Kamis, 05 November 2009

Daging Limbah, Sampah yang Dikonsumsi Manusia


Beberapa waktu lalu kita sempat dikejutkan oleh sebuah fenomena ‘daging limbah’, yakni daging (ayam, ikan, sapi) yang merupakan limbah atau secara kasarnya ‘sampah’ dari restoran-restoran atau hotel-hotel yang dipungut oleh beberapa orang untuk kemudian diolah menjadi ‘daging baru’ yang siap jual.

Ini sangat menohok para pemakan daging di Indonesia. Dan terbukti hasil olahannya (daging matang) tidak ada bedanya dengan daging biasa yang beli di pasar. Kemudian apa yang berbahaya dari daging limbah? Jelas penyakit yang dibawanya, karena daging limbah membawa bakteri dalam jumlah yang lebih banyak daripada daging biasa. Analoginya begini: daging biasa saja menimbulkan penyakit, apalagi daging limbah alias daging sampah!

Cara pembuatannya tidak rumit, limbah daging dibersihkan, dicuci dengan cairan formalin, diberi pewarna tekstil, dan digoreng (menggunakan minyak goreng bekas) lagi sebelum dijual dalam berbagai bentuk seperti sup, daging empal, dan bakso sapi. Dan parahnya, praktik itu sudah berlangsung beberapa tahun!

Darmo, pedagang limbah daging bekas hotel dan restoran mengaku sudah menjual daging limbah selama lebih dari 5 tahun. Ketika ditangkap, polisi menemukan di belakang rumahnya terdapat limbah daging ayam dalam jumlah yang amat banyak, penuh lalat dan sangat kotor. Ia menolak mengungkapkan jaringan pemasok daging sampah tersebut yang dijualnya ke pasar dan warung-warung.

Di dalam daging sampah tersebut mengandung bakteri yang menyebabkan diare, muntah-muntah, dan akibat jangka panjangnya adalah kanker. Selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan hati dan sel-sel di dalam tubuh.

Dari sedikit paparan di atas seharusnya manusia lebih waspada dengan segala kemungkinan terburuk dari mengkonsumsi daging. Beberapa penyakit yang ditimbulkan daging biasa dalam jangka panjang saja bisa dikatakan penyakit kronis (penyakit jantung, stroke, kanker, pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dsb), apalagi penyakit yang dibawa oleh daging sampah. Solusi yang paling aman dan menyehatkan adalah dengan menjadi Vegetarian atau Vegan. Hidup memang sebuah pilihan, tapi manusia pasti dengan cerdik akan memilih yang terbaik buat dirinya berdasarkan referensi hidup, dan pemikiran rasional yang dimilikinya. (El Vegano, dimuat Betterday #19)



Sumber: Kompas.com dan beberapa berita tv




betterday zine | september 2009 | betterdayzine.blogspot.com
el-vegano.blogspot.com
 

DOMESTIC WAR

Live at The Oh Five

'FREE ME' Video

GO VEG!

xREPRESENTx

'The Downfall'. Sellout failed!

xLIFETIMEx

YKHC! Checkout: here!

EARTH CRISIS

Drug-dealers must fall!!

LIOSALFAR

Metalhardcore! Checkout: here!

Followers

Betterday zine Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template