Senin, 21 Desember 2009

ABHORRENCE 'South East Asia Tour 2009' Stage Report


ABHORRENCE - SOUTH EAST ASIA TOUR 2009 Jumat, 23 Oktober 2009 @ Montana Cafe, Jogja The bands: ABHORRENCE (Slovakia), UNDER 18 (Bandung), COMES DOWN (Bandung), SERIGALA MALAM, SOMETHING WRONG

Setelah sempat sport jantung karena belum mendapatkan ijin penggunaan venue dan sempat beberapa kali berpindah-pindah, akhirnya semalam sebelum gig berlangsung bisa juga dapet venue baru di Montana, sebuah tempat minum-minum di daerah Seturan.

Gig ini digelar oleh Slackers Distro yang di bantu oleh Kongsi jahat Syndicate, ini merupakan sebuah rangkaian tour ABHORRENCE South East Asia. Sebuah band hardcore Slovakia (bukan Czech seperti yang di beritakan sebelumnya). Menyertai mereka adalah UNDER 18, band hardcore skinhead dari bandung, setelah sebelumnya bermain di Singapura dan Malaysia.

Acara molor seperti biasanya, dibuka oleh band baru dari Bandung, COMES DOWN yang dengan semangat membuka malam itu dengan memuntahkan beberapa nomer modern hardcore ala CHAMPION dan sebangsanya. Entah mereka mengkover lagu siapa atau malah lagu sendiri, sedikit kurang familiar di tengah crowd malam itu yang masih adem-ayem saja walaupun venue mulai dipenuhi oleh para hardcore kids yang datang dengan ekspektasi besar untuk menikmati penampilan 5 band hardcore yang di-set untuk gig kali ini.

Mendadak pit area mulai dipenuhi oleh segerombolan toughguy hardcore yang antusias menunggu set dari band YKHC yang lagi hot-hot-nya setelah merilis EP, SERIGALA MALAM. Tepat pukul 20.15 intro mulai di kumandangkan oleh SERIGALA MALAM dan menjadi liarlah moshpit malam itu dengan di temani gempuran sound beatdown NYHC style. Sing along, stage dive, moon walk, two steps, wind mills, kungfu kick,.. you name it! Apalagi pas mereka mengkover beberapa lagu yang familiar di scene seperti “My Familly” serta tak lupa juga “Busted”-nya SOIA. Definatelly awesome!

Seharusnya SOMETHING WRONG maen setelah SERIGALA MALAM akan tetapi karena beberapa personelnya masih belum datang akhirnya di gantikan oleh UNDER 18. Aku gak tau mesti bilang mereka band yang konsisten or just another WARZONE's wannabe karena sejak awal mereka berdiri lebih 10 tahun yang lalu, mereka masih saja nggak mau beranjak dari gaya WARZONE-esque. But if they're warzone wannabe, then they’re definatelly the good one, i'll let you decide about that. Beberapa nomor klasik WARZONE nggak luput digeber secara maksimal, mulai nomer cepat semacam “Stand As One” sampe yang slow-sing-alongable “The Sound Of Revolution”.

Sing along pun tak terelakkan, terlihat nggak cuma para hardcore kids yang berada di pit area, banyak skinhead juga yang ikut meramaikan lantai dansa. SOMETHING WRONG akhirnya naik ke stage stelahnya, tepat pukul 21.10 dengan di buka oleh lagu lama mereka, “Get Off My Back”. Band hardcore tertua di Jogja ini rupanya masih menyimpan kharisma yang luar biasa. Moshpit tetap ganas dan liar walaupun energi telah terbuang untuk mengapresiasi 3 band sebelumnya. Hardcore kids, skindhead, punk rockers, bahkan para emo kids terlihat antusias memenuhi pit area, nggak ada batasan, bersama sama enjoying the show. Sesuai dengan lagu SOMETHING WRONG yang dibawakan malam itu, “Erase All Labels”.

Akhirnya kelar juga mereka membakar venue malam itu dengan beberapa anthem klasik mereka, giliran sang empu acara yang menutup gig kali ini, no other than ABHORRENCE from Slovakia. Namun sayang sekali, mungkin karena kecapekan setelah sebelumnya jalan jalan di pantai atau susah nge-tune alat karena tuner mereka hilang di gig sebelumnya, setting alat mereka sangat lama, hampir 25 menit lebih, hal ini membuat crowd yang sebelumnya sudah panas dengan penampilan 4 band sebelumnya malah jadi mendingin lagi. Terlalu lama men-set serta hasilnya pun kurang begitu maksimal, sound out-nya kurang keluar. Untunglah begitu lagu pertama digeber moshpit kembali di penuhi crowd yang penasaran dengan band Slovakia pertama yang tour ke Indonesia ini. Mungkin karena belum familliar dengan lagu mereka atau terlanjur dingin karena menungu setting mereka yang lama, crowd seakan cuma berdiri dan mengangguk-anggukkan kepala saja mengikuti beat-beat band ini, walaupun sesekali ada saja yang nyuri-nyuri untuk melakukan crowd surf. Growl sang vokalis keren sekali, mirip sama karakter vokalis HEART BREAK KIDS (Jerman) deep growl. Music wise, band ini menggabungkan beat down khas band-band toughguy hardcore dengan beberapa melodi gitar metal yang nyempil di sana-sini. Nggak beda jauh dengan apa yang ditawarkan oleh band-band hardcore saat ini, ambil contoh seperti CARPHATIAN atau malah HATEBREED sekalian.

Setelah 5 lagu yang di geber mereka tanpa ampun, kelar juga gig kali ini. Terus-terang kaget juga dengan acara kali ini yang walaupun tanpa pamflet, week days show, dengan venue yang sempat berpindah-pindah tetapi crowd yang datang malam itu sangat banyak, nggak cuma dari scene hardcore aja seperti yang biasanya terjadidi gig YKHC. It’s a great thing to see many people from different scene got together in the gig and have some fun walaupun sempat ada beberapa masalah pribadi yang dibawa ke gig ini dan lumayan mengganggu jalannya gig, but the show must go on. (Indra, to_dieyk@yahoo.com)

Dimuat di Betterday #21.

 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template