Selasa, 08 Desember 2009

Interview with xEYE OF JUDGEMENTx (Band militan Vegan Straightedge metalcore dari Belanda)


Hey Roel, tolong perkenalkan bandmu.

xEYE OF JUDGMENTx adalah sebuah band Vegan Straightedge dari Belanda. Kami mulai latihan (band) ketika musim panas 2004, namun band ini belum lengkap hingga musim dingin tahun itu. Kami membentuk band ini karena kami merasa bahwa ‘Vegan Straightedge’ mulai hilang dari agenda publik, paling tidak di Belanda, dan kami ingin meng-counter itu kembali. Di scene hardcore Belanda, musik terlihat kehilangan pesan-pesannya, dan orang-orang biasa saja melihat itu. Kami berharap dapat meng-counter itu dengan band ini dan kami ingin membuat Vegan Straightedge kembali menjadi bagian yang sehat dari hardcore. Kami mendeklarasikan perang terhadap kemewahan istilah “scene hardcore”, seperti apa yang kamu tulis di lirikmu sebagai kekuatan moral: ‘you call yourself a counter-culture but you counter nothing, you uphold the same sickening values as the world you claim to loathe’. Kami ingin membawa kembali kesadaran akan fakta bahwa scene ini bisa lebih daripada hanya musik cadas. Hardcore seharusnya menjadi sebuah ancaman (kekuatan) bagi masyarakat dan bagi apa yang disebut moral lagi.


Mengapa menggunakan nama xEYE OF JUDGEMENTx ?

Nama EYE OF JUDGMENT mengandung dua arti. Petama, “Eye” yang berarti bahwa ini untuk melihat dunia. Dan ini bukan sebuah pandangan yang positif sama sekali. Dan yang kedua, “Judgement” ada di belakang kepala, yang berarti bahwa kita melewati pengadilan di dunia ini. Kami secara tegas menolak cara manusia memperlakukan bumi dan semua kehidupan yang eksis di planet ini. Kami tidak mencari dan men-judge individu-individu karena itu adalah hal yang sia-sia dan aktivitas yang tidak pernah berakhir karena kerusakan moral masyarakat modern. Kami justru menyalahkan manusia untuk pembinasaan bumi dan semua kehidupan diatasnya. Pada akhirnya kita semua bersalah.


Apa saja rilisan kalian hingga sekarang?

Januari 2005 kami merekam demo-tape “The War Has Begun”, yang kami rilis sendiri. Demo ini kemudian dirilis kembali oleh teman kami, Jigs, dari ABUSIVE ACTION melalui labelnya xDiscontentx Records. Kami masih mempunyai beberapa rekaman ini untuk para kolektor sejati. Di bulan November “The War Has Begun” dirilis kembali oleh New Eden Records sebagai sebuah remaster 7”, dengan artwork oleh Dwid Hellion (kamu pasti mengetahui dari bandnya, INTEGRITY), tetapi yang ini juga sudah terjual habis. Album baru kami “The New Crusade” akhirnya keluar, masih dengan New Eden Records dan ini telah menjadi sebuah ledakan. Berisi 10 lagu, beberapa diantaranya dari “The War Has Begun” (7”). Album ini juga akan di rilis dalam versi LP dengan beberapa bonus tracks.


Bagaimana kamu menggambarkan musik kalian?

Ketika pertama kali memulainya, kami mencari sound yang terinfluens oleh band-band yang true-hardcore seperti SLAPSHOT dan THE PATH OF RESISTANCE, dan demo kami memiliki sound perpaduan mereka. Setelah itu kami mencari sound yang lebih berat lagi untuk menyesuaikan dengan lirik yang penuh kemarahan. Sampai akhirnya secara narutal kami berubah dengan sound seperti INTEGRITY dan ALL OUT WAR. Deskripsi terbaik untuk musik kami adalah campuran dari INTEGRIRY dan EARTH CRISIS. Kami suka sound metalcore pertengahan 90-an, dan itulah yang kami lakukan, dengan mencampurkan beberapa harmoni dan solo-gitar tipikal METALLICA.


Pesan-pesan apa saja yang ingin kalian sebarkan melalui xEOJx? Apakah kalian konsentrasi pada isu Veganisme dan Straightedge atau kalian juga memasukkan isu-isu lain?

