Rabu, 04 November 2009

Perubahan Perspektif dan Sikap Progresif


Setiap orang mempunyai perspektif dalam melihat sebuah realita. Perspektif dalam diri seseorang dipupuk melalui tahap referensi pengetahuan yang bisa didapat dari mana saja. Dan perspektif itulah yang mempengaruhi tingkah-laku seseorang dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Seiring perjalanan waktu, seseorang akan semakin banyak mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang beragam, yang kemudian juga akan memperkaya pengetahuannya. Semakin banyak pengetahuan dalam diri seseorang, akan semakin luas pula orang tersebut dalam melihat sebuah realita sosial.

Tahapan-tahapan yang dilalui oleh manusia bisa melalui banyak cara. Melalui sumber media (buku, tv, majalah, dll) ataupun beberapa momen yang membantu proses penyadaran orang tersebut untuk bereaksi dan mengambil sikap baru.

Seseorang yang tidak memahami perspektif Vegetarianisme/Veganisme seringkali berpikiran skeptis, negatif, atau justru memperolok prinsip dan para penganut Vegetarian/Vegan. Ini bisa disebabkan banyak faktor. Bisa jadi orang tersebut tidak mempunyai teman yang menganut Vegetarian/Vegan. Atau orang itu tidak atau belum melihat beberapa kenyataan yang bisa dipetik dari gaya hidup Vegetarian/vegan.

Dari sinilah perlunya pengayaan pengetahuan diri untuk melihat sebuah realita di sekitar kita. Banyak bukti nyata bahwa gaya hidup Vegetarian/Vegan membawa kebaikan. Bahkan bisa dibilang hampir semua dokter akan bilang bahwa daging itu jahat. Dari sudut pandang yang lebih spesifik, gaya hiudp Vegetarian/Vegan berkontribusi besar (atau bahkan besar sekali) terhadap usaha dunia meminimalisir global warming (dengan vervegetarian/bervegan kita akan mengurangi proses pembuangan limbah di peternakan yang merupakan ‘sumbangan’ terbesar penghasil emisi gas karbondioksida yang merupakan penyebab utama global warming). Dan secara naluriah, mungkin manusia akan benar-benar tergugah apabila melihat kenyataan (atau tepatnya kesadisan) yang terjadi sebelum daging dihidangkan menjadi sebuah menu makanan.

Semua pengetahuan tentang Vegetarian/Vegan tersebut adalah rasional. Dan rasional berarti kenyataan. Dan pengetahuan itulah yang akan menggugah kesadaran manusia dalam memahami gaya hidup Vegetarian/Vegan yang pada gilirannya akan merubah perspektifnya dan mengambil sikap tegas untuk memperlakukan dirinya sendiri dengan baik dan tentunya memperlakukan bumi dan hewan dengan baik pula. Jadi perubahan perspektif dan sikap untuk sebuah progresifitas adalah baik, kan? (El Vegano, dimuat juga di Betterday #21)



betterday zine | september 2009 | betterdayzine.blogspot.com



 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template