Selasa, 19 Januari 2010

What is Vegetarian?



Vegetarian: Untuk maksud keanggotaan IVU, Veganisme dianggap termasuk Vegetarianisme. Vegetarianisme didefinisikan sebagai praktek tidak makan daging, unggas, ikan, ataupun produk sampingannya, dengan ataupun tanpa penggunaan dairy atau telur.

Sering dibagi-bagi lagi menjadi OVO-LACTO dan LACTO. Vegetarian mungkin atau mungkin tidak mencoba untuk meminimalisasikan penggunaan hewan yang bukan untuk makanan seperti Vegan.

Ovo-Lacto Vegetarian: tidak makan daging, tetapi masih konsumsi telur dan produk susu. Ini adalah bentuk Vegetarian yang paling 'populer' di masyarakat.

Lacto Vegetarian: tidak makan daging, tetapi masih konsumsi produk susu.

Vegetarian ketat: berarti VEGAN, tidak konsumsi daging, telur, susu, serta segala produk-produk turunannya yang mengandung ketiga hal tersebut.

Sedangkan 'Veggie' merupakan panggilan pendek untuk seorang VEGETARIAN; kadangkala mencakup pula VEGAN.


Istilah Vegetarian

Istilah 'Vegetarian' diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.

Kata ini berasal dari Bahasa Latin 'Vegetus', yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup; (jangan dihubungkan dengan 'vegetable-arian' - mitos manusia yang diimajinasikan hidup seluruhnya dari sayur-sayuran tetapi tanpa kacang, buah, biji-bijian, dan sebagainya! Vegetarian tidak seperti itu.)

Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean', sesuai dengan Pythagoras 'Vegetarian' dari Yunani kuno.

Definisi asli dari 'Vegetarian' adalah "dengan atau tanpa telur atau produk dairy" dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan Vegetarian di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediteranian klasik, sebagai contoh Pythagoras.


Definisi dari istilah-istilah lain yang membingungkan

Semi-Vegetarian: Memakan lebih sedikit daging dari pada orang rata-rata. Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Pseudo-Vegetarian: Mengaku sebagai Vegetarian, tetapi BUKAN. Sering digunakan oleh para VEGETARIAN untuk mendeskripsikan SEMI-VEGETARIAN, dan PESCETARIAN. Pseudo secara harafiah berarti 'palsu'.

Pescetarian: Hampir sama dengan VEGETARIAN, tetapi juga mengkonsumsi ikan. (sering merupakan orang yang menghindari teknik-teknik 'peternakan pabrik'). Lihat juga PSEUDO-VEGETARIAN.

Fruitarian: Sama dengan VEGAN, tetapi hanya memakan makanan yang tidak membunuh tumbuhan tersebut (apel bisa dipetik tanpa membunuh pohonnya, sedangkan wortel tidak dapat).

Konsumen Sayuran: Berarti siapapun yang mengkonsumsi sayuran. Tidak selalu seorang VEGETARIAN.

Herbivora: Sebagian besar makan rumput atau tumbuh-tumbuhan. Tidak selalu VEGETARIAN.

Pemakan-tumbuhan: Sebagian besar makan tumbuhan. Not necessarily a VEGETARIAN!

Apakah Makrobiotik itu? Dari seorang anggota ivu-sci:
Menurut tulisan Donna Secker dan Stanley Zlotkin dalam Essentials of Human Nutrition, "diet makrobiotik terdiri dari nasi dengan kulitnya, kacang-kacangan serta sayuran dengan sedikit makanan terfermentasi, biji-bijian, dan buah-buahan; tanpa konsumsi produk hewani" (saya kurang pasti dengan bagian terakhir - saya pikir ikan diperbolehkan dalam diet macrobiotic).
Penulis memperingatkan bahwa "anak-anak yang mengkonsumsi diet makrobiotik, hubungan yang telas telah terlihat antara diet, masukan nutrisi, fakta fisik dan biokimia kekurangan beberapa nutrisi termasuk didalamnya zat besi, vitamin B12, vitamin D, serta riboflavin. Tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dan dilaporkan timbulnya penyakit-penyakit gizi seperti rakhitis, kwashiorkor, serta anemia.

Vegan: tidak memakan daging binatang (daging merah, unggas, ikan, dan makanan laut), produk hewani (telur dan susu), dan sesadar & semaksimal mungkin tidak mengkonsumsi madu dan tidak menggunakan atau memakai produk hewani (kulit, sutra, wol, lanolin, gelatin, dsb).

Mengapa Vegan?

VEGANISME dapat didefinisikan sebagai suatu cara hidup yang ingin mengeluarkan, sejauh yang masih mungkin dan masih bisa dilaksanakan, segala bentuk dari eksploitasi, serta kekejaman terhadap, binatang untuk makanan, pakaian, dan maksud-maksud lain.

Dalam istilah diet vegan mengacu pada praktek membuang penggunaan *semua* hasil hewani - termasuk daging, ikan, unggas, telur, susu hewan, madu, dan hasil-hasilnya.

Kemualan terhadap kekejaman yang melekat pada peternakan susu, ternak, dan unggas mungkin adalah satu alasan terutama akan adopsi dari veganisme, tetapi banyak juga yang tertarik padanya untuk kesehatan, lingkungan, spiritual, dan alasan-alasan lainnya.

"Tanah, energi, dan sumber air yang digunakan untuk peternakan berkisar antara 10 hingga 1000 kali lebih besar daripada apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan makanan nabati dengan jumlah yang sama. Juga, peternakan tidak hanya *menggunakan* sumber daya ini, melainkan *menghabiskannya*.

Semua ini terlihat dalam sejarah. Kebanyakan dari permukaan tanah dunia, erosi, kehabisan air tanah, serta pembabatan hutan -- faktor-faktor yang saat ini mengancam dasar sistem makanan kita -- adalah hasil dari bentuk produksi makanan yang destruktif ini" (Keith Akers, p. 81, "A Vegetarian Sourcebook", 1989).

Kata-kata yang sering digunakan:

Vegan: tidak mengkonsumsi daging binatang (daging, unggas, ikan, dan makanan laut), produk hewani (telur dan susu), dan sekaligus (semaksimal mungkin) tidak mengkonsumsi madu dan pemakaian serta penggunaan produk hewani (kulit, sutra, wol, lanolin, gelatin, dsb).

Vegetarian ketat: asalnya berarti Vegan

Vegetarian murni: sama dengan Vegetarian ketat.

Bagaimanakah "Vegan" diucapkan?

Kata Vegan diciptakan oleh Donald Watson pada tahun 1940-an. Dibaca "Vee-gun". Ini adalah pengucapan yang paling umum di Inggris. Tidak ada yang bisa berkata pengucapan ini "salah", maka ini juga adalah pengucapan yang secara politik benar.

Di US, pengucapan yang umum adalah "Vay-gn" dan juga "Vee-gn", walaupun Masyarakat Vegan Amerika mengatakan bahwa pengucapan yang benar adalah yang sama dengan pengucapan di Inggris.

Sumber: IVU (International Vegetarian Union) dan beberapa sumber lain.


betterday zine | 2010 | betterdayzine.blogspot.com

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template