Minggu, 14 Februari 2010

Global Warming dan Vegetarian


Isu Global Warming sekarang ini sering terdengar dimana-mana, bahkan cuaca yang bergonta-ganti tanpa pola seperti dahulu adalah salah satu dampak dari global warming. dampaknya sudah mulai kita rasakan sekarang. Banyak orang mulai peduli dan reaktif dengan isu ini. Dan sebuah wacana yang berkembang untuk meminimalisir global warming adalah dengan menjadi Vegetarian (ataupun Vegan). Apa hubungannya?

Sepotong daging di dalam menu makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat berasal dari peternakan. Dan beberapa peneliti dunia mengatakan bahwa peternakan merupakan sumber masalah terbesar dari isu global warming. Mengapa?

Pertama, memelihara hewan ternak membutuhkan energi listrik, lampu, penghangat ruangan, dan mesin pemotong, mesin pendingin untuk menyimpan daging (digunakan oleh para distributor daging, restoran, pengecer, pasar dll). Sedangkan semua peralatan elektronik itu sangat boros energi.

Kedua, transportasi yang digunakan untuk mengangkut hewan ternak, makanan ternak, sampai dengan elemen pendukungnya (seperti obat-obatan) menghasilkan emisi karbon yang signifikan.

Ketiga, peternakan menyedot banyak sumber daya alam, mulai pakan ternak, obat-obatan, hormon untuk mempercepat pertumbuhan. Padahal banyak produk-produk tersebut (sayuran/buah-buahan untuk hewan ternak) bisa kita konsumsi langsung.

Keempat, peternakan membutuhkan lahan yang tidak sedikit, oleh karena itu banyak hutan ditebang untuk membuka lahan peternakan. Hal ini diperparah dengan perusakan hutan untuk menanam pakan ternak seperti gandum, rumput dll. Padahal akan lebih effisien jika tanaman tersebut diberikan langsung pada manusia.

Kelima, hewan ternak seperti sapi adalah polutan metana yang signifikan, karena sapi melepaskan metana dari dalam perutnya selama proses mencerna makanan. Metana adalah gas dengan emisi rumah kaca yang 23 kali lebih buruk dari CO2, ini merupakan polutan gas rumah kaca yang signifikan.

Keenam, limbah berupa kotoran ternak mengandung senyawa NO (Nitrogen Oksida) yang berbahaya 300kali lipat dibandingkan CO2. Di Amerika Serikat saja, hewan ternak menghasilkan tidak kurang lebih 39,5 ton kotoran perdetik!!!! Bayangkan berapa banyak jumlah tersebut dis eluruh dunia. Jumlahyang luar biasa besar membuat sebagaian kotoran tidak dapat diproses lebih lanjut menjadi pupuk, atau hal-hal berguna lainnya, akhirnya yang dilakukan oleh pelaku industri peternakan modern membuangnya ke sungai atau tempat lainnya yang akhirnya meracuni tanah dan sumber air.

Secara umum, sektor peternakan memang menyumbang emisi gas rumah kaca. Terbesar dibanding lain-lainnya (semisal asap kendaraan atau penggunaan AC). Berikut garis besarnya menurut FAO: Emisi karbon dari pembuatan pakan ternak: Penggunaan bahan bakar fosil dalam pembuatan pupuk menyumbang 41 juta ton CO2 setiap tahunnya, Penggunaan bahan bakar fosil di peternakan menyumbang 90 juta ton CO2 per tahunnya (misal diesel atau LPG), Alih fungsi lahan yang digunakan untuk peternakan menyumbang 2,4 miliar ton CO2 per tahunnya, termasuk di sini lahan yang diubah untuk merumput ternak, lahan yang diubah untuk menanam kacang kedelai sebagai makanan ternak, atau pembukaan hutan untuk lahan peternakan, Karbon yang terlepas dari pengolahan tanah pertanian untuk pakan ternak (misal jagung, gandum, atau kacang kedelai) dapat mencapai 28 juta CO2 per tahunnya. Perlu Anda ketahui, setidaknya 80% panen kacang kedelai dan 50% panen jagung di dunia digunakan sebagai makanan ternak, karbon yang terlepas dari padang rumput karena terkikis menjadi gurun menyumbang 100 juta ton CO2 per tahunnya 2. Emisi karbon dari sistem pencernaan hewan b. Emisi karbon dari ternak: Metana yang dilepaskan dalam proses pencernaan hewan dapat mencapai 86 juta ton per tahunnya, Metana yang terlepas dari pupuk kotoran hewan dapat mencapai 18 juta ton per

Do something right now! Jadilah Vegetarian/Vegan! Lakukan penghijauan dan selamatkan bumi! (El Vegano)


Dari beberapa sumber.





betterday zine, 2010, betterdayzine.blogspot.com


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template