehehe! Mereka bersenang-senang dengan tidak merokok, tidak minum, tidak madat, dan hardcore, hehehe!
2. Vegetarianisme: Cara hidup dengan tidak mengkonsumsi daging. Kedegaran klise tapi itu bentuk nyatanya.
3. Courage Crew: Sebenernya sah-sah aja sih, selama dia tidak berlebihan dan tetep konsisten dengan omongannya.
4. Persahabatan: Berarti harus saling mengerti, saling menghargai, terbuka dan tidak menusuk dari belakang, hahahahaha!
5. D-I-Y: Daerah Istimewa Yogyakartaaaaaa, hehehe!! DIY adalah percaya diri, bangga dengan karya sendiri, nggak hanya asal-asalan, dan manyatakan bahwa itu berdasar DIY.
Anwar:
1. Straightedge: Sebuah prinsip hidup positif, di mana orang yang mengklaim sebagai SxE tidak akan mengkonsumsi rokok, minuman keras, dan drugs. Sekali mengklaim sebagai SxE, seumur hidup akan menjadi SxE.
2. Vegetarianisme: Suatu gaya hidup yang tidak mengkonsumsi daging.
3. Courage Crew: Gang Straightedge dari Detroit. Itu sih yang saya tau.
4. Persahabatan: Bagai kepompong. Mengubah ulat menjadi kupu-kupu..
5. DIY: Do It Yourself, yang saya tangkap di sini adalah menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi sesuatu yang lain. Lebih independent, tapi ada jg beberapa orang yg mengaitkan anti anti komersialisme, anti kemapanan, anti fashion, anti wanita. Wah yang ini paet! Jangan ditiru! Hahahaha!
Jim:
1. Straightedge: Hmm its a good way of living i think, Nu. Pastinya aku rasa aku gak bakal bisa buat nahan banyak godaan buat jadi seorang Straightedger, hehe!
2. Vegetarianisme: Kalo yang ini mas Anom lebih faham ne Nu, bukan begitu Nom?
3. Courage Crew: Saya juga kurang pahan tentang yang ini yang saya tau ini Courage Crew itu mereka-mereka yang mempuyai keberanian yang lebih, hehe!
4. Persahabatan: Persahabatan itu bagai kepompong merubah ulat menjadi makanan ikan, hahaha! Berbagi suka duka. Mungkin juga berbagi kasur, handuk, baju dll, hehe! Tapi ga backstabber. Hehe! (Betul Jim, kalo backstabber mah udah bukan sahabat lagi, tapi pecundang! Agree? Hehehe! Red)
5. DIY: Do It Yourself. Hmm.. Get real job, berusaha sebaik mungkin untuk tidak menyusahkan orang lain.
Anom:
1. Straightedge: Pilihan hidup positif dengan tidak merokok, alkohol, narkoba, dan tidak juga untuk free sex.
2. Vegetarianisme: Suatu paham yang mempunyai pilihan hidup untuk tidak mengkonsumsi daging karena alasan tertentu.
3. Courage Crew: Saya belum begitu ngerti tentang ini, dulu si Anwar pernah bilang kalo Courage Crew merupakan gang SxE dari Detroit.
4. Persahabatan: Saling paham dan mengerti antara satu sama lain. Jangan ada dusta diantara kita..
5. DIY: Do It Yourself, lakukan secara mandiri, bukan BCA, hehe!

Selain aktif di FIRST TIME dan scene, apa hobi kalian?
Somed: Ngeband ama band lain, hahahaha! Karena saya suka musik..
Anwar: Tamasya, wisata kuliner, mancing, dengerin musik, nonton, dan yang paling baru dari hobi saya adalah bimbingan dosen.. (War, hobi terakhirmu kuwi hobi terpaksa! Haha! Sukses wis! Red) (Saat ini Anwar telah lulus. Congats! Red)
Jim: Main komputer, main ke tempat Anom ya gak nom, hehe! Tapi karna sekarang Anom udah sibuk banget hobinya aku alihkan ke makan, hehee!
Anom: Hehehe… saya punya kesibukan baru sekarang.. jika teman saya Kecenk Gundul ’STRONGER THAN BEFORE’ melihat tulisan saya ini, dia pasti tersenyum manja. (Wah, nek urusan karo Kecenk mesti hal-hal sing ra bener.. Hahahaha!! Yo ra, Cenk?? Red)
Band-band apa aja sih influence dari masing-masing personil FIRST TIME? Boleh dari luar atau dalam negeri...
Somed: GO IT ALONE, Tegan and Sara, BEASTIE BOYS, DEERHOF, THIS HEART, REASON TO DIE, SLEEPLESS ANGEL, IN MY EYES, MINOR THREAT, PANTERA, PRIMITIVE SIMPANZE, SICK OF IT ALL, AGNOSTIC FRONT.
Anwar: GORILLA BISCUIT, CARRY ON, RIGHTEOUS JAMS, allegiance, DOWN TO NOThING, FINAL ATTACK.
Jim: Saya lebih ter-influence mereka-mereka yang berada di dalam band-band mereka. Buat saya sendiri lebih kepada menyenangi dan menyukai band. Yang jelas we influence each other..
Anom: SOMETHING WRONG, LOST SIGHT - saya fansnya om Sigit, R U SUCKS, STRAIGHT ANSWER, FINAL ATTACK, dan masih banyak lagi. Oh ya, saya juga senang dengan Frank Sinatra..