Pesan yang kami sampaikan adalah untuk melawan dunia yang penuh kebencian dan sudah bobrok ini. Kami benci lemahnya manusia dan ini membawa kami pada 3 topik dasar isi lirik kami: STRAIGHTEDGE, VEGANISME, dan misanthropy (kebencian terhadap orang). Kami menganut Straightedge, untuk melawan masyarakat yang penuh korupsi ini. Revolusioner sejati tidak meracuni dirinya. Kami memandang rendah pada kelemahan manusia, yang selalu mencari alkohol dan drugs untuk melupakan hidupnya. Straightedge adalah tentang mengontrol kelemahanmu dan hidup dengan penuh kesadaran. Bagian ini telah jauh dari aturan dasar Straightedge yang dipopulerkan oleh MINOR THREAT. (Maksudnya, Straightedge yang mereka anut bisa dibilang lebih keras -red). Veganisme berarti bahwa kami tidak mengkonsumsi produk apapun yang berasal dari binatang, mulai dari daging, telur, susu, keju, ataupun madu, dengan alasan bahwa binatang tersiksa di dalam industri. Kami juga melawan animal testing karena kami rasa itu salah untuk memilih kehidupan manusia di atas penderitaan binatang. Kami telah memilih jalan ini walaupun kadang-kadang beberapa orang tidak akan memahami kami dan bahkan mengejek kami. Kami secara tegas mempercayai ini sebagai jalan yang benar. Masyarakat dari dunia Barat mengeksploitasi apapun untuk kerakusannya dan hanya untuk mendapatkan uang yang banyak. Manusia menghancurkan bumi dan sedangkan tiap hari jutaan manusia lahir. Bumi tidak dapat menerima tekanan ini, tetapi masyarakat terlalu bodoh untuk memahami ini. Sudah terlambat untuk kembali dan memperbaiki keburukan yang dilakukan manusia. Spesies yang telah mati tidak akan kembali dan ekosistem yang telah dihancurkan tidak dapat diselamatkan. Yang tersisa hanyalah orang-orang yang sebenarnya telah mati. Akhirnya hanya bumi yang bisa memperbaiki kerusakan yang dibuat manusia. Sampai sekarang lirik kami adalah Straightedge, veganisme, dan misantrhopy. Tetapi di album kami yang terbaru, kami banyak memasukkan pandangan environmentalist.


Apakah menurutmu Vegan/Straightedge adalah sebuah personal choice?

Bagi masing-masing anggota di band ini, Straightedge adalah personal choice, saya bahkan percaya bahwa dulu tidak satupun di band yang tahu bahwa masing-masing adalah Straightedge. Straightedge bukanlah sebuah mentalitas geng. Menjadi SxE karena alasan teman adalah kebodohan. SxE adalah sesuatu yang kamu lakukan untuk dirimu, tidak untuk orang lain. Menjadi SxE adalah kebebasanku, pemberontakanku melawan masyarakat (mainstream). Banyak orang berkata bahwa SxE merupakan lawan dari kebebasan karena banyaknya aturan, tetapi menurut pandangan saya SxE membebaskan saya dari tekanan kawan untuk mengkonsumsi alkohol dan drugs, serta memberi saya kebebasan memutuskan untuk melakukan apapun kapan saja saya mau. Kami semua merasa bahagia menjadi SxE dan kami pikir banyak orang mendapatkan manfaat darinya, tetapi mungkin tidak bagi yang lainnya, jadi kami tidak pernah memaksakan pendapat kami tentang SxE kepada siapapun. Veganisme di sisi lain juga merupakan sesuatu yang kami anggap sebagai personal choice. Tentu saja kami semua telah memutuskan untuk menjadi Vegan bagi diri kami sendiri, tetapi sebenarnya kami pikir bahwa setiap orang sebaiknya menjadi Vegan karena alasan-alasan yang telah dijelaskan diatas. Saya pikir pergerakan dapat di-karakater-isasi oleh sebuah tujuan dimana menjadi arah bagi semua anggotanya. Scene Straightedge sangat luas, saya tidak melihat disitu ada tujuan yang umum; beberapa orang adalah meat-edge (Straightedge tetapi juga pemakan daging), beberapa lainnya adalah Vegetarian, Vegan, ateis, relijius, sehingga tujuan umumnya tidak bisa ditemukan. Kami tidak berjuang untuk masyarakat yang bebas alkohol atau drugs, karena sebagian besar orang tidak dapat mengatasi kehidupannya tanpa lari dari intoxication (peracunan).


