Sabtu, 26 Desember 2009

Osteoporosis dan Veganisme


Osteoporosis digambarkan sebagai semakin rapuhnya tulang, sehingga tulang rentan dengan keretakan. Tulang kita dibentuk oleh 13 mineral, dengan kalsium sebagai komponen terbesarnya. Sebuah kepadatan tulang dibawah 350 mg/cm2 beresiko tinggi dengan keretakan.
Apa penyebab Osteoporosis? Apakah jumlah kalisum sangat diperlukan untuk kesehatan tulang? Apakah susu direkomendasikan untuk membangun tulang yang kuat? Apa sumber kalsium bagi kaum Vegan? Apa yang kita lakukan untuk mencegah Osteoporosis? Kita lihat lebih dekat lagi untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan juga feature juara dunia Triathlete, Iron Lady Dr. Ruth Heidrich, seorang Vegan sejak 1982 ketika umurnya 47 tahun, yang mana secara menakjubkan telah meningkatkan massa tulangnya bahkan setelah umur 60 tahun!!!

Penyebab Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh banyak faktor, dan kekurangan kalsium hanyalah salah satu darinya. Faktor penting lainnya adalah kelebihan protein hewani, kurangnya olah raga, kurangnya penyerapan kalsium, dan pengkonsumisan garam, kafein, dan tembakau.

Fakta berbicara:
- Kaum wanita dari African Bantu hanya mendapatkan rata-rata 350 mg kalsium perharinya, biasanya melahirkan 9 anak selama hidupnya, menyusui mereka selama dua tahun, tetapi hampir tidak menderita kekurangan kalsium dan jarang menderita kerapuhan tulang. Faktor generic tidak termasuk seperti keluarga generic yang tinggal di Amerika, dimana mengikuti Standard American Diet (SAD), sehingga memiliki tingkat osteoporosis yang tinggi seperti orang Amerika.
- Orang Eskimo, mempunyai satu dari zat makanan kalsium yang didapat dari ikan, lebih dari 200 mg per hari. Ironisnya, mereka juga mempunyai tingkat Osteoporosis yang sangat tinggi di dunia! Ini mungkin berkaitan dengan kelebihan zat makanan protein hewani (250 – 400 gram per hari yang berasal dari ikan), dengan ditambah sedikitnya berolah raga dan sinar matahari.

Mengapa Mengkonsumsi Daging Menyebabkan Osteoporosis? Sebuah masa studi yang lama menemukan bahwa dengan sekecil 75 gram daily protein (protein susu), kalsium akan hilang melalui urine daripada yang diserap oleh tubuh. Semakin banyak protein yang masuk, semakin banyak kalisum yang hilang.
Ini disebabkan karena kelebihan protein hewani akan menyebabkan darah kita (terutama yang sedikit bersifat alkali) menjadi acidic dan mengganggu darah yang bagus dengan ph yang seimbang. Hal ini menyebabkan pelepasan garam kalsium yang bersifat alkali dari tulang untuk masuk ke dalam darah – dan hal tersebut meyebabkan pelepasan kalsium dari tulang kita!
Untuk mendapatkan hasil nutrisi yang optimal, kita juga memerlukan sekitar 2 kali kalsium seperti fosfor. Kelebihan fosfor akan mengganggu keseimbangan dan kalsium akan hilang melalui urine kita. Dengan jumlah sirkulasi kalsium yang sedikit di dalam darah kita, tubuh secara natural akan melepaskan kalsium dari tulang untuk menyeimbangkannya. Sedangkan ikan dan daging sangat tinggi zat fosfornya, tetapi sangat rendah zat kalisumnya.


Apakah Susu Dianjurkan untuk Membentuk Tulang yang Kuat? Ironisnya, negara-negara dengan pengkonsumsian dairy porducts (produk-produk mengandung susu) yang sangat tinggi (Amerika, Sweida, Finlandia, Inggris, dll) juga memiliki tingkat Osteoporosis yang sangat tinggi di dunia. The Harvard Nurses’ Study mengikutkan 78.000 wanita selama 12 tahun dan menemukan bahwa mereka yang meminum susu 3 gelas tiap harinya memiliki kerapuhan tulang lebih daripada yang jarang minum susu.
Ternyata, tingginya pengkonsumsian dairy products tidak cukup untuk membentuk tulang yang kuat.
Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, tingkat penyerapan kalsium dari susu sapi hanyalah 32%; sementara untuk sayur-mayur melebihi 50%, dengan brokoli pada 52%, dan taoge dari Brussels 52,6%.

Sumber Kalsium: Sayur-mayur dengan warna daun yang hijau gelap, kacang kering yang dimasak, kacang-kacangan, produk-produk dari kacang kedelai, biji-bijian, buah-buahan kering, sayuran laut, dan produk-produk tinggi kalisum lainnya seperti jus orange, dan susu kedelai.

Apa yang Seharusnya Dilakukan untuk mencegah Osteoporosis? Konsumsilah makanan vegetarian dengan sayur-mayur hijau yang banyak.
Berlatihlah (olah raga) secara reguler, walaupun hanya sekedar lari-lari, loncat tali, bersepeda, dll. Dapatkan sinar matagari yang cukup, sehingga kulit kita menerima vitamin D, dimana sangat membantu tubuh kita untuk menyerap kalisum.
Kurangi garam, kafein, dan terutama tembakau (rokok, cerutu, dll), dimana mereka akan menyebabkan pelepasan kalisum.
Dan yang terakhir dan paling efisien dan efektif: GO VEGAN!

Diterjemahkan dari
www.vegetarian-society.org

(dimuat di Betterday #7)
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template