Senin, 18 Januari 2010

Putin, Rusia, dan Alkohol


Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin tampaknya mulai gerah dengan kecanduan alkohol yang diderita sebagian besar warganya. Baru-baru ini ia memulai kampanye untuk mengurangi konsumsi alkohol di Rusia hingga separuhnya dengan target 10 tahun.

Orang Rusia memang terkenal dengan kebiasaan menenggak alkohol, terutama vodka. Kecanduan alkohol ini oleh para ahli kesehatan dituding menjadi penyebab pendeknya umur rata-rata orang Rusia, yakni 56 tahun untuk pria dan 76 tahun pada wanita.

Wajar saja jika Pemerintah Rusia mulai kesal, pasalnya kecanduan alkohol yang diderita orang Rusia memang sudah sampai taraf mengkhawatirkan. Dalam situs resmi Pemerintah Rusia disebutkan, setiap tahun 23.000 orang meninggal karena keracunan alkohol dan lebih dari 75.000 terkena penyakit yang disebabkan oleh alkohol. "Kecanduan alkohol adalah penyebab utama naiknya masalah demografi dan sosial di negara ini sejak tahun 1960-an," tulis Putin dalam situs itu.

Putin berniat mengurangi konsumsi alkohol hingga 15 persen pada tahun 2012 dan tahun 2020 ia menargetkan pengurangan sampai dengan 55 persen. Secara umum, rata-rata orang Rusia meminum alkohol 18 liter per tahun.

Untuk mencapai target ini, Putin mendesak pemerintah agar melakukan berbagai strategi, di antaranya pembatasan produksi dan penjualan alkohol, meningkatkan pajak, serta melarang iklan produk alkohol.

Sejak Augtus 2009 Presiden Rusia Dmitry Medvedev juga mengeluarkan berbagai langkah untuk menekan tingginya konsumsi alkohol di negara itu, antara lain meningkatkan pajak bir, menerapkan harga minimum untuk vodka, dan mengeluarkan peraturan pemasaran alkohol.

Menengok ke belakang, tahun 1985 pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev juga mendeklarasikan perang terhadap kebiasaan minum alkohol. Pada masa itu memang terjadi pemangkasan produksi minuman beralkohol serta pengawasan yang ketat pada konsumsi alkohol di tempat umum.

Alkoholisme atau ketagihan minum alkohol dapat merusak lever, jantung, menaikkan tekanan darah hingga tingkat yang membahayakan, menguras energi, menghancurkan kehidupan seksual, memicu depresi, bahkan menghancurkan karier dan perkawinan.

Sumber: Kompas.com



Foto Vladimir Putin klik di sini


betterday zine, 2010, betterdayzine.blogspot.com


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template