Apakah ketidakadilan terbesar pada binatang pada saat ini?

Saya pikir isu terpenting saat ini adalah besarnya sektor ekspolitasi hewan yang terindustrialisasi: factory farming dan animal testing. Di dalam factory farming (peternakan pabrik) hewan-hewan dimasukkan ke dalam kandang sempit untuk produksi daging dan fur (bulu) yang tercepat dan termurah. Jumlah penderitaan yang mereka terima sangat tidak bisa dipercaya. Banyak binatang yang memperlihatkan tingkah laku yang tipikal karena stres yang dipikulnya. Binatang-binatang ini kemudian dipindahkan secara berdesakan dengan menggunakan truk menuju tempat penjagalan, tempat dimana pembantaian terjadi. Dalam lab-lab animal testing, binatang diperlakukan secara sangat menyedihkan. Jutaan binatang digunakan untuk mengetes beberapa macam obat-obatan dan produk-produk dengan tujuan standar keamanan bagi manusia. Ini membawa 2 masalah: Pertama, binatang bukanlah manusia, jadi walaupun melalui eksperimen ini, masih banyak ratusan korban yang mati setiap tahunnya gara-gara efek samping dari jenis obat-obatan yang telah melalui animal testing. Kedua dan yang paling penting, sampai kini tidak ada moral untuk menempatkan kehidupan binatang diatas kehidupan manusia. Berapa banyak binatang mati untuk kepentingan profit sebuah perusahaan? Apabila kedua masalah ini diselesaikan saya rasa masalah-masalah lainnya akan ikut terselesaikan dengan sendirinya sedikit demi sedikit, seperti animal abuse di dalam negeri, adu ayam, adu banteng, dan lain-lain.


Apakah menurutmu dunia akan berubah dengan gaya hidup Veg(etari)an?

Tentu saja. Produksi daging di dunia Barat yang menghabiskan lahan pertanian digunakan untuk memproduksi makanan ternak. Apabila tanah ini digunakan untuk memproduksi makanan (untuk manusia) maka tidak ada kelaparan di dunia. Apabila orang-orang mulai perhatian dengan sesamanya dan lingkungan, seluruh masalah di dunia akan terselesaikan. Tetapi keadaan sebenarnya adalah tidak adanya kepedulian, dan mesin kapitalistik akan menghancurkan semuanya demi mendapatkan profit.


Apakah kamu mendukung direct action (aksi lapangan untuk membebaskan satwa yang tertindas, -red)?

Kami secara tegas mendukung semua aktivitas yang bertujuan menyelamatkan binatang-binatang dari kesengsaraan. Ada beberapa cara untuk mencapai ini, beberapa cara mungkin dikategorikan sebagai kegiatan teroris. Aksi yang paling terkenal adalah pelepasan mink (sejenis cerpelai atau musang dimana mereka sering dibunuh untuk diambil kulit dan bulunya, -red) dan binatang-binatang lain dari perusahaan-perusahaan penghasil fur atau bulu. Kegiatan ini bisa dikatakan positif bagi sebuah masyarakat umum karena mereka melawan industri penghasil bulu dan pada dasarnya tidak ada binatang atau manusia yang tercelakai ketika aksi ini berlangsung. Hal yang terpenting adalah kerugian ekonomi, dimana setelah terjadinya aksi ini akan mengakibatkan sebuah perusahaan (penghasil fur) bangkrut. Direct action lainnya seperti arson (pembakaran rumah dengan sengaja, -red) juga akan mengakibatkan kerugian ekonomi dan bertujuan untuk meraih publisitas. Bagaimanapun juga, jangan lupa bahwa edukasi jauh lebih penting untuk menyelamatkan kehidupan binatang. Orang-orang tidak merasakan rasa sakit dan penderitaan yang dirasakan oleh binatang sebelum mereka berhenti mengkonsumsi daging, jadi lebih baik konsentrasi pada peningkatan kesadaran publik untuk memperhatikan industri yang berkaitan dengan eksploitasi binatang. Demonstrasi melawan sebuah perusahaan yang spesifik mungkin merupakan salah satu cara yang baik untuk meraih perhatian publik, sekarang ini banyak sekali demonstrasi menentang Thomas Cook Travel karena mereka menyewa penerbangan dimana monyet-monyet dipindahkan dari Mauritius menuju lab-lab animal testing di Eropa, dan juga masih banyak sekali demonstrasi menentang Huntingdon Life Science dan BPRC, dua lab animal testing besar di UK dan Belanda. Sejak munculnya pemerintahan sayap kanan di Eropa, banyak sekali publikasi yang menentang aktivis animal rights. Di Belanda, seorang politisi sayap kanan dibunuh oleh seorang Vegan pada tahun 2002, yang akhirnya memunculkan banyak berita mengenai organisasi-organisasi yang memperjuangakan animal rights. Untungnya sebagian besar publikasi ini tidak semuanya bersifat negatif dan lagipula jurubicara dari Animal Liberation Front tidak melakukan tugasnya dengan cukup baik. Sehingga menjadi sebuah badai yang ada di kepala kami tetapi tidak begitu menyaktikan, yang kami anggap sebagai kehilangan kesempatan untuk menumbuhkan kesadaran puiblik. Media lebih fokus pada sensasi dari “orang-orang aneh” ini daripada alasan sebenarnya mengapa mereka melakukan ini.