Rencana ke depan buat FIRST TIME? Bisa short term, middle term, atau long term plan, terserah aja, manut wae...Hehehe!
Somed: Bikin full length.
Anwar: Snom bisa short time lho Nu kalo mau, hahahaha! Apa ya? Bikin full length.. Amin.. (Yang bener, War? Wah, berhubung aku normal ntar aku promosiin buat yang lain deh lewat Betterday. Jhyaaaa... Piss Nom! Hahaha!! Red)
Jim: Bikin full length album.
Anom: Ndasmu War, hehehe! Setuju sama teman-temen, bikin full length album, mudah-mudahan masih bisa jalan terus dan tetep semangat. (Aku dukung full albumnya FIRST TIME!! Buruan rilis!! Hehe! Red)

Menurut kalian, apakah keberadaan zine penting bagi scene? Dan apa pendapat kalian mengenai keberadaan Betterday zine sendiri? Tolong kalau ada masukan dan kritiknya, biar Betterday bisa lebih maju terus pantang mundur... Hehehe!
Somed: Sebenarya zine penting buat scene musik apapun. Karena itu bukti eksistensi dan pergerakan dari scene itu sendiri. Nggak hanya ngumpul ngak jelas. Kalo bisa dijadiin... Webzine aja.. Seru tu. Hehee! (Versi dotcom Betterday lagi digarap. Tunggu dulu yes.. Hehe! Red)
Anwar: Yoi.. Betterday dibikin web aja keren tuh. Biar bisa browsing trus, hehe! Hhmmm, kalo saya boleh sedikit ngasi masukan gak apa-apa toh bos? Jangan ngomongin sellout melulu donk bos. Bosen.. Yang sudah-sudah biarlah berlalu. Sekarang kita buka lembaran baru. Tapi ya itu terserah, lha wong yang punya zine njenengan kok, hehehe! (Boleh banget War! Aku masih ngerasa perlu ngangkat isu ’sellout’ cuz semakin kesini kok banyak orang yang sellout dan nganggep sellout itu hal yang biasa. Padahal dulu koar-koar tentang SxE sampe mulutnya berbusa. It’s just a social control. Di edisi ini aja udah nggak sebanyak dua edisi terdahulu. Cuz ini ngikutin isu yang berkembang. Hehe! Thanx masukannya. It means a lot! Red)
Anom: Penting sekali mas Nanu, terlebih buat Anwar yang kerjaannya ngambil file bangbros dari komputer saya terus, mendingan dikasih bacaan kayak zine yang lebih bermanfaat buat dia. Bukan begitu mas Anwar? Hehe! Oh iya, selain isinya yang bermanfaat. Satu yang saya suka dari BD adalah layout-nya nyaman dilihat, hehe! Ditunggu versi PDF-nya ya mas nanu! (Kayaknya Betterday ga bikin versi PDF Nom, tapi ntar pengen yang versi dotcom aja. Biar infonya bisa punya credibilty value yang lebih. Wuikikikikk! Nom, btw koleksi barumu apa aja? Trade yuks! Jhyaaaaa.. Hahahaha! Red)

Last words for Betterday readers?
Somed: buat Betterday readers.. Salam super!!!!! Hehe!
Anwar: Buat kamu sekalian tetep pilih dan dukung Anom sebgai ketua OFOB #8, dengan cara ketik REG(spasi)Anom kirim ke 6988, sms yang kamu terima langsung dari hp Anom. (Anom mesakake tenan digarapi terus. Haha! Red)
Jim: Maju terus pantang mundur! Hehe!
Anom: Menjadi apa adanya, hargai perbedaan dan tetap di jalan hidupmu. Hehe! Buat Anwar, saya kena lagi, tunggu pembalasan saya wahai beruang madu, hehe! (Ati-ati ntar dibanting loh Nom! Hehehe! Red)

Bagaimana kalau ada pembaca Betterday yang ingin menghubungi dan berteman dengan kalian? Atau buat booking manggung.. Hehehe! Boleh alamat email, Myspace, atau nomer hp.. Somed: Silakan pak anom
Anwar: silahkan Ahmad'anom'dhani..
Jim: Nom Nom haha…
Anom: Keno meneh. Hehe! Email bisa dikirim ke: firsttimeyk@gmail.com atau bisa kunjungi www.myspace.com/firsttimeyk

Terima kasih atas waktu dan kontribusinya. Semangat terus! Dintunggu albumnya. Hehehe!! Takecare..
Anwar: Ya sama-sama mas Nanu, salam juga buat keluarga di rumah ya..
Jim: Sama-sama, terima kasih juga udah meng-interview FT. Sukses terus buat BD..
Anom: Sama-sama mas Nanu, makasih banyak buat interviewnya. Hehe!

Dimuat di Betterday zine #20

betterday zine, 2010, betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template