Beberapa orang berpikir bahwa SxE adalah sesuatu yang “ekslusif” dan tujuan menjadi SxE adalah hanya agar dikategorikan sebagai seseorang yang “keren”. Bagaimana pendapatmu?

Straightedge bukanlah tentang menjadi seseorang yang “cool”, tetapi saya dapat mengerti bahwa orang yang lemah mungkin merasa berada dibawah tekanan untuk menjadi Straightedge karena teman-temannya adalah SxE. Di Belanda, SxE bukanlah hal yang “keren” beberapa tahun ini, jadi itu terlihat jelas bahwa anak-anak yang yang punya keberanian saja untuk menjadi Straightedge sekarang ini.

Anak-anak yang menjadi SxE untuk tujuan cool akan menjadi pertama yang sell out (berkhianat). Dengan kata lain, tiap orang membutuhkan alasan untuk mencoba menjadi Straightedge dan beberapa berhasil, sedangkan beberapa lainnya mungkin tidak berhasil. Tdiak ada intinya dengan berbicara seperti “If you’re not now, you never were,” atau omong kosong lainnya. Straightedge seharusnya terbuka bagi siapa saja untuk memberi kesempatan mencoba. Dan orang-orang yang membenci Straightedge adalah benar-benar ediot karena mereka tidak tahu apa-apa tentangnya. Orang-orang ini pastilah merupakan segerombolan orang arogan yang berpikir bahwa kita akan peduli apakah mereka akan hidup atau mati. (Yang terakhir ini jawabannya manteb! Puaas! Tough! –red)


Apa hal terbaik dan terburuk dengan menjadi Straightedge?

Hal terbaik dengan menjadi Straightedge adalah bahwa kamu tidak perlu berpikir untuk minum alkohol. Saya melihat banyak sekali orang yang berhubungan dengan alkohol ketika pergi ke suatu tempat. Bahkan banyak orangn yang memutuskan tidak pergi ke show atau kemanapun karena mereka akan mengendarai, dan hal itu tidak akan berhasil apabila dibarengi dengan minum (alkohol). Alasan lain adalah ketika kamu datang dari show atau pergi ke tempat umum, dan kamu tidak dalam keadaan mabuk adalah hal yang mengasyikkan. Sisi negatif dari mengambil pendirian yang bersih untuk melawan sesuatu yang dianggap normal (oleh sebagian besar orang, seperti merokok/minum alkohol. –red) akan menimbulkan banyak ‘suara sumbang’ di belakang hanya karena kamu tidak minum. Mereka pikir kamu adalah pengecut dan sejenisnya. Dan masih banyak orang yang berasumsi bahwa kamu mengkonsumsi alkohol dengan kata-kata seperti, “Aku pikir kamu akan ke pub sekarang,” dan menganggap bahwa band-band tersebut minum banyak alkohol ketika sedang tampil, atau bahkan memberi sekrat bir sebagai bonus kerja. Dasar orang-orang dungu!


No drugs, no alcohol, and no smoke. Bagaimana dengan promiscuous sex (seks bebas dengan siapa saja)? Beberapa Straightedgers tidak melihat ini sebagai isu yang penting dalam filosofi SxE.

Situasi yang dialami Ian McKaye (vokalis MINOR THREAT, band yang mempopulerkan istilah Straightedge melalui lagunya yang juga berjudul ‘Straight Edge’ –red) ketika ia menulis lirik ‘Out of Step’ dan ‘Straight Edge’ adalah sesuatu yang tidak bisa dibandingkan dengan apa yang kita lihat sekarang. Ia berbicara tentang cewek-cewek SMA yang kehilangan keperawanan di pesta SMA dibawah pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang. Disini rata-rata umur seorang hardcore kid adalah 23. Jadi pada dasarnya kita berbicara tentang dua orang dewasa yang having sex dalam sebuah persetujuan dari kedua belah pihak tersebut dalam keadaan sadar. Secara personal saya coba untuk menjaga jarak dari situasi dimana saya harus memutuskan having sex untuk seks, atau meninggalkan semuanya di belakang dan menjadi frustrasi setelahnya, karena saya sadar bahwa saya juga tidak dapat mengontrol diri saya ketika dorongan datang. Saya rasa promiscuous sex bukan menjadi hal yang terlalu penting dalam menjalani Straightedge selama tidak ada alohol atau drugs didalamnya. Promiscuous sex tidak dapat didefinisikan secara mudah dalam sebuah pemikiran saja. Sebagai contoh adalah promiscuous sex dalam sebuah hubungan yang baru 3 minggu? Saya rasa tidak. Apakah itu bijak? Apakah itu kehidupan yang sadar? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada dirimu. Kita semua mempunyai insting dan kita harus menemukan jalan untuk mengatasinya. Sangatlah bodoh kalu kita menyangkal kita punya insting-insting tersebut. (Agree! -red)


Apakah pendapatmu tentang Edge-breakers (pengkhianat SxE/berhenti menjalani SxE) secara umum?

Saya tidak ambil pusing dengan orang-orang yang menjalani hidupnya. Itu adalah keputusan mereka. Banyak teman saya telah berhenti menjadi Straightedge dan beberapa mengembangkannya serta beberapa lainnya tidak. Itu membuat saya sedih melihat mereka terlibat dengan narkoba atau alkohol dan menghancurkan diri mereka sendiri. Tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan untuk ini. Dan cerita ini ada di dalam bonus track CD kami. Ini berhubungan dengan konotasi negatif orang terhadap SxE. Orang beranggapan bahwa Straightedge adalah sebuah tren bodoh dan tidak perlu diambil secara serius karena banyak orang yang telah berhenti (menjalani SxE). Tetapi itu jelas bukan inti menjadi Straightedge. Kami semua adalah Straightedge karena kami percaya bahwa ini cara terbaik bagi kami dalam menjalani hidup dan ini tidak ada hubungannya dengan apa yang orang lain pikir dan jalani. Saya tidak menjadi Vegan Straightedge untuk mencari respect dari vegan Straightedge lainnya atau apapun. Saya tidak peduli apa yang mereka pikirkan tentang saya. Bagi saya, ini adalah jalan terbaik dan juga menguntungkan bagi yang lain (paling tidak untuk binatang), karena itulah saya menghiraukan untuk menyebarkan pesan-pesan ini. Kalau orang-orang mengambilnya, itu bagus, kalau mereka tidak menggubrisnya,... kami harap mereka suka musiknya. Banyak orang yang saya kenal tidak berubah sama sekali setelah mereka tidak menjadi SxE (untuk pertemanan –red), jadi sangat menggelikan untuk mengucilkan mereka karena alasan itu. Seseorang bisa menjadi SxE selama 3 bulan, setahun, atau 10 tahun dan kemudian sell out. (Wah, jadi kaya kos-kosan ya! –red) Tiap orang punya alasan personal untuk itu, dan siapa saya berhak men-judge mereka ketika saya tidak kenal orang-orang ini dan apa saja yang telah dilaluinya? Itu adalah pandangan yang pendek untuk berbicara mengenai true till death dan menghakimi para SxE (atau bahkan Vegan) yang sell out atau berkhianat. (Berarti nggak ada kontrolnya, donk? –red)


Straightedge telah diklasifikasikan sebagai sebuah geng dan menerima banyak kesalahan presentasi di media, bagaimana pendapatmu tentang ini?

Orang yang menggunakan Straightedge sebagai sebuah geng adalah orang ediot. Straightedge adalah tentang bagaimana kamu membebaskan dirimu dari ketergantungan alkohol dan drugs (serta rokok tentunya -red), dan tentang menjalani kehidupan dengan sadar. Ini berarti berpikir tentang apa yang kau lakukan dan tentang kehidupan sosial yang menekanmu. Straightedge bukan untuk memaksakan pendapatmu kepada yang lain. Untuk beberapa alasan saya selalu mendapatkan impresi bahwa banyak hal ini terjadi di Amerika Serikat. Masyarakat mereka berdasar pada maskulinitas dan berusaha menjadi yang paling kuat, dan orang yang lebih muda cenderung mendapatkan tekanan. Anak-anak ini akan mencari cara agar bisa masuk, dan juga banyak yang berhubungan dengan perkelahian. Ini sangat mudah mengarah kepada mentalitas geng. Serta ada sesuatu yang baru di Amerika Serikat, yaitu sebuah scene baru dari band-band BBP (Bring back Prohibition). Band-band ini mendukung pembasmian total alkohol, dan memaksakan pandangannya kepada orang lain. Kami sama sekali tidak mendukung ini. Alsaan utama band-band ini adalah efek tidak langsung dari alkohol, seperti mengendarai (mobil/motor) sambil mabuk, menyebabkan kecelakaan bagi orang tak berdosa, tetapi kami benar-benar tidak peduli. Alasan ini sama sekali tidak menghargai kebebasan untuk memilih. (Respect for other’s choice adalah sangat penting. Tetapi kelihatannya si Roel ini terlalu apatis. Padahal yang namanya pengklaiman itu secara otomatis akan memunculkan suatu tanggung jawab sosial. Dan klaim dengan segala konsekuensinya adalah sebuah cara promosi yang cukup baik. Selama itu tanpa pemaksaan dan kekerasan, why not?! Kalau cuma buat kebanggaan diri sendiri doang, saya memilih untuk tidak mengklaim! –red)


Band kalian mempunyai kepercayaan yang kuat terhadap Vegan Straightedge, apakah kalian bersedia untuk tur bersama band-band yang non-vegan Straightedge?

Karena Veganisme dan Straightedge merupakan sesuatu yang penting bagi kami, kami ingin menjangkau audiens yang tidak familiar dengan konsep-konsep ini. Kalau kami tur dengan band Vegan Straightedge lainnya, kami pasti akan terlihat seperti berkotbah terhadap audiens yang sudah terkonversi, dan ini bukanlah alasan kami membentuk band ini. Meskipun kami bisa juga, karena itu keren, hahaha. Tetapi apabila kami tur dengan sebuah band seperti RINGWORM, ada kesempatan bagus bahwa audiens kemungkinan akan menyukai musik kami, tetapi tidak familiar dengan pesan-pesannya, dan kami tertarik dengan audiens seperti ini. Secara umum kami akan memilih untuk tur dengan band yang non-Vegan Straightedge, tetapi kami akan mengambil tiap kesempatan untuk tur dan menyebarkan musik kami.


Pendapatmu tentang fashioncore?

Sangat menyedihkan melihat sebuah bagian di scene dimana kamu lebih memperhatikan gaya pakaian dibandingkan musik yang kamu mainkan, dan penyebaran pesan. Saya tidak dapat mengerti mengapa laki-laki mau memakai jeans cewek, kaos yang sangat ketat, dan sabuk kancing. Bagi saya itu terlihat sangat menelan mentah-mentah. Apabila seseorang memulai gaya baru untuk alasan apapun (walaupun terlihat gila), akan selalu terlihat orang-orang dungu yang merasakan kebutuhan itu juga untuk berdandan seperti itu. Tidak ada kewajiban bahwa tiap orang di show hardcore harus berdandan camo-shorts dan kaos (bertuliskan) band, tetapi untuk menunjukkan sikap rebel dengan berdandan seperti cewek adalah sangat menggelikan. Itu adalah hal yang aneh untuk terlihat berbeda atau apapun, seperti seorang metal head yang saya lihat minggu lalu yang berjalan-jalan dengan mantel hitamnya di tengah-tengah panasnya terik matahari hingga 30 derajat. Orang-orang tidak tidak menyadari bahwa mereka bisa menjadi seperti BLEEDING THROUGH dan 18 VISONS tanpa harus terlihat (berpenampilan) seperti mereka. And come on, tidak seorang pun yang menyangkal mereka terlihat seperti gay. (Yak, setujuuu! –red)


EARTH CRISIS atau INTEGRITY?

Ini adalah pertanyaan yang paling berat. Ini akan menyebabkan perkelahian di dalam band. Secara personal saya 100% terinspirasi oleh EARTH CRISIS dan PATH OF RESISTANCE. Kedua band itu membuat saya berpikir tentang hidup dan menginspirasi saya menjadi Straightedge, dan Vegetarian, serta pada akhirnya menjadi Vegan. Kalau saya disuruh memilih diantara kedua band tersebut, saya akan memilih EARTH CRISIS. Di sisi lain, vokalis kami akan memilih INTEGRITY tanpa perlu berpikir dua kali; dia punya tato logo INTEGRITY di dadanya. INTEGRITY adalah influens musik bagi kami, karena atmosfer musik mereka sangat terdengar evil. Mereka sangat keren, membuat saya sangat tertarik. Musik mereka sangat terdengar seakan-akan dunia telah berakhir.


Sebutkan 5 album yang sangat menginspirasikanmu dalam mebuat musik!

METALLICA “Kill Em All”, “Ride The Lightning”, Master of Puppets”, “...And Justice For All”

INTEGRITY “Seasons in the Size of Days”

EARTH CRISIS “Gomorrahs Season Ends”

TRIAL “Are These Our Lives”

SLAPSHOT “Step on It”, “Back on the Map”, “16 Valve Hate”, “Old Time Hardcore”

Secara tipikal, kalau kamu mengkombinasikan band-band tersebut diatas, kamu akan mendapatkan EYE OF JUDGMENET.


Apakah ada band di negaramu yang bisa direkomendasikan?

Sekarang band terbagus dari Holland adalah band-band oldschool. Favorit saya adalah RESTLESS YOUTH yang memiliki karakter seperti BAD BRAINS, serta NOTHING DONE yang lebih terdengar seperti NEGATIVE APPROACH. Dulu ada beberapa band SxE yang keren disini: MANLIFTINGBANNER, MAINSTRIKE, REACHING FORWARD, A STEP APART, tetapi the Edge terlihat tumpul disini. Sekarang kami hanya punya ABUSIVE ACTION, BIRDS OF A FEATHER (eks personel MAINSTRIKE), dan kami (xEOJx). Dari Belgia saya merekomendasikan RISA AND FALL, salah satu band HC terbaik yang saya tahu, serta DEADSTOP, tetapi mereka sudah bubar.


Rencana ke depan, dan kata-kata terakhir..

Sekarang kami merencanakan tur ke Amerika dengan 7 GENERATION dan beberapa tur kecil Eropa musim gugur ini, serta kami memulai membuat lagu baru untuk album yang akan datang, yang akan direkam pada musim dingin ini. Kami juga akan ikut dalam sebuah CD kompilasi: “A Tribute to Integrity” (kami memainkan Armenian Persecution), sebuah sampler xCatalystx dan sebuah hardcore cookbook.


Terima kasih atas jawaban interviewnya. Ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah kami lakukan.

Terakhir, kami ingin meminta maaf atas kejahatan yang dilakukan oleh leluhur kami selama era kolonial dan perang kemerdekaan (1945-1950). Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Belanda (dan kekuatan kolonial lainnya) di masa lalu tidak dapat dibenarkan. Nyatanya negara Barat semakin kaya dan negara dunia ketiga tetap saja miskin, ini disebabkan karena pendudukan kolonial dan ekploitasi yang dilakukan oleh perusahaan multinasional setelahnya. Go Vegan.



Interview oleh xEndix.


(Dimuat di Betterday #12)


betterday zine | des 2009 | betterdayzine.blogspot.com


 